Lifestyle

Mengintip Keseruan Event Balinale 2018!

  by: Giovani Untari       5/10/2018
  • Ada yang berbeda dengan Pulau Bali sejak tanggal 24 – 30 September silam. Selama seminggu penuh Bali menjadi tuan rumah sebuah ajang festival film berskala internasional yaitu Bali Internasional Film Festival (Balinale) 2018. Event yang telah 12 kali diselenggarakan ini pun sukses mendatangkan para sineas nasional dan internasional yang antusias menyambut kemeriahan event tersebut. Balinale 2018 jelas lebih masif dari tahun-tahun sebelumnya, ladies! Tahun ini, lebih dari 100 film pula dengan genre beragam ditayangkan tersebar di dua lokasi bioskop ternama Bali : Cinemaxx Lippo Mall Kuta dan Plaza Renon. Bali is on fire!

    Memulai event dengan dengan BalinaleX Industry Forum yang menghadirkan pelakon di industri film dan televisi, tim Balinale pun mengundang special guest berupa, Roland Joffé, untuk memeriahkan Director’s Dialogue. Roland hadir untuk menceritakan serangkaian experience-nya dalam dunia film selama lebih dari 1 dekade. Cool!





    Bebas memilih film yang kamu ingin tonton, genre film yang ditawarkan dalam Balinale 2018 meliputi 107 film dokumenter, film pendek, dan juga film panjang. Beberapa film pun masuk ke dalam special screening yang mengundang antusiasme besar dari para pecinta film, di antaranya film Boundless Love juga Shoplifters yang menjadi film penutup dalam acara Balinale 2018. 

    Jika kamu adalah pecinta setia film yang, maka Cosmo merekomendasikan untuk Cosmo babes menyaksikan film Shoplifters yang disutradarai oleh Hirokazu Koreeda. Film asal negeri Sakura ini mengangkat pesan moral yang besar pada society saat ini serta penuh dengan twist yang mencengangkan. Nggak heran jika Shoplifters pun terpilih sebagai pemenang Cannes Palmes d’Or 2018.



    Tak hanya sekadar menawarkan film-film terbaik saja lho babes, Balinale 2018 juga menghadirkan banyak hal menyenangkan seperti menambah pengetahuan atas dunia seni peran lewat workshop gratis yang melingkupi restorasi film-film arsip, special effects makeup (of course we love it!) cerita lokal dalam perfilman, dan audisi untuk kamera. Balinale 2018 juga membuka untuk umum sebuah pengalaman virtual reality (VR) yang one of kind. Film pendek berupa Valens Reef yang mengisahkan tentang perlindungan terumbu karang di kepulauan Raja Ampat ini menawarkan pengalaman VR yang unforgetable!





    AND THE WINNER IS





    Tentu saja belum lengkap rasanya jika sebuah festival film tanpa penghargaan bagi para sineas yang telah mengabdikan karyanya. Tahun ini Balinale 2018 memberikan sejumlah penghargaan lewat penjurian atas 17 film dengan 4 dewan juri antara lain; Orlow Seunke, sineas Belanda yang telah lama tinggal di Indonesia; Jeane Huang, Produser dari Taiwan; Rayya Makarim, penulis scenario dari Indonesia; dan Marinta Serina Singarimbun, penulis dari Indonesia. 


    Berikut adalah daftar pemenang Balinale 2018:

    Best Feature Film : Michael Inside (sutradara Frank Berry) memenangkan

    Best Documentary : Invisible Hands (sutradarai Shraysi Tandon)

    Best Short Film: Punchline (sutradara Christophe M. Saber) 

    Jury Award: Night Bus (sutradarai Emil Heradi)

    Festival Founder Deborah Gabinetti juga memberikan penghargaan baru kepada Gary L Hayes yang telah menjadi pendukung loyal Festival.




    Congratulations for all the winners, and see you next year on Balinale 2019!


    Image : Dok. Bali International Film Festival, Dok. Pribadi