Love & Sex

7 Manfaat Mengejutkan dari Ciuman di Bibir!

  by: Redaksi       26/10/2017
  • Sudah bukan rahasia lagi kalau berciuman dapat meningkatkan intimasi dengan si dia. Kabar baiknya, berciuman dengan pasangan memiliki banyak manfaat lainnya. Beberapa manfaat ciuman di bawah ini mungkin akan membuat Anda terkejut dan membuat ingin segera mencium si dia!

     

    Meningkatkan Imunitas



    Ya, berciuman memang dapat menularkan berbagai penyakit. Namun,  ciuman juga meningkatkan imunitas tubuh. Studi yang dilakukan oleh Medical Hypotheses mengatakan berciuman dapat meningkatkan imunitas wanita dari cytomegalovirus, suatu virus yang masih tergolong keluarga virus herpes. Studi lainnya yang diterbitkan oleh Physiology & Behavior mengungkapkan bahwa ciuman dapat meningkatkan ketahanan Anda untuk memiliki reaksi alergi.

     

    Membakar Kalori

    Kabar menggembirakan, ladies! Salah satu manfaat mengejutkan dari ciuman adalah kegiatan romantis ini dapat membakar kalori dalam tubuh. Menurut para ahli, ciuman penuh gairah selama satu menit dapat membakar 2 sampai 5 kalori. Ini berarti berciuman selama satu jam dapat membakar kalori dari setengah gelas anggur atau setengah genggam permen coklat.

     

    Mengencangkan Otot Wajah

    Berciuman ternyata dapat membantu Anda tampil awet muda. Hal ini karena berciuman dapat membantu mengencangkan otot di wajah. Saat berciuman, 30 otot di wajah akan bekerja, dan menurut para peneliti, hal ini membuat wajah menjadi lebih kencang dan awet muda. Hal yang sama juga dikatakan oleh Andréa Demirjian, penulis dari Kissing: Everything You Ever Wanted to Know about One of Life's Sweetest Pleasures. Ia mengungkapkan bahwa ciuman yang dalam dapat membentuk leher dan rahang. Wow!

     

    Mencegah Darah Tinggi

    Surprise surprise! Kegunaan making out ternyata bukan cuma untuk pembuka dari aksi yang lebih "panas" di ranjang. Kegiatan yang satu ini juga bisa menurunkan tekanan darah Anda. Yup, ciuman membuat jantung berdetak lebih efektif sehingga ia dapat mengalirkan darah ke semua organ vital.



     

    Menghindari Stres

    Sebuah ciuman, terlebih jika berasal dari si dia, tentu akan membuat Anda bahagia. Studi ilmiah mengatakan berciuman meningkatkan kadar oksitosin, zat penenang alami bagi tubuh, dan meningkatkan endorphin, zat kimia untuk merasa senang. Selain itu, ciuman juga meningkatkan dopamin yang berperan dalam ketertarikan romantis dengan orang lain. Nah, satu manfaat mengejutkan lainnya dari ciuman yang bisa jadi alasan untuk segera memberi dia kecupan mesra.

     

    Meredakan Kram dan Sakit Kepala saat Mensturasi

    Siapa sangka kalau ternyata masalah kram dan sakit kepala saat mensturasi bisa diatasi dengan berciuman dengan si dia. Yes darling, manfaat mengejutkan lainnya dari ciuman adalah ia dapat membuat pembuluh darah melebar sehingga dapat mengalirkan oksigen lebih baik ke tubuh. Dengan begitu, kram dan sakit kepala pun berkurang. Jadi lain kali, jangan tolak ajakan dia untuk "bermain" bibir. Smoch!

     

    Membantu Memilih Pria Terbaik

    Well, well, well... Ciuman ternyata menjadi salah satu cara untuk menentukan pria yang terbaik untuk Anda. Antropolog Helen Fisher menggambarkan ciuman sebagai alat penilaian pasangan. Ia mengatakan ciuman menjadi “iklan” yang mendalam tentang siapa pria tersebut, apa yang dia inginkan, dan apa yang dapat dia berikan.

    Peneliti lain mencatat bahwa berciuman menjadi cara bagi tubuh untuk menentukan kecocokan genetik. Gordon G. Gallup Jr., profesor psikologi evolusioner di State University of New York mengutarakan bahwa ciuman menjadi salah satu alat untuk menilai kesehatan, status reproduksi, dan kompatibilitas genetik seseorang. (Hana Devarianti / VP / I mage: doc. Viktor_Solomin / iStock / Thinkstock)