Lifestyle

Review Film: A Simple Favor, Kejutan Serius Nan Lucu

  by: Redaksi       5/10/2018
  • Apa rasanya jika Anda memiliki ‘sahabat’ yang sangat misterius dan ternyata banyak hal yang tidak diketahui tentang dia? Well, dalam film ini Anda akan diajak menguak sisi lain dan terdalam dari sang ‘sahabat’, Emily Nelson yang diperankan Blake Lively. Dengan balutan komedi khas Amerika, ‘A Simple Favor’ mampu membawa situasi yang penuh teka-teki dan misteri menjadi segar untuk dinikmati. Tak hanya itu, jika Anda senang dengan alur yang menyimpan berbagai kejutan di dalamnya, film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Darcey Bell ini juga akan memuaskan harapan Anda.





    Di buka dengan adegan yang sangat akrab pada keadaan saat ini, Stephanie Smothers (Anna Kendrick) bercerita kepada para pengikut vlog-nya mengenai investigasi dan perasaan atas menghilangnya Emily Nelson sang sahabat. Emily sendiri merupakan ‘fearless female’ yang bekerja sebagai PR (Public Relations) untuk sebuah perusahaan fashion. Ia memiliki seorang anak, Nicky yang bersekolah di SD (Sekolah Dasar) yang sama dengan Miles, anak Stephanie. Dari sini lah persahabatan mereka mulai terjalin, berawal dari menemani anak-anak bermain, Emily mengundang Stephanie ke rumahnya untuk minum cocktails dan mulai berbagi rahasia tergelap dalam hidup mereka.



    Stephanie berbagi kisah terdalamnya ketika remaja ia pernah berhubungan intim dengan saudara laki-lakinya, sementara Emily mengaku frustasi dengan keadaan rumah tangganya bersama sang suami Sean Townsend (Henry Golding) yang mengalami keterpurukan finansial. Padahal jika dilihat dari luar kehidupan Emily dengan Sean menyinarkan keharmonisan dan keromantisan. Suatu ketika, Emily meminta ‘a simple favor’ pada Stephanie untuk menjaga Nicky sebab ada keadaan penting yang harus ia tangani. Namun, sudah empat hari lebih Emily tak kunjung datang menjemput Nicky, Stephanie tentu saja gelisah dan mulai menelepon Sean. Mereka kemudian sepakat melaporkan hilangnya Emily ke polisi. Seperti tak mendapat respon yang memuaskan, Stephanie pun berniat menyelidiki sendiri penyebab hilangnya sang sahabat. Satu demi satu kejutan mulai muncul saat Stephanie menyelami kehidupan Emily yang penuh dengan rahasia.






    Paul Feig selaku sutradara pun lihai memainkan alur film misteri ini menjadi sedikit menyenangkan dengan menghadirkan beberapa karakter lain seperti Darren (Andrew Rannells), Stacy (Kelly McCormack), dan Sona (Aparna Nancherla) sebagai tipikal kumpulan orang tua yang suka bergosip. Jangan salah, menurut Cosmo dialog antara karakter-karakter ini justru memberikan informasi dasar nan penting tentang sosok Emily Nelson di mata kebanyakan orang. Film berdurasi 117 menit ini pun diisi dengan dialog-dialog legit dan ekspresi para tokoh yang mampu mengundang tawa penonton. Pembawaan Anna Kendrick sebagai Stephanie Smothers yang sedikit lugu tapi lucu pun menjadi penyeimbang yang pas untuk karakter Emily Nelson yang misterius dan tentu saja fearless. Di film ini Henry Golding juga sanggup memerankan karakternya yang bertukuk lutut setiap kali berhadapan dengan Emily.



    Kembali ke cerita, sebenarnya apa yang terjadi pada Emily? Apakah ia meninggal? Atau melarikan diri karena tidak tahan dengan keadaan finansialnya? Siapakah Emily yang sebenarnya? Well, Anda bisa mengikuti penyelidikan ini bersama Stephanie di bioskop dalam beberapa minggu ke depan. And pssstt… it’s worth to watch. Karena menurut Cosmo film mystery, thriller, (dan yaa..) comedy ini sangat piawai menyajikan twisty plot-nya secara perlahan-lahan agar Anda tenggelam dalam alur cerita.


    (Shintia Savitri / DA / Image: doc. outnow.ch)