Lifestyle

11 Fakta yang Perlu Diketahui Para Pecinta Vodka

  by: Sky Drupadi       14/10/2017
  • “Pesan satu screwdriver, ya!” Terdengar familier, ladies? Jika Anda mengaku pecinta Vodka, Anda harus tahu 11 fakta ini sebelum girl's night out berikutnya.

     

    Sebelumnya Bernama Gorzalka.



    Di tahun 1400-an, vodka disebut gorzalka, merujuk pada kata Polandia 'gorzec'  yang bermakna 'membakar'. Vodka sendiri berasal dari bahasa Slavia 'voda' yang berarti 'air'. Umm, lebih akurat gorzalka ya sebenarnya?

     

    Satu Shot Mengandung Kurang Dari 100 Kalori

    Vodka murni adalah salah satu alkohol terbaik yang bisa Anda minum saat berpesta. Satu jigger (44ml) mengandung sekitar 97 kalori, tanpa gula dan karbohidrat. Yum!

     

    Kemungkinan Hangover Rendah

    Berbagai brand vodka sering menekankan bahwa minuman mereka telah disaring berulang kali. Tiap proses penyaringan bekerja sebagai filter, menciptakan produk akhir yang lebih murni. Salah satu bahan yang “terbuang” adalah congeners, yang sulit dicerna oleh lever Anda sehingga menyebabkan hangover.

     

    Produsen Terbesar Berada di Jalur Vodka

    Jalur Vodka, atau yang lebih dikenal dengan The Vodka Belt, terletak di rentang negara-negara Nordik, Baltik, dan Slavia. Bila digabung, seluruhnya memproduksi lebih dari 70% vodka di Uni Eropa. Saatnya berlibur ke Finlandia!

     

    Smirnoff Merupakan Brand Favorit di Seluruh Dunia

    Walau sekarang Smirnoff diproduksi oleh Inggris, produk ini didirikan pada tahun 1864 di Rusia. Di tahun 2016, brand ternama ini telah menjual sebanyak 25,5 juta botol vodka. Sebagai perbandingan, kompetitor terdekatnya, Absolut, menjual 11 juta botol. Artinya, Smirnoff menjual dua kali lipat lebih banyak! 

     

    Tidak Harus Terbuat Dari Kentang

    Sebagian besar vodka justru terbuat dari gandum dan biji-bijian, bukan kentang. Anda hanya membutuhkan sebuah sumber gula. Beberapa brand modern telah menerapkannya, seperti Vermont Spirits' White Vodka yang terbuat dari air dadih susu sapi. Ciroc terbuat dari anggur, sedangkan Indigenous Apple Vodka terbuat dari buah-buahan lokal.

     



    Biasa Disajikan Dalam Gelas Tembaga

    Classic Moscow Mules —minuman tradisional yang diracik dari vodka, bir jahe, dan jeruk nipis — biasa disajikan dalam gelas tembaga. Banyak bartender mengaku bahwa ini merupakan cara terbaik untuk meminumnya. Beberapa percaya bahwa logam yang terkandung dalam gelas tersebut menjaga suhu minuman, sedangkan lainnya meyakini bahwa rasa vodka menjadi lebih nikmat.

     

    Terdapat Berbagai Macam Rasa

    Mungkin Anda sudah tahu rasa buah-buahan seperti apel, stroberi, dan lemon. Namun ada beberapa rasa “unik” lain yang hanya berani dicoba oleh orang-orang yang sudah mabuk. Contohnya rasa selai kacang, blueberry pancake, salted caramel, sampai acar. Mau coba?

     

    Vodka Paling Mahal di Dunia

    Bernama Billionaire Vodka, Anda harus meraup uang sebanyak USD3,7 juta untuk membelinya. Sejujurnya, yang membuat mahal adalah botolnya. Benar saja, eksteriornya dihiasi dengan 3000 berlian, label emas, dan kristal dari Swarovski. Wow...

     

    Anda Dapat Membeli Vodka Dalam Boks

    Kata siapa hanya wine yang harus dijual dalam kotak? Berkat Griffon Vault, kini Anda bisa membeli sebotol vodka dalam boks. Tapi untuk sekarang, mereka hanya menjual di Amerika Serikat. Semoga produk ini segera masuk Indonesia, ya. Vodka in a box? Yes, please!

     

    Bukan Untuk Diminum Saja

    Pecinta vodka sejati pasti tahu bahwa minuman ini tidak harus lumat dalam mulut saja. Malahan, alkohol kenamaan ini memiliki sejarah panjang dalam dunia medis. Sampai sekarang, vodka masih digunakan untuk mengobati posion ivy, mengeringkan luka ringan, dan mensterilkan jarum. Beberapa tetes juga dapat memelihara bunga dan menyegarkan cucian Anda. Cheers!

     

     

    (Artikel disadur dari: cosmopolitan.com. Alih bahasa: Sky Drupadi. Perubahan telah dilakukan oleh editor. Image: jag_cz / shutterstock / clickphotos)