Career

Tips Agar Tidak Sering Kerja Lembur di Kantor

  by: Adya Azka       30/10/2017
  • Sudah hampir akhir tahun tapi hari yang santai tapi angan-angan liburan justru terasa semakin jauh? Bahkan Anda jadi lebih sering lembur menjelang cuti untuk menyelesaikan pekerjaan? Ladies, stop lembur mulai hari ini dan ikuti trik dari Cosmo berikut.

    1. Prioritas
    Tentukan mana tugas yang sangat penting dan urgent. Ini harus berada di urutan teratas to-do-list Anda. Selesaikan keduanya, dan jangan hanya memfokuskan pikiran dan tenaga Anda hanya pada salah satu tugas tersebut.

    2. Batasi Waktu
    Bekerja seharian di depan komputer bukan merupakan tanda tingginya dedikasi Anda terhadap kantor lho. Jadi sebaiknya mulai tentukan rentang waktu pengerjaan sebuah proyek agar Anda lebih termotivasi untuk mengerjakannya.



    3. Hindari Sifat Perfeksionis
    Bukan berarti Anda jadi harus menurunkan standar. Menjadi seorang perfeksionis itu bisa sangat melelahkan apalagi jika Anda memilih untuk mengerjakannya sendiri. Khawatir teman satu tim Anda tidak mengerjakannya dengan maksimal? Tenang, they will learn.



    4. Disiplin
    Jika Anda memang pemilik jabatan penting di perusahaan ini, Anda sudah tidak bisa lagi menghabiskan waktu kerja yang berharga untuk melakukan hal-hal kurang penting yang bisa mengalihkan fokus dan membuat Anda lalai. Pastikan perhatian Anda terfokus pada pekerjaan yang business-related.

    5. Healthy Work Life Balance
    Memang kadang kalau sedang asyik dengan pekerjaan, kepikiran hangout pun tidak. Honey, memforsir tubuh untuk bekerja terus-terusan tidak akan membuahkan hasil yang maksimal justru bisa-bisa Anda masuk rumah sakit. Tetap jaga pola makan yang seimbang dan tetap relaks. Jadi jangan merasa bersalah kalau meninggalkan pekerjaan sebentar untuk menikmati "me time" di kantor. (Yoanita Listyawati/Vidi Prima/Adhia Azka/ FT/ image: various)