Better You

Terjawab! Beberapa Masalah Kesehatan Selama Pancaroba

  by: Nungki Dwiandara       24/10/2018
  • Saat musim pancaroba, tubuh dipaksa untuk menyesuaikan dengan kondisi udara dan temperatur yang berubah-ubah. Inilah yang membuat daya tahan tubuh menjadi lemah sehingga virus serta bakteri mudah menyerang. 


    Nah, agar tubuh selalu fit selama musim pancaroba beberapa waktu lalu Cosmopolitan dan Combiphar mengajak para cosmo readers untuk sharing seputar kesehatan dalam Healthy Forum bersama dr. Carlinda Nekawaty. Berikut ini telah terpilih 3 pertanyaan terbaik. Check these out!




    Q (Question):

    Bagaimana caranya agar saya tetap berada dalam kondisi tubuh yang fit ditengah aktivitas yang padat dan vitamin apa yang tepat untuk dikonsumsi? - Saskia Feliandra Pradeka


    DC (Dokter Carlinda):

    Kondisi tubuh yang fit dipengaruhi oleh faktor sistem imunitas tubuh atau yang lebih dikenal dengan daya tahan tubuh sesorang. Sehingga jika daya tahan tubuh sesorang baik, maka ia akan mempunya tubuh yang fit dan tidak mudah terjangkit penyakit. Oleh karena itu, untuk menjaga tubuh tetap fit maka diperlukan daya tahan tubuh yang juga baik.


    Cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

    1) Mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang yaitu dengan menjalani pola makan sehat,

    2) Menjaga kebersihan tubuh terutama dengan mencuci tangan baik sebelum dan sesudah makan,

    3) Mempunyai waktu istirahat yang cukup,

    4) Melakukan aktifitas fisik secara rutin misalnya dengan berolahraga yang teratur,

    5) Asupan cairan yang cukup sehingga tidak mengalami gejala dehidrasi yang dapat menyebebabkan penurunan daya tahan tubuh,

    6) Hindari stress yang berlebihan yang dapat memicu tubuh mengalami depresi dan menurunkan daya tahan tubuh,

     7) Jika diperlukan mengonsumsi multivitamin sesuai kebutuhan dan sudah dikonsultasikan dengan dokter.


    Mengenai produk vitamin yang cocok, anda dapat menghubungi combi care center atau konsultasikan dengan dokter spesialis untuk mendapatkan rekomendasi produk yang sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga membantu dan bermanfaat.


    Q :

    Apakah penyakit rubella dan CMV dapat menular dengan mudah pada anak? Misalnya menular bila makan, minum, tidur dan mandi bersama. Bagaimana cara mencegah agar tidak terlular penyakit rubella? - Noey Nurifah


    DC (Dokter Carlinda):



    Perlu diketahui, penyakit rubella merupakan penyakit infeksi menular melalui saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus, dimana risiko penularan penyakit tertinggi pada anak atau orang dewasa yang belum mendapat imunisasi campak dan rubella (imunisasi MR).


    Pencegahan yang paling efektif untuk penyakit campak dan rubella adalah dengan melakukan imunisasi/vaksin MR. Jika anak Anda sudah menerima imunisasi MR, kemungkinan tidak terkena rubella, namun untuk memastikan sangat baik jika anak Anda pun tetap menjaga daya tahan tubuhnya. 


    Beberapa cara untuk membantu menjaga daya tahan tubuh pada anak adalah: 

    1) Memberikan asupan makanan dengan pola makan sehat, yaitu mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang baik karbohidrat, lemak, protein. Selain itu perbanyak konsumsi vitamin dan mineral yang banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buahan. Konsumsilah makanan yang bervariasi.

    2) Istrahat yang cukup pada anak, batasi atau seimbangkan waktu bermain anak dengan waktu istirahat dan belajarnya.

    3) Motivasi anak untuk selalu menjaga kebersihan salah satunya adalah rajin mencuci tangan, karena tanpa disadari tangan merupakan media kuman yang paling sering menyebarkan penyakit terutama flu.

    4) Cukupi asupan cairan dengan minum air putih 8 gelas dalam sehari.

    5) Jika diperlukan, kosumsi multivitamin sesuai dengan kebutuhan dan bacalah aturan pakai serta konsultasikan dahulu dengan dokter.


    Q:

    Saat menjaga kesehatan tubuh di musim pancaroba, nutrisi apa yang dibutuhkan oleh tubuh? Jenis olahraga apa yang disarankan? Apakah suplemen tepat yang disarankan? Lalu berapa banyak konsumsi air putih yang disarankan? Dan apakah produk hand sanitizer efektif bila dibandingkan dengan mencuci tangan dengan sabun? - Andre Budiman


    DC:

    Untuk menjaga kesehatan tubuh, 


    1. Nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah gizi seimbang antara asupan karbohidrat, protein lemak, vitamin dan mineral yang didapat dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

    2. lakukan olahraga dengan nyaman, jika Anda menukai olahraga lari lakukanlah dengan rutin. Namun perlu diingatkan untuk memaksakan diri.

    3. Suplemen atau multivitamin berfungi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Untuk produk Combiphar, silahkan hubungi Combi Care Center untuk informasi lebih lanjut.

    4. Asupan cairan yang dibutuhkan untuk orang dewasa adalah 2 liter/hari untuk perempuan dan 2.2 liter/hari untuk laki-laki.

    5. Produk hand sanitizer baik digunakan karena lebih praktis, namun disarankan untuk tetap cuci tangan dengan air dan sabun jika memungkinkan karena penggunaan hand sanitizer berlebihan akan membuat kulit lebih kering karena adanya kandungan alkohol di dalamnya.

    (Nungki Dwiandara/ Image: freepik.com)