Better You

Cara Jaga Kesehatan Saat Musim Hujan

  by: Redaksi       31/10/2017
  • Musim peralihan seperti sekarang ini memang membuat tubuh rawan terserang penyakit. Sebelum tubuh Anda tumbang karena cuaca tak menentu, sebaiknya lindungi diri Anda dengan langkah-langkah berikut, dear.

     

    1. Konsumsi Minuman Hangat



    Rasa dingin dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda. Jadi saat musim penghujan, perbanyaklah mengonsumsi minuman yang dapat menghangatkan tubuh seperti teh atau jahe hangat. Makanan seperti sup, bakso, atau cream soup juga berfungsi menghangatkan tubuh Anda, lho.

     

    2. Perbanyak Asupan Vitamin C

    Di musim hujan, vitamin C sangat dibutuhkan kehadirannya dalam tubuh manusia karena selain dapat berfungsi sebagai antioksidan, ia juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Anda selalu bisa mendapatkan vitamin C dari berbagai jenis suplemen, tapi akan lebih baik jika Anda memerolehnya dari sumber yang alami. Vitamin C banyak terkandung dalam buah jeruk, kiwi, tomat, dan buah-buahan lain yang berwarna cerah. Agar lebih bervariasi, coba buat menjadi jus, smoothie, dessert sehat, atau dicampurkan dalam semangkuk oats sebagai menu makan pagi.

     

    3. Kurangi Gorengan

    Sebaiknya hindari mengonsumsi gorengan, karena makanan yang satu ini penuh dengan minyak sehingga dapat berpengaruh langsung ke tenggorokan atau bisa menyebabkan Anda mudah terserang flu. Dan jika Anda mengkonsumsi gorengan dalam jumlah banyak, hal ini juga bisa menganggu daya tahan tubuh.



     

    4. Segera Mandi Setelah Kehujanan

    Penyakit dengan mudah akan muncul ketika tubuh Anda mengalami perubahan suhu yang drastis. Oleh karena itu, saat tubuh basah terkena air hujan, sebaiknya Anda segera mandi dan keramas untuk menstabilkan temperatur dingin yang terbawa oleh air hujan. Saat Anda mengeringkan badan, temperatur tubuh bertahap kembali ke suhu normal.

     

    5. Kenakan Pakaian yang Tebal dan Hangat

    Baju yang Anda kenakan juga akan memengaruhi kesehatan tubuh di musim hujan. Hindarilah menggunakan baju tipis dan transparan, terlebih jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Sweater atau cardigan tebal dan hangat akan menjaga tubuh Anda dari udara dingin saat musim hujan. Dan yang pastinya, jangan lupa membawa payung atau jas hujan dalam tas!

     

    (Salli Sabarrang / Kezia Calesta / SW / Image: Nicoleta Ionescu / Shutterstock / Clickphotos)