Lifestyle

8 Makanan Mengejutkan yang Bikin Bau Badan

  by: Kezia Calesta       15/10/2017
  • Anda pasti tahu makanan apa saja yang mengakibatkan bau mulut - namun ternyata, ada beberapa macam makanan dan minuman yang juga bisa memberikan dampak terhadap bau badan, lho.

     

    1. Alkohol



    Anda pernah mengalami hangover dan mencium bau alkohol dari tubuh Anda? Ya, itu karena tubuh Anda mengirim alkohol ke aliran darah yang kemudian dikeluarkan lewat pori-pori dan keringat. That's why you stink the next morning! Minum air yang (ekstra) banyak untuk mengurangi konsentrasi alkohol dalam tubuh Anda.

     

    2. Asparagus

    Sayuran asparagus yang sudah dimasak memang tidak mengeluarkan bau apapun, namun beda ceritanya saat Anda harus membuang air kecil! Asparagus mengeluarkan zat mercaptan dalam sistem pencernaan Anda yang nantinya akan membuat urin bau.

     

    3. Bit

    Buah bit memang kaya nutrisi, namun kandungan methyl-nya yang tinggi mengeluarkan zat ke kulit yang berbau amis. Hindari buah bit dan makanan lainnya dengan kandungan methyl bila Anda sedang berkencan!

     

    4. Brokoli & Kol

    Kedua sayuran ini memberikan banyak nutrisi dan antioksidan untuk mencegah kanker, namun kandungan sulfur yang tinggi akan membuat Anda buang angin dengan bau tidak sedap. So, akan lebih baik jika Anda menikmati sayur-sayuran tersebut di rumah saja!

     



    5. Permen Karet

    Bila Anda pikir permen karet bisa mengatasi bau mulut, maybe. Namun ternyata, mengunyah permen karet meningkatkan kadar udara yang Anda telan, maka gas di dalam perut Anda pun akan semakin banyak. Dengan itu, gas yang keluar dari tubuh Anda pun akan semakin banyak. Oops!

     

    6. Kari

    Menyantap hidangan khas India seperti tikka masala memang lezat, but is it worth it? Aroma rempah-rempah seperti jintan dapat melekat di pori-pori tubuh Anda selama beberapa hari, lho. Apakah Anda siap menerima konsekuensinya? 

     

    7. Kacang Kedelai

    Dalam beberapa kasus, susu kacang kedelai dapat mengganggu cairan usus dan memberikan gas berlebihan. Untuk menghindari bau badan, Anda bisa menyantap kacang-kacangan lain atau buah kelapa agar aroma tubuh tetap segar!

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. blu-ray.com)