Beauty

Cara Mengatasi Jerawat dengan Essential Oil Alami

  by: Arinda Christy       17/10/2017
  • Pekerjaan yang menumpuk memang bisa bikin Anda stres. Belum lagi jika ada masalah lainnya yang ikut-ikutan mengganggu keseharian Anda, pasti tingkat stres juga jadi menginggi dan bisa memberi efek yang buruk bagi kesehatan dan juga kulit Anda. Jika masih belum paham apa efek buruknya, coba deh lihat penjelasan Cosmo di sini.

     



    Salah satu contoh diffuser untuk ruangan Anda.

            

    Nah, selain kebiasaan buruk Anda yang tidak disadari, ternyata jerawat juga bisa timbul karena stres. Jadi, walaupun Anda sudah mengaplikasikan produk kecantikan untuk mengatasi jerawat, namun apabila level stres tidak berhasil diminimalisir, maka usaha tersebut tidak akan maksimal. Tetapi, selain tingkat stres yang tinggi, beberapa bahan kosmetik tertentu juga bisa menyebabkan jerawat timbul pada wajah, lho. Oleh karena itu Cosmo biasanya mengimbangi aktivitas sehari-hari dengan olahraga, asupan nutrisi yang baik, serta menyelipkan ragam perawatan alami untuk mengatasi problema ini. Agar relaksasi jadi lebih maksimal, coba saja manjakan diri dengan meneteskan essential oil yang punya kemampuan aromaterapi ke dalam sebuah mesin khusus, seperti diffuser. Selain itu, aplikasi essential oil pada area berjerawat juga bisa dilakukan untuk meminimalisir inflamasi hingga menjadikannya lebih cepat kering, lho.

     

    [BACA JUGA Essential Oil untuk Kembalikan Semangat dan Relaksasi]

     

    Jika Anda merupakan salah satu penggemar berat essential oil milik Young Living, maka kini mereka baru saja mengeluarkan produk terbarunya, yaitu Release dan juga Melaleuca Alternifolia atau yang biasa dikenal dengan sebutan Tea Tree. Pasti penasaran kan ingin tahu manfaat kedua essential oil ini dalam mengatasi jerawat?

     

    Release Essential Oil



    Kombinasi ylang ylang flower oil, olive, lavandin, geranium, spearmint, jasmine oil, rose oil, hingga Blue tansy flower oil di dalamnya ini bisa membantu melepaskan semua ketegangan, rasa frustasi, sekaligus akan memberikan keseimbangan dalam diri saat Anda mencium aromanya. Essential oil yang memang dipercaya punya kemampuan terapis ini tentunya bisa membantu meredakan tingkat stres, yang akhirnya bisa meminimalisir tampilan jerawat pada wajah. Selain meneteskannya ke dalam diffuser, Anda juga bisa mengoleskannya ke bagian belakang telinga, dada, ataupun bagian mahkota kepala. Tapi, jika Anda memiliki tipe kulit yang sensitif, jangan lupa untuk mencampurnya terlebih dahulu dengan carrier oil, seperti virgin coconut oil. Hindari juga kontak langsung dengan sinar matahari hingga 12 jam setelah mengaplikasikan essential oil ini pada kulit, ya!

     

     

    [BACA JUGA Atasi Rambut Rontok dengan Essential Oil]

     

     

    Melaleuca Alternifolia Essential Oil

    Essential oil yang lebih dikenal dengan sebutan Tea Tree Oil ini memang memiliki banyak khasiat. Selain dipercaya ampuh untuk meredakan tampilan jerawat, essential oil ini juga tidak hanya bisa digunakan sebagai skincare, tapi juga bisa bantu menyegarkan udara, hingga membuatnya menjadi cairan pembersih perabotan rumah Anda. Selain mengoleskannya pada area yang berjerawat, Cosmo biasanya mencampurkan beberapa tetes essential oil ini ke dalam botol spray berisi air untuk disemprotkan pada bantal. Selain menjadikan bantal memiliki aroma lebih segar, teknik ini juga bisa bantu membunuh bakteri penyebab jerawat yang menempel pada bantal Anda. Lalu, jika Anda masih ragu-ragu untuk mengoleskannya langsung pada kulit, campurkan 2-4 tetes pada krim andalan, dan hindari area mata serta bibir.


    (Arinda Christi/Image: Dok. Cosmo, Freepik, Dok. Young Living)