Better You

4 Cara Jitu Menunda Menstruasi

  by: Giovani Untari       1/10/2018
  • Hai ladies, menjelang akhir tahun seperti sekarang Cosmo yakin kalau ada banyak sekali rencana liburan spesial yang telah singgah di kepalamu. Meski begitu, terkadang saat rencana liburan telah matang, tiket sudah ada di genggaman, hingga outfit cool pun telah kamu persiapkan, tak disangka tamu bulanan justru hadir sehingga membuatmu menyiapkan segala keperluan menstruasi. Nah, ternyata ada beberapa cara jitu lho untuk menunda menstruasi. Jadi, nggak ada lagi deh alasan untuk tidak menikmati liburan mu secara full. Mau tahu seperti apa triknya? Ini dia jawabannya:


    1. Mengonsumi Air Perasan Lemon





    Dikenal dengan khasiatnya yang baik bagi tubuh dan kaya akan vitamin C, lemon juga memegang peranan penting bagi kamu yang ingin menunda menstruasi. Kandungan asam dalam lemon mampu mendetoks tubuh kamu serta membantu agar lapisan uterus cepat luntur. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi air putih dengan perasan lemon ya ladies.


    2. Menghindari Makanan Pedas



    Kalau kamu termasuk pecinta makanan pedas, ini saatnya untuk mulai menghindari makanan tersebut ketika hendak menunda menstruasimu ladies. Beberapa riset menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan pedas ternyata mampu menghasilkan panas yang menstimulasi masa periodemu. So, bye-bye spicy food!


    3. Melakukan Workout





    Cara berikutnya yang bisa kamu terapkan untuk menunda menstruasi adalah dengan melakukan workout secara rutin ya ladies. Luangkan 30 menit setiap harinya untuk melakukan sejumlah latihan yang mampu membuat badan tetap bugar dan juga mencegah datang bulan di periodenya. Latihan seperti aerobik serta yoga menjadi opsi terbaik untuk mengurangi masalah nyeri saat menjelang dan masa haid.


    4. Menggunakan Bantuan Pil KB



    Tak hanya urusan kehamilan saja lho ladies yang bisa diatur menggunakan pil KB, nyatanya pil KB mampu memengaruhi siklus menstruasi. Pil KB yang umumnya terdiri dari pil aktif dan pil kosong (placebo) ini terdiri dari hormon progesteron dan estrogen yang bisa menekan kesuburan wanita. Untuk menunda menstruasi, biasanya pil kosong tidak dikonsumsi setelah pil aktif habis tetapi dilanjutkan ke pil aktif berikutnya. Still confused?Berkonsultasi dengan dokter yang tepat bisa membantu kamu menunda menstruasi secara lebih bijak dan aman.


    (Images :  Dean Drobot©123RF.com, GIF Images : giphy.com)