Love & Sex

BACA! 5 Hal Tentang Ereksi Pria di Pagi Hari

  by: Sky Drupadi       18/10/2017
  • Nocturnal penile tumescence (NPT), atau sebut saja morning wood, merupakan hal yang wajar saja di kalangan pria. Pasti Anda pun menyadarinya ketika bangun di pagi hari bersama sang pasangan. Mr. Happy terlihat dalam keadaan “tegang” dan Anda bertanya-tanya, apa sih yang membuatnya terangsang? Apa ia baru saja memimpikan wanita seksi? Well, belum tentu juga.

     



    Joseph Alukal, M.D, asisten dosen dari Urology and Obstetrics and Gynecology di NYU Langone Medical Center menjelaskan, “penis merupakan organ yang sangat unik, seperti caranya bekerja dan memerangkap darah.” Anehnya, sejauh ini para peneliti hanya dapat menjelaskan mengenai hal yang tidak menyebabkan morning wood, sedangkan penyebabnya sendiri masih sebuah misteri. Berikut adalah beberapa pendapat dokter mengenai fenomena ini.

     

    1. Alat kelamin si dia “memberontak” karena otaknya sedang tidak fokus. Menurut sebuah penelitian oleh Society for Endocrinology, morning wood terjadi karena otak tidak bekerja saat si dia sedang tertidur pulas. Biasanya, otak pria dapat mengatur agar ereksi hanya terjadi pada waktu yang tepat saja. Saat sedang tidur, penis dapat melakukan sesuka hatinya, dan yang ia inginkan adalah berereksi.

    2. Hormonnya melonjak. “Tingkat hormon testosteron pria di pagi hari merupakan yang tertinggi,” ujar Dr. Joseph. Ia pun menekankan bahwa jumlah ereksi pagi akan berkurang ketika seorang pria memasuki umur 40an dan 50an, karena hormon testosteronnya telah menurun.



    3. Itulah cara penisnya “berolahraga.” NPT diperkirakan merupakan salah satu cara untuk tubuh “mengingatkan” cara bekerja Mr. Happy. Coba bayangkan, hanya penis yang dapat “menjebak” darah untuk waktu yang lama tanpa masalah. “NPT bisa saja merupakan sebuah program untuk penis,” jelas Dr. Joseph. Anggap saja seperti angkat beban. Tanpa morning wood, belum tentu si dia dapat mempertahankan ereksinya selama setengah jam atau satu jam tanpa merasa sakit. Namun Dr. Joseph mengingatkan kembali bahwa ini hanya sekadar teori yang belum memiliki bukti.

    4. Mr. Happy tidak sengaja tersentuh dan membuatnya bergairah. Walaupun ia bangun dengan sebuah ereksi, bukan berarti ia baru saja memimpikan Jennifer Lawrence. Otaknya masih dapat menerima stimulasi fisik saat sedang tidur, dan spooning dengan Anda dapat membuatnya horny. Jadi sebelum Anda menuduh sembarang, pertimbangkan bahwa ia justru bergairah karena tubuh Anda yang hot.

    5. Bukan untuk melindunginya dari mengompol. Poin yang terakhir ini patut disebut karena masih banyak pria yang percaya bahwa ereksi paginya terjadi untuk menghindari gejala ngompol. Tidak jarang, pria bangun di pagi hari dengan ereksi dan rasa tinggi untuk pipis. Maka dari itu, banyak pria berasumsi mengenai morning wood. Sebenarnya, ada bukti kecil yang dapat mengaitkan saraf tukang belakang dengan saluran kandung kemih. Namun, tubuh manusia memiliki berbagai sistem lainnya yang berfungsi untuk menghindari mengompol, contohnya ginjal. So, teori ini sepertinya belum bisa dikonfirmasi saat ini.

     

    (Artikel disadur dari: cosmopolitan.com. Alih bahasa: Sky Drupadi. Perubahan telah dilakukan oleh editor. Image: ArtOfPhotos / shutterstock / clickphotos)