Lifestyle

Hindari 7 Buah Ini Bila Kamu Menderita Diabetes

  by: Kezia Calesta       10/10/2018
  • Penderita diabetes mungkin pernah mendengar bahwa mereka tidak boleh mengkonsumsi buah-buahan. Well, it’s not true! Meskipun memiliki penyakit diabetes, kamu masih bisa menjaga kesehatan dengan konsumsi buah – namun karena buah kaya karbohidrat, faktor tnaersebut dapat meningkatkan gula darah. Ingat, buah yang mengandung indeks glikemik tinggi dapat membuat gula darah naik dengan lebih cepat. So, ada baiknya kamu membatasi konsumsi 7 buah berikut.


    1. Mangga




    Yup, tidak sulit untuk menyantap satu buah mangga besar karena rasanya memang sangat lezat! Namun faktanya adalah, satu buah mangga mengandung sekitar 30 gram karbohidrat dan 26 gram gula. Bila kamu sedang mengidam buah mangga, batasi porsi dengan memakan ½ porsi saja. By the way, semakin matang mangganya, semakin tinggi juga indeks glikemik yang akan meningkatkan gula darahmu.


    2. Anggur


    Siapa sih yang tidak tergiur dengan kesegaran buah anggur yang lezat? Sayangnya, anggur memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Karena satu buah anggur kecil mengandung 1 gram karbohidrat, ada baiknya kamu tidak makan secara berlebih dengan membatasi konsumsi anggur hingga 15 buah saja. Did you know? Kandungan karbohidrat dari 15 buah anggur sama dengan 1 ¼ cup buah stroberi!


    3. Ceri


    Apakah kamu bisa menghentikan diri saat mengemil buah ceri? Karena orang biasanya menikmati rasa buah ceri dan makan secara berlebihan, buah tersebut dapat menaikkan gula darah secara cepat. Sama dengan anggur, satu buah ceri mengandung 1 gram karbohidrat.




    4. Nanas


    Rasa buah nanas yang manis memang nikmat, khususnya bila buah tersebut sudah sangat matang. Oleh karena itu, buah nanas dianggap makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi. Untuk penderita diabetes, batasi konsumsi buah nanas dengan saran penyajian sebanyak ½ cup saja. Gabungkan dengan makanan yang kaya protein seperti low-fat Greek yogurt untuk menyeimbangkan diet. Oh, hindari juga nanas kalengan yang bergula!


    5. Pisang


    Buah pisang memang kaya akan zat potasium yang baik untuk kesehatan tubuh, namun satu buah pisang berukuran sedang memiliki kandungan karbohidrat sebanyak dua kali lipat di bandingi buah lain. Maka dari itu, penderita diabetes sebaiknya mengkonsumsi ½ porsi saja.


    6. Buah Kering


    Kismis dan buah kering lainnya memang cocok dijadikan topping yogurt atau sereal, namun sebenarnya mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Bayangkan, kandungan karbo dari dua sendok teh kismis sama dengan satu cup buah raspberry! Hindari kebiasaan mengemil buah kering dengan buah segar untuk menurunkan kadar gula dalam tubuhmu.


    7. Jus Buah


    Jus buah murni sebaiknya dihindari penderita diabetes. Bayangkan saja berapa buah jeruk yang digunakan untuk membuat satu gelas jus! Jus jeruk sebanyak 240 ml tidak mengandung serat sama sekali, namun akan mengisi tubuhmu dengan 30 gram karbohidrat dan 30 gram gula. Ditambah lagi, tubuhmu mencerna cairan dengan mudah, maka karbo dan gula akan diproses tubuh secara lebih cepat. Meskipun tidak membuat kenyang, jus juga dapat menambahkan kalori dan mengakibatkan kenaikan berat badan. Um, no thanks! Maka dari itu, jus buah hanya cocok untuk kamu yang sedang mengalami gula darah rendah.


    (Image: doc. Designed by Freepik )