Better You

10 Gejala Kamu Memiliki Fomo!

  by: Yemima Hutapea       23/10/2018
  • Girls, apakah kamu sering merasa missing out atau takut ketinggalan berita? Wah, mungkin saja kamu terjangkit FOMO! FOMO atau Fear Of Missing Out sebenarnya merupakan salah satu mental disorder, lho! Ini adalah kondisi di mana kamu memiliki perasaan gelisah berlebihan yang disebabkan oleh ketakutan akan ketinggalan berita atau kemeriahan yang sedang terjadi di luar sana. Yukkenali gejala-gejala berikut agar tahu kamu memiliki FOMO atau tidak!


    1. Kamu selalu mengecek handphone-mu. Kamu terus-menerus memeriksa semua akun sosial mediamu untuk melihat notifikasi dan update terbaru dari teman-teman. Kamu tidak mau ketinggalan berita apa pun!




    2. Kamu selalu ingin tahu kehidupan orang. Apa yang mereka makan, apa yang mereka lakukan pada saat akhir pekan, film terbaru yang mereka tonton, tempat-tempat hangout terbaru yang mereka kunjungi, sampai pria yang sedang dekat dengan mereka.




    3. Kamu selalu kesal jika ada lelucon yang tidak kamu mengerti. Saat teman-temanmu sedang bercanda tentang sesuatu yang tidak kamu pahami atau melakukan inside jokes, kamu kesal. Mengapa? Karena kamu merasa harus selalu tahu dan mengerti apa yang mereka bicarakan. Psst, jangan terlalu kepo, girls!



    4. Kamu rela untuk mengeluarkan uang melebihi kemampuanmu. Yup, kamu tidak ingin ketinggalan zaman sehingga kamu rela menggunakan kartu kredit untuk beli tas dan sepatu model terbaru, ataupun handphone paling canggih agar tidak ketinggalan zaman! You’re willing to live beyond your means.



    5. Kamu selalu ingin tahu gosip terbaru. Ciri khas kamu yang selalu ingin up-to-date, membuat kamu mengikuti banyak akun gosip atau bahkan perkumpulan para penggosip di kantor. Mulai membicarakan tentang bos hingga sahabat dari teman di kantor yang bahkan tak kamu kenal!



    6. Mengatakan "ya" bahkan disaat kamu tidak ingin. Benar, kamu tidak ingin ketinggalan jadi kamu mengiyakan setiap ajakan party atau undangan acara yang bahkan sebenarnya tak menarik atau bahkan tak perlu. You say ‘yes’ even when you know you shouldn’t.





    7. Seringkali kamu tetap merasa ketinggalan berita walaupun sudah di-update. Oh percayalah, girls, FOMO itu memang tidak sehat karena seringkali walau sudah tahu berita terbaru, kita masih saja paranoid akan tertinggal suatu berita atau detil dari informasi tersebut.




    8. Akibat begitu tak inginnya kelewatan sesuatu, kamu selalu menjadi yang terakhir pulang. Jika, kamu berada dalam sebuah party, kamu tidak ingin pulang duluan agar selalu ada dalam setiap foto dan tak melewatkan setiap momen yang terjadi. Kamu tak ingin mendengar keesokan harinya temanmu berkata, "Tau nggak sih, pas kamu pulang, si ini melakukan sesuatu..."  You have FOMO so severe that you refuse to leave parties, even when you’re tired.



    9. Kamu selalu memesan sesuatu. Memesan makanan terbaru bahkan saat sebenarnya tidak menyukai jenis makanan itu.  Kamu memesannya hanya agar bisa memberikan review dan bisa berkomentar tentang cita rasa makanan tersebut pada orang lain! Ekstrimnya, walau kamu memiliki alergi makanan, kamu rela mencobanya hanya agar tak ketinggalan info!




    10. Bahkan di saat sedang di acara keluarga atau bersama temanmu, kamu tetap memegang handphone. Walau sedang berada di sebuah acara keluarga atau reunian SMA, kamu tetap menonton IG Live teman karena kamu tidak ingin melewatkan apa yang sedang terjadi di tempat lain. 




    Jika, kamu merasa bahwa hampir semua hal yang Cosmo sebutkan di atas mendeskripsikan dirimu, ingat bahwa belum terlambat untuk berubah. Perubahan bisa dimulai dari hal kecil. So, kurangilah penggunaan ponsel dan nikmatilah momen yang ada di depanmu. If you can't start with the small things, you can't change the big things.



    (Doc. Mykola Kravchenko©123RF.com) 

    Illustrated by Dewantara.