Beauty

7 Cara Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami!

  by: Yemima Hutapea       3/10/2018
  • Girls, ingin mencerahkan kulit wajah secara sehat dan alami? Berikut adalah 7 tips yang bisa kamu terapkan untuk kulit wajah yang lebih cerah.




    1. Gunakan Lemon dan Madu

    Air lemon dan madu bisa mencerahkan kulit wajah karena kandungan vitamin C yang kaya di dalam lemon dan juga kandungan antibakteri yang ada pada madu. Selain itu, lemon dan madu juga bisa mencegah kulit dari jerawat dan komedo. Cara membuat masker ini sangatlah mudah. Cukup campur satu sendok teh madu dengan buah lemon yang sudah diperas, kemudian oleskan pada muka dan diamkan selama 15 menit.


    2. Lidah Buaya

    Selain madu dan lemon, cara lain untuk mencerahkan wajah dengan alami adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung senyawa polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan agar kulit terhindar dari warna kusam dan muram. Untungnya, kini hadir banyak sekali gel yang mengandung lidah buaya (aloe vera)! Bila ingin tau gel apa saja yang bisa dipakai untuk face mask, cek saja artikel Cosmo tentang rekomendasi aloe vera gel terbaik untuk kamu atau 7 resep masker lidah buaya yang bisa kamu racik sendiri di rumah.


    3. Putih Telur

    Yes, putih telur! Selain baik untuk kesehatan tubuh, putih telur juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit wajah. Karena putih telur mengandung protein, maka protein tersebut bisa bermanfaat bagi kulit kita. Protein yang terkandung dalam putih telur tersebut bisa memacu pertumbuhan sel-sel baru dan membuat sel tersebut menggantikan kulit kusammu dengan sel kulit baru! Berikut adalah 4 resep masker putih telur yang pas untuk tipe kulitmu.


    4. Pepaya

    Selain baik untuk pencernaan, pepaya juga baik untuk kulit wajah. Pepaya bisa melawan bakteri pada wajah dan mencerahkan kulit musam. Cara menggunakan buah pepaya ini sangatlah mudah. Cukup lumatkan pepaya pada mangkuk, kemudian aplikasikan seluruhnya kepada wajah. Bilas setelah didiamkan pada muka selama 15-20 menit. Lalu, lakukan ini seminggu sekali. Untuk membuat masker pepaya ini, kamu juga boleh menambahkan campuran lain seperti madu, susu, atau yogurt agar hasilnya lebih maksimal dan kulit wajah menjadi lebih cerah.




    5. Tomat

    Girls, apakah kamu tahu kalau buah tomat memiliki beragam manfaat untuk kulit? Yes, tomat mengandung vitamin E dan vitamin C yang bagus untuk menutrisi kulit, dan juga kaya akan antioksidan yang bertugas untuk mengurangi dampak radikal bebas pada tubuh. Nah, kamu bisa mendapat khasiatnya dengan meminum jus tomat dan mencoba 5 masker tomat ini untuk mencerahkan kulit wajah!


    6. Ampas Teh

    Siapa bilang kalau ampas teh bekas tidak berguna? Ternyata, ampas teh bisa bermanfaat untuk kulit wajah juga, lho. Selain bisa mengangkat sel kulit mati dan mengurangi flek hitam pada wajah, ampas teh juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Jadi selesai meminum teh, jangan langsung buang ampas tehnya! Untuk kamu yang memiliki mata panda, kamu juga bisa menggunakan kantung ampas teh bekas dingin untuk mengkompres area bawah matamu.


    7. Konsumsi dan Gunakan Masker Vitamin C

    VItamin C memang terkenal dengan khasiatnya yang berlimpah. Selain untuk membersihkan muka dari jerawat dan komedo, vitamin C juga bisa mencerahkan wajah yang kusam. So, kamu bisa menggunakan vitamin C serum rekomendasi Cosmo atau mengkonsumsi 14 buah berikut untuk kulit mulus, sehat dan bebas jerawat.


    (Yemima Hutapea / Edited by: Kezia Calesta / Image Source: freepik.com)