Better You

Ini 5 Manfaat Menangis untuk Kesehatan

  by: Kezia Calesta       23/10/2017
  • Kapan terakhir kalinya Anda menangis? Mungkin Anda mengeluarkan air mata setelah menonton film sedih, frustrasi pekerjaan, atau putus hubungan. Well, apapun alasannya, Anda tidak harus malu atau menyesal karena sudah menangis! Aksi tersebut sebenarnya memberi manfaat untuk kesehatan fisik dan mental Anda.

     



    Menurut banyak psikoterapis, menangis itu baik untuk kesehatan karena aksi tersebut bisa mengeluarkan energi negatif dari tubuh dan menggantikannya dengan energi positif yang baru. Karena itu, Anda tidak usah menahan air mata bila sedang emosi – crying is good for you!

     

     

    Ini dia 5 manfaat dari menangis:

     

    1. Mengeluarkan Toksin

    Air mata yang dikeluarkan tubuh karena stres dapat membantu menurunkan hormon stres yang dikenal sebagai kortisol. Sebuah riset yang dilakukan oleh St. Paul=Ramsey Medical Centre membuktikan bahwa seperti berkeringat dan membuang air kecil, air mata juga mengeluarkan toksin dan endorfin bernama enkephalin yang mengurangi rasa sakit.

     

    2. Membunuh Bakteri

    Air mata mengandung cairan lysozyme yang bisa membunuh sebanyak 95% bakteri dalam 5-10 menit dengan cara menghancurkan dinding sel bakteri tersebut. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Food Microbiology juga menunjukkan bahwa air mata mengandung properti antimikroba yang melindung itubuh.



     

    3. Meningkatkan Mood

    Sebuah studi yang dilakukan oleh University of South Florida membuktikan bahwa menangis dapat menenangkan dan meningkatkan mood dengan sangat efektif (bahkan melebihi efek antidepresan!). Yes, please.

     

    4. Memperbaiki Penglihatan

    Air mata berfungsi sebagai lubrikan untuk kelopak dan bola mata yang akan membuat penglihatan Anda semakin baik. Menurut National Eye Institute, air mata yang membasahi permukaan mata juga dapat membersihkan mata dari debu dan kotoran, lho.

     

    5. Melegakan Stres

    Anda sering merasa lega setelah menangis? Aksi tersebut melepaskan hormon stres dan toksin dari tubuh, maka tekanan yang dialami tubuh Anda pun berkurang. Hey, menyimpan perasaan sedih dapat mengakibatkan darah tinggi atau sakit kepala, sedangkan menangis adalah cara yang aman dan efektif untuk melegakan stres. It's better to cry!

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. Chepko Danil Vitalevich / Shutterstock / Clickphotos)