Better You

Cara Simpel Hilangkan Noda Yang Sulit Pada Pakaian

  by: Adya Azka       20/10/2017
  • Saat hangout bersama the girls, tanpa sengaja pakaian Anda terkena noda kopi. Wait, jangan panik! Cosmo berikan cara sederhana untuk menghilangkan beberapa noda mengganggu pada pakaian. Namun sebelumnya, Anda perlu tahu bahwa musuh semua noda adalah waktu. Semakin cepat Anda mengambil tindakan akan semakin mudah noda tersebut hilang. Untuk noda tertentu, tak ada pilihan selain mencuci baju Anda. Tapi tenang, semua bisa diatasi kok.

     

    Tapi pertama, aturan praktisnya:




    1. Jangan berlebihan menguceknya! Usapkan dan tiriskan area agar tidak menyebar.

    2. Jika mengucek diperlukan, balik baju Anda untuk menghindari kerusakan kain. Lebih baik gunakan sikat lembut.

    3. Jangan gunakan air panas. Panas justru bisa mematangkan gula dalam cairan dan membuat noda susah dihilangkan.

    4. Selalu cek spot. Anda tidak pernah tahu bagaimana kain itu akan bereaksi terhadap pembersih.


    Kopi
    Untuk menghilangkan noda kopi, pastikan Anda tidak menggosok noda tersebut. Lebih baik gunakan tisu untuk menyerap noda kopi dari pakaian. Lalu siram dengan air panas dari ketinggian 30-50cm sebelum akhirnya dicuci seperti biasa.


    Tinta
    Terkadang tinta dari pulpen tak sengaja menodai pakaian kesayangan Anda. Untuk menghilangkannya, alaslah bagian belakang kain yang terkena noda tinta dengan menggunakan tisu. Lalu semprotkan hairspray pada noda tinta tersebut. Sediakan lap yang telah direndam ke dalam air hangat lalu gosokan pada noda tersebut hingga bersih. Selanjutnya, Anda tinggal mencuci pakaian seperti biasa.


    Parfum
    Saat menyemprotkan parfum terlalu dekat, nodanya bisa tertinggal pada pakaian Anda. Untuk menghilangkannya, Anda cukup merendamnya dengan air hangat sebelum akhirnya dicuci seperti biasa. Simpel!




    [ BACA JUGA: 5 Cara Untuk Menghilangkan Noda Foundation di Pakaian! ]


    Foundation
    Salah satu noda yang sering tertinggal pada pakaian wanita adalah foundation dan bedak. Ternyata, kedua noda ini dapat dihilangkan dengan cara yang sederhana lho. Jangan tergesa-gesa mencucinya, lebih baik hilangkan nodanya terlebih dahulu dengan cara menekan-nekannya menggunakan tisu. Setelah noda memudar, teteskan deterjen cair tepat pada noda, lalu gosok perlahan sebelum dicuci seperti biasa.


    Kuteks
    Jika cat kuku atau kuteks tak sengaja mengotori pakaian Anda saat sedang asyik bermanikur, segera bersihkan menggunakan tisu kering dalam sekali seka. Jika masih berbekas, gunakan aseton untuk menghapsusnya. Tapi sebelum menggunakan aseton, ada baiknya Anda mencoba terlebih dahulu pada bagian pakaian yang tak terlihat. Setelah itu, biarkan hingga kering sebelum akhirnya dicuci seperti biasa.

     

    [ BACA JUGA: 10 Cara Membersihkan Sneakers Putih! ]

     

    Karat
    Ini bisa jadi sulit. Bantu bersihkan dengan itu dengan zat pengoksidasi seperti hidrogen peroksida atau pemutih oksigen. (Silvya Winny / Image: namtip / Shutterstock / Click Photos)