Beauty

5 Tanda Kapan Saatnya Ganti Kuas Makeup

  by: Silvya Winny       15/10/2017
  • Kuas makeup tak seperti mascara atau foundation, yang memiliki tanggal kadaluarsa spesifik di kemasannya. Kalau Anda merawatnya lebih ekstra, kuas makeup bisa bertahan hingga tahunan. Namun sebaik dan (semahal) apapun kuas Anda, performanya lama kelamaan akan menurun hingga tiba saatnya untuk ganti dengan yang baru. Nah, kapankah waktunya itu? Baca terus artikel ini.

     

    #1 Banyak yang rontok
    Jika bulu yang tercabut hanya satu atau dua, itu normal. Ketika bulu kuas mulai berjatuhan saat pengaplikasian makeup, saatnya untuk “add to cart” waktu Anda shopping online.



     

    #2 Tidak mencampur make up Anda dengan baik
    Saat bulu kuas membuat aplikasi foundation terlihat membentuk guratan (bergaris), atau blush on dan eyeshadow tidak tercampur merata, baru Anda punya excuse menggantinya.

     

    #3 Tidak seperti bentuk aslinya lagi
    Kuas makeup cenderung kehilangan bentuknya, terutama jika intensitas pemakaiannya terlalu sering. Dan biasanya begitu dicuci, bentuknya pun akan kembali seperti waktu awal beli. Ketika ia sangat mengembang dan kacau, maka saatnya untuk membeli yang baru.



     

    #4 Noda makeup yang menempel sulit hilang
    Memakai kuas dalam hitungan bulan dan tahun akan menodai bulu mereka, tapi bisa mudah hilang bila dicuci dengan pembersih lembut. Ketika sudah dicuci pun nodanya masih menempel, ohh well, ia sudah tak layak lagi digunakan karena kuas dengan residu itu bisa jadi penyebab jerawat.

     

    #5 Gagangnya rusak
    Jika kuas Anda menunjukkan tanda-tanda rusak yang tidak dapat diperbaiki lagi, seperti contoh: terlepas dari gagangnya atau bristle-nya terjatuh) segera buang karena retakan itu malah menyimpan bakteri di makeup shelves yang bisa menyebar ke tangan dan wajah Anda. (Silvya Winny / Image: NIKITA TV / Shutterstock / Clickphotos)