Fashion

Kiat Sukses Label Fashion Bandung di Instagram

  by: Hendry Leo       23/10/2018
  • Pekan lalu, Cosmo baru saja diundang oleh Instagram dalam acara media trip untuk mengenal industri mode di kota Bandung. Kota yang dikenal dengan pemandangan alamnya yang asri dan dikelilingi oleh gunung ini, menyuguhkan berjuta pesona keindahan yang sangat memanjakan mata kamu. Tidak hanya itu, industri fashion retail nya juga sudah tidak diragukan lagi. Salah satu tujuan wisatawan berkunjung ke Bandung adalah berbelanja pakaian yang terkenal dengan bahannya yang berkualitas serta harganya yang terjangkau.

    Melalui latar belakang ini pula, Instagram mengajak para media termasuk Cosmo untuk berkunjung ke beberapa brand lokal Bandung yang sukses di dunia mode Indonesia maupun mancanegara. Kegiatan yang dilakukan adalah berbincang serta berbagi ilmu tentang bagaimana sang pemilik brand sukses dengan terus berinovasi dalam kompetisi industri mode di Indonesia yang kian ketat ini.

    Sosial media, salah satunya Instagram menjadi salah satu wadah bagi para brand lokal untuk mempromosikan produk mereka ke publik. Beberapa brand lokal ini juga memberikan Cosmo kiat-kiat sukses berbisnis di Instagram. Apa saja? Yuk simak!



    1. @massicot_


    Sebagai label asal Bandung yang fokus terhadap perhiasan yang timeless, Massicot selalu memberikan inovasi dan filosofi dalam setiap koleksinya. Sang desainer yang merupakan sepasang suami istri, Amanda Mitsuri dan Ramadhan Muhamad berbagi tips sukses berbisnis di Instagram yakni:

    - Berinovasi dengan mencari sesuatu yang baru agar tidak monoton dan membosankan, namun tetap pada karakteristik label kita.

    - Konsisten, karena banyaknya label lokal yang bermunculan akan membuat kita terus mempertahankan brand dan karakter sebagai landasan kita untuk terus bereksplorasi, bukan karena ingin ikut-ikutan sehingga menghilangkan karakter.


    2. @ladouchevita dan @tigahhome


    Dengan mempertahankan DNA feminin namun memiliki unsur maskulin, koleksi dari sang desainer, Asti Suraya menjadi pilihan bagi para perempuan masa kini yang aktif dan senang dengan kegiatan di luar. Tidak hanya label busana, dirinya juga menggarap label yang diberi nama Tigah Home dengan koleksi cushion indie dan sepatu dengan aksen tassel yang seru. Dirinya juga memberikan tips sukses berbisnis di instagram, seperti:

    - Membangun branding, adalah salah satu hal utama ketika hendak memulai bisnis di instagram. Perlu kerja ekstra, karena paling tidak para pemula bisa meminta bantuan rekan-rekan terdekat untuk mempromosikan brand nya. Selain itu, menggunakan fitur bisnis dan advertisement juga bisa membantu menaikkan followers agar makin dikenal oleh publik.

    - Visual adalah hal terpenting, biasanya produk yang disertai model akan memiliki banyak likers. Selain itu juga akan terlihat menarik sehingga akan meyakini para calon pembeli untuk membeli produk kita.

    - Strategi marketing harus diperhatikan, dari mulai caption dan hashtag sangat berpengaruh dalam grafik para pengguna instagram yang penasaran dengan produk kita.


    3. @jummakids

    Label yang telah berdiri selama empat tahun ini, fokus terhadap kebutuhan pakaian anak-anak. Koleksinya terbilang unik, dengan motif print yang lucu dengan permainan warna yang kontras sesuai dengan karakteristik anak kecil yang ceria. Kesuksesannya juga tidak luput oleh bantuan instagram, nah berikut sang desainer Winny Caprina dan Tjuk Guritno berbagi kiat sukses berbisnis di instagram kepada Cosmo:

    - Secara visual, produk yang menggunakan model akan membuat para pelanggan menjadi lebih yakin untuk membeli produk tersebut.




    - Lebih transparan, dimana tidak hanya mengunduh foto tetapi juga video kampanye atau proses dibalik pembuatan produk tersebut. Sehingga memberikan wawasan dan ilmu baru bagi para pengikut (followers) dan pelanggannya. 


    4. @matoa_id

    Sebagai label asal Bandung yang fokus terhadap pembuatan jam tangan berbahan dasar kayu. Matoa sukses menjadi salah satu label aksesori yang banyak diburu oleh para pecinta jam tangan di Indonesia. Sang desainer Lucky Danna Aria, menjelaskan kiat-kiat sukses berbisnis di instagram:

    - Jangan hanya fokus terhadap jualan produk, konsep visual yang bagus juga menjadi salah satu yang terpenting dalam strategi marketing di instagram agar tampak lebih menarik.


    - Adanya fitur instagram story menjadi salah satu strategi untuk memberikan kejutaan atau sneak peek mengenai produk yang akan dirilis.

    - Penggunaan hashtag juga harus diperhatikan, karena sangat berpengaruh terhadap engagement atau eksistentsi dari sebuah akun instagram.



    Yups ladies, itu tadi kiat-kiat sukses berbisnis di instagram dari para desainer lokal di Bandung. Semoga bermanfaat!



    Foto: Dok. Instagram

    Ilustrasi: Dewa