Better You

Ternyata Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Marah

  by: Sky Drupadi       16/10/2017
  • Amarah. It's possible untuk satu emosi ini memberikan berbagai dampak pada tubuh Anda. Memang apa sih yang terjadi ketika Anda sedang marah?

     

    What happens to your head



    Ketika marah, darah mengalir ke korteks frontal pada otak sehingga mengaburkan pikiran rasional (makanya Anda tidak disarankan membuat keputusan saat sedang marah). Sebuah penelitian dari Harvard School of Public Health juga menemukan koneksi antara marah dengan stroke yang diakibatkan oleh pembuluh darah pecah. Scary!

     

    What happens to your heart

    Untuk mengantisipasi perkelahian fisik, jantung Anda memompa darah ke otot agar memberikan energi dan kekuatan. Tekanan darah dan denyut jantung Anda juga akan naik dengan signifikan. Jika tidak dikontrol, Anda akan lebih mudah terkena risiko serangan jantung, lho.

     



    What happens to your lungs

    Walaupun bukan perokok, paru-paru akan tetap terancam jika Anda sering merasa marah. Penelitian dari Harvard University menunjukkan bahwa fungsi paru-paru menurun saat sedang marah karena ada pembengkakan pada saluran pernapasan. Hal yang sama juga dapat terjadi jika Anda menyimpan rasa dengki. Love more, hate less!

     

    What happens to your back

    Saat Anda berusaha meredam amarah, otot pada tulang belakang Anda akan tegang. Yes, hal ini akan berkontribusi pada back pain. Selain itu, Anda pun bisa merasa keram pada bagian leher dan sendi. So let it out, dear. Secara perlahan dan tenang. (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. Dean Brobot / shutterstock / clickphotos)