Better You

4 Cara Atasi Sulit Tidur Akibat Stres

  by: Kezia Calesta       2/10/2018
  • Apakah masalah yang dihadapi sehari-hari membuat kamu stres dan sulit tidur? Ladies, kurang tidur hanya akan meningkatkan level hormon stres dalam tubuh dan membuat kesehatan semakin menurun. Cosmo berikan 4 tips untuk menenangkan tubuh dan pikiran agar kamu bisa tidur dengan nyenyak, OK?





    1. Hangatkan tubuhmu.

    Apakah mandi atau berendam dalam air hangat terdengar menarik? Air hangat dapat menenangkan pikiran dan menaikkan temperatur tubuh, jadi pada saat kamu keluar dari kamar mandi dan siap-siap tidur, temperatur tubuh akan kembali jatuh dan menyebabkan kantuk. Gunakan juga aromaterapi atau sabun dengan wangi lavender, vanila atau kamomil! Berikut adalah 4 minuman yang juga dapat membantu kamu tidur nyenyak.


    2. Lakukan meditasi.

    Gerakan yoga yang sederhana sangat baik untuk dipraktikkan sebelum tidur, karena state of mind tersebut dapat merelaksasikan tubuh dan pikiran. Opsi lain? Kamu juga bisa melakukan latihan pernafasan, ladies. Tutup mata dan letakkan tangan kanan di atas abdomen. Saat kamu menarik nafas, rasakan abdomen mengembang dan bayangkan balon yang sedang diisi udara… kemudian buang nafas dengan perlahan dan bayangkan balon tersebut mengempis. Ulangi proses tersebut sampai jantung berdetak dengan lebih pelan, dan tubuh kamu pun akan terasa lebih tenang. 





    3. Matikan gadget.

    Yes, mengobrol dengan para sahabat di group chat pada malam hari memang seru – namun jika kamu mau mendapatkan tidur yang berkualitas, kamu harus menenangkan otamu yang sedang aktif memikirkan banyak hal. So, hentikan pemakaian komputer, televisi dan smartphone saat kamu memutuskan untuk tidur. Kamu bisa menghadapi email dan chat esok pagi, kan?


    4. Dengarkan suara alam yang menenangkan. 

    Ok, kamu boleh menyalakan satu gadget – hanya untuk alasan ini! Carilah soundtrack di YouTube atau playlist di Spotify yang memainkan suara alam seperti rintik hujan atau ombak laut. Why? Selain memberikan efek relaksasi, suara gerakan ombak yang maju dan mundur cukup serupa dengan siklus pernafasan kamu. Maka, otak kamu akan fokus dengan suara tersebut sebelum membiasakan diri, dan kamu pun dapat jatuh tertidur. 


    (Image: doc. freepik.com / Designed by Katemangostar )