Better You

Cegah Kanker Payudara Dengan 8 Makanan Ini

  by: Kezia Calesta       22/10/2018
  • Memilih gaya hidup dan pola makan yang baik untuk kesehatan itu amat penting, girls. Dengan lebih dari 150 ribu wanita yang terkena kanker payudara di Indonesia setiap tahunnya, ada baiknya kamu mulai mengambil pencegahan dengan menjalankan diet yang lebih sehat. Berikut adalah makanan yang dapat mengurangi risiko kanker payudara.


    1. Brokoli

    Kandungan antioksidan sulforaphane di dalamnya membantu melawan penyakit dengan meningkatkan enzim pelindung tubuh sekaligus menemukan dan membunuh sel-sel tumor yang berkembang di tubuhmu.




    2. Apel

    An apple a day keeps the doctor away. Ya, ungkapan tersebut memang benar – apel merupakan sumber vitamin C yang tinggi, terutama serat dari kulitnya yang bisa mencegah penyebaran sel kanker.


    3. Kunyit

    Rempah yang biasanya dipakai untuk memasak ini memiliki bahan kimia bernama curcumin yang dapat memberantas tumor kanker payudara, juga efek anti-inflamasi yang melindungi kesehatanmu. Ide Cosmo untuk masakan lezat yang dapat menyehatkan payudara? Hidangan kari yang dimasak dengan brokoli, bawang bombay dan bawang putih. Yummy!


    4. Kacang-Kacangan

    Biji-bijian seperti walnut dan flaxseed merupakan sumber serat yang tinggi yang baik untuk saluran pencernaan. Selain itu, kacang ini juga dapat menjaga gula darah dalam tubuh secara konsisten dan memperlambat pertumbuhan sel kanker, lho.


    5. Jamur

    Jamur shitake kaya akan antioksidan L-ergothioneine yang melindungi tubuh dari kanker. Even better, mengkonsumsi jamur kancing setiap hari dapat mengurangi 60% risiko terjangkit kanker payudara. Ini dikarenakan jamur mampu mendeteksi sel kanker sekaligus membunuh jaringan tumor di tubuh!




    6. Bayam

    Wanita yang belum mengalami menopause bisa menurunkan risiko kanker payudara sebanyak 40% jika rutin mengkonsumsi sayur bayam, karena folat dan vitamin B yang terkandung dapat menghalang perubahan DNA yang menyebabkan kanker payudara. How awesome is that?


    7. Minyak Ikan

    Lemak omega-3 dalam minyak ikan dapat membantu mengurangi peradangan, serta menurunkan risiko karsinoma duktal yaitu tipe kanker payudara yang paling umum menyerang wanita. Kamu juga bisa rutin mengonsumsi ikan tuna atau salmon yang kaya akan vitamin D dan memiliki kandungan sama baiknya dari minyak ikan.


    8. Buah & Sayuran Berwarna Jingga

    Wortel, ubi, blewah dan buah jeruk – semua makanan tersebut penuh vitamin A bernama carotenoid yang paling ampuh mencegah kanker payudara. Jika kamu mau menaikkan level carotenoid dalam diet, tambahkan buah dan sayuran berwarna merah dan kuning, OK?


    (Image: doc. arthurhidden©123RF.com)