Lifestyle

10 Fakta Menarik Tentang Asian Paralympic Games 2018!

  by: Yemima Hutapea       8/10/2018
  • Girls, Asian Paralympic Games baru saja dimulai tanggal 6 Oktober lalu. Ini dia 10 fakta menarik tentang Asian Paralympic Games 2018. 


    1. Lokasi Pertandingan





    Berbeda dari ajang olahraga yang lain, Asian Paralympic Games akan diadakan di 17 lokasi berbeda antara lain adalah Gelora Bung Karno (GBK), Velodrome, JiEXPO Kemayoran, dan Tanjung Sport Arena serta satu venue pertandingan lagi untuk kompetisi Paracycling di Sentul, Bogor.


    2. Cabang Olahraga yang Dilombakan



    Terdapat 18 cabor (cabang olahraga) yang akan dipertandingkan antara lain adalah  panahan, bulu tangkis, catur, boccia, menembak, tenis meja, bola keranjang, anggar, tenis, bowling, sepeda, judo, lawn ball, goal ball, paratletik, para-angkat beban, bola voli duduk, dan para renang.


    3. Jumlah Peserta



    Asian Para Games 2018 melibatkan 3000 atlet dari 43 negara yang berasal dari 5 kontinen yaitu Asia Barat, Asia Selatan, Asia Tengah, Asia Tenggara, dan Asia Timur. Wah, bangga ya semua warga negara Asia bersatu!


    4. Opening Asian Para Games Memiliki Tema Khusus



    Acara pembukaan Asian Para Games 2018 pada 6 Oktober lalu memang mengusung tema khusus. Mereka mengusung tema tradisional dan etnik. Oleh karena itu, di opening-nya kita bisa melihat banyak sekali atribut-atribut budaya bangsa Indonesia! 


    5. Pengisi Acara di Opening Asian Para Games 



    Opening Asian Para Games tidak kalah meriah loh! Kamu sempat menyaksikan tidak? Ada artis-artis kenamaan seperti Armand Maulana, Once Mekel, Vidi Aldiano, Maudy Ayunda, Raffu Ahmad, Sheryl Sheinafia dan lain-lain. 



    6. Theme Songs Asian Para Games 



    Girls, theme song Asian Para Games 2018 sangat catchy loh di telinga! Coba cek lagu "Dream High" yang dinyanyikan oleh Shery Sheinafia & Claudia dan juga lagu Song of Victory yang ditejemahkan dalam beberapa bahasa: Jepang, Indonesia, Arab, dan Korea. 


    7. Film Tentang Asian Para Games 



    Girls, ada yang spesial dari Para Asian Games ini. Tompi membuat film tentang orang-orang yang luar biasa yang berpartisipasi dalam kompetisi para sport terbesar di Asia ini. Sudah menontonnya belum?

    8. Cara Berkomunikasi dengan Para Atlet



    Official Instagram dari Asian Para Games mengunggah penyuluhan cara berkomunikasi dengan para atlet difabel di Asian Para Games. Coba yuk kita tonton videonya!


    9. Jokowi turut mendukung persiapan Asian Para Games


    Bukan hanya pada saat Asian Games, namun Bapak Presiden Jokowi juga mendukung Asian Para Games mulai dari persiapannya. Beliau sempat mengunjungi para atlet yang sedang berlatih. 


    10. Penutupan akan Dilaksanakan di Lokasi yang Berbeda



    Untuk acara penutupan Asian Para Games sendiri akan diadakan pada tangal 13 Oktober 2018, namun lokasinya berbeda dengan tempat diadakan Opening Para Games.  Acara penutupannya akan dilaksanakan pada 13 Oktober 2018 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. Ayo girls, have you got your tickets?! 

    Mari dukung para atlet dengan menonton pertandingan Asian Para Games. Jangan lupa untuk lihat jadwal pertandingannya!