Better You

Penyebab dan Cara Mengatasi Rasa Insecure

  by: Yemima Hutapea       19/10/2018
  • Girls, di dunia ini semua orang pasti memiliki insecurity. Yang menjadi permasalahan adalah ketika insecurity membuat kita menjadi kecil hati dan takut untuk melangkah. Cosmo sudah merangkum 5 penyebab insecurity dan 10 cara mengatasinya! 


    Penyebab-penyebab Insecurity:

    1. Membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Comparison is a thief of joy. Saat kita membandingkan diri dengan orang lain, kita melihat kelebihan orang lain yang tidak dimiliki oleh kita. Hal itu bisa membuat kita menjadi insecure dan tidak percaya diri. Daripada membandingkan diri dengan orang lain, ingat bahwa Tuhan menciptakan kamu spesial dan unik! 





    2. Menoleh ke masa lalu. Mungkin kamu memiliki masa lalu yang gelap dan itu membuat kamu merasa tidak layak untuk hidup. Ingat, masa depanmu tidak ditentukan oleh apa yang kamu lakukan kemarin namun ditentukan oleh apa yang kamu lakukan hari ini! Apa yang sudah berlalu, biarkanlah berlalu. Jangan membiarkan masa lalumu mendefinisikan siapa dirimu sekarang.


    3. Terlalu banyak melihat sosial media. Sosial media memang bisa menjadi tempat kamu mendapat inspirasi. Namun, bila kamu terlalu sering melihat sosial media orang lain, kamu bisa menginginkan apa yang mereka miliki dan merasa tidak cukup dengan talenta atau barang yang kamu miliki. Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki dan jangan sering-sering cek sosial media temanmu ya! 


    4. Overthinking. Terlalu banyak berpikir tidaklah baik untuk kesehatan kamu. Bukan berarti kamu menjadi orang yang cuek, namun jangan terlalu keras pada dirimu sendiri. Jangan selalu berpikir bahwa kamu tidak berharga, kamu tidak menarik, dan kamu tidak pintar. Remember, everything starts from the mind! Mulailah memiliki pikiran positif.



    5. Kata-kata negatif orang lain. Memang kita tidak bisa mengkontrol perkataan orang lain. Namun, kita bisa memilih perkataan siapa yang ingin kita percayai. Bila ada seseorang yang mengatakan hal negatif tentang dirimu, jangan simpan perkataan itu dalam hati! Ingat, identitasmu tidak ditentukan oleh apa yang dikatakan orang lain. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang berkata positif dan percaya pada kemampuanmu. 


    Cara-cara Mengatasi Insecurity

    1.  Tulis kata-kata positif di jurnalmu. Saat kamu sedang merasa insecure, kamu butuh kata-kata positif untuk melawan insecurity di dalam dirimu. Salah satu cara paling ampuh adalah dengan membaca kata-kata positif yang ada di jurnalmu keras-keras atau terus ulangi kata-kata itu dalam hatimu. Seperti "I am smart. I am loved. I am accepted. I am not who I used to be."



    2. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang suportif. Semua orang pasti membutuhkan teman yang bisa mendukung dirinya di saat mereka sedang tidak percaya diri. Saat kamu mulai merasa insecure, komunikasikan kepada teman-teman terdekatmu dan minta mereka untuk mengingatkanmu akan hal positif yang kamu miliki.


    3. Kurangin penggunaan sosial media. Seperti yang Cosmo sampaikan di atas, sosial media adalah salah satu penyebab insecurity. Dengan mengurangi penggunaan sosial mediamu, kamu menjadi tidak fokus dengan kehidupan orang lain dan tidak membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain.



    4. Tempel kata-kata positif di sekitarmu. Kita semua membutuhkan pengingat atau reminder akan kelebihan kita. Tulis kata-kata positif pada secarik kertas kemudian tempelkan kertas itu di atas tempat tidurmu, seperti "You are smart!". Lakukan hal yang sama dengan kata-kata positif lainnya kemudian tempelkan di area lain dalam rumahmu atau dalam kantormu yang sering kamu lewati, sehingga kamu bisa terus mengingat hal positif tentang dirimu sehingga tidak ada ruang untuk insecurity.




    5. Dengarkan lagu-lagu yang membangun. Sekarang ini, banyak sekali lagu-lagu positif yang bisa membuat kita semakin percaya diri. Seperti antara lain "Pink-Perfect", "Selena Gomez-Who Says", "Jessie J-Who You Are" dan masih banyak lagi. 



    6. Lupakan masa lalumu. Berhenti menengok ke belakang. Melihat ke masa lalu tidak akan membantumu menjadi lebih baik jika kamu hanya bisa menyesalinya dan mengasihani diri sendiri. Belajarlah dari masu lalu, namun jangan biarkan masa lalumu membuat kamu merasa insecure! You are not who you were! 


    7. Lakukan hal-hal yang positif. Temukan hobimu. Saat kamu disibukkan dengan kegiatan yang kamu senang lakukan, kamu tidak ada waktu untuk merasa insecure. Bila kamu belum tahu kegiatan apa yang kamu senangi, jangan takut untuk mencoba semua hal! Never try, never know!


    8. Konsultasi dengan seseorang. Tidak ada yang salah dengan berkonsultasi dengan seseorang yang profesional di bidangnya. Kadang kita merasa bahwa insecurity bukanlah hal yang serius, namun bila kamu merasa insecure berlebihan, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan seorang psikolog. Our mental health is important, girls!



    9. Temukan kelebihan-kelebihanmu. Seringkali, kita terlalu fokus dengan kekurangan kita sehingga kita menjadi insecure. Coba deh, lihat kelebihanmu yang selama ini kamu anggap biasa. Bersosialisasi dengan baik juga merupakan suatu kelebihan loh, girls! Jadi, temukan 1 kelebihan yang selama ini kamu anggap tidak berarti dan fokus pada kelebihan itu ya.


    10. Lawan terus insecurity dengan perkataan positif. Mungkin kamu sudah mencoba cara-cara diatas. Ulangi terus menerus dan jangan mudah menyerah! Bila kamu masih merasa insecure, lawan rasa insecure itu dengan kata-kata positif. Rekam kata-kata positif pada handphone-mu dan dengarkan itu terus-menerus. 



    Okay, girls! Semoga tips & trik dari Cosmo ini membantumu ya! Ingat, kesehatan mental kamu itu sama pentingnya dengan kesehatan fisikmu. Jangan anggap enteng perasaan insecure, bila tidak ditangani dengan tepat, hal itu bisa mempengaruhi kehidupanmu. Semangat, girls!