Lifestyle

Serunya Kolaborasi Seni di UK/ID Festival 2017

  by: Hana A. Devarianti       24/10/2017
  • Festival kolaborasi seni Indonesia dan Inggris, UK/ID Festival 2017 hadir kembali untuk kedua kalinya! Tahun ini, acara yang diadakan oleh British Council ini mengambil tema Come Together. Memahami perbedaan, merayakan keberagaman manusia dan budaya Inggris-Indonesia, serta menampilkan potensi kreatif dari kaum difabel menjadi semangat dari acara seni yang diadakan pada 17-22 Oktober di The Establishment, SCBD, Jakarta ini. 

     



    Serunya kolaborasi seni di UK/ID Festival 2017 ini terlihat dari berbagai program seni yang ditawarkan. Sebanyak 32 seniman Indonesia dan 22 seniman Inggris turut serta dalam berbagai acara menarik seperti konser musik, pemutaran film, pementasan karya seni, pameran visual instalasi seni, serta lokakarya dan diskusi panel.

     

     

    UK/ID Festival 2017 dibuka dengan pemutaran perdana film English is Mine yang mengangkat kisah awal karir dari sosok penyanyi ternama Inggris, Morrissey. Ada pula pemutaran The Lodger karya sutradara legendaris Alfred Hitchcock yang diiringi live scoring dari Sjuman School of Music. Pemutaran film lain yang tidak kalah menarik adalah film A Distant Echo karya Geroge Clark. Film ini juga akan diiringi live scoring, kali ini oleh Hanyaterra, sebuah grup rock keramik asal Jatiwangi.

     



     

    Kemudian ada juga diskusi Frequency Factory volume 13 yang membedah lansekap musik elektronik di Indonesia dan Inggris, diikuti pemutaran film Northern Disco Lights bersama Double Deer. Bekerja sama dengan Ismaya Live, UK/ID Festival 2017 juga menghadirkan penampilan penyanyi Dan Croll asal Inggris. Aksi MC Afrikan Boy yang sangat hip-hop pun akan ditampilkan dalam kolaborasi bersama VICE Indonesia dengan salah satu bintang tamu spesial dari Indonesia. Selain itu ada pula pertunjukan live dari Direct Action, Thomas Bullock dan penampilan DJ Paranoid London.

     

     

    Festival UK/ID 2017 adalah bagian dari program UK/Indonesia 2016-2018 yang diluncurkan bersamaan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Inggris pada April 2016. Sebagai bagian dari prorgam yang bertujuan membangun hubungan kreatif lewat residensi, kegiatan berjejaring, kunjungan budaya, serta proyek kolaborasi yang dilaksanakan sepanjang tahun, UK/ID Festival 2017 mampu menampilkan karya-karya kreatif Indonesia dan Inggris. So fun! (Hana Devarianti/SW/Image: instagram.com, DOK. Cosmo)