Love & Sex

Tips Kencan Pertama untuk Kamu yang Pemalu

  by: Kezia Calesta       25/10/2018
  • Kencan pertama dapat menjadi sebuah aktivitas yang sangat menegangkan untuk kamu yang bersifat pemalu dan mudah merasa canggung. Untungnya, Cosmo memiliki beberapa tips untuk kamu yang tidak terbiasa dengan dunia dating. Simak enam poin berikut!





    1. Jangan berpikir bahwa kamu harus sempurna.

    Terkadang sebuah kencan dapat terasa seperti sebuah penampilan, atau lebih parah, sebuah evaluasi untuk seorang introvert. Jangan khawatir tentang kencan pertama kamu! Perasaan awkward atau deg-degan memang sangat wajar, kok. Just be yourself, and let it flow.


    2. Ketahui tipe dan lokasi kencan yang cocok untuk kamu.

    Biasanya, tempat yang berisik seperti konser atau festival musik akan membuat kamu sulit untuk mengobrol. Namun jika bayangan coffee date atau bertemu dengan si dia di bar membuat kamu semakin gugup, mungkin menghadiri event atau menyaksikan film di bioskop akan memberikan kamu ide topik untuk dibahas setelah itu.


    3. Pakailah outfit nyaman yang kamu sukai.

    Jika kamu suka menggunakan jeans dan sweater setiap hari, kamu tidak usah membeli backless dress baru khusus untuk kencan pertama. Jika penampilan kamu sangat berbeda dari biasanya, kamu pun akan merasa risih dan semakin sadar diri. Gunakan saja outfit nyaman yang sering kamu pakai dan terlihat bagus di tubuh, lalu gunakan sedikit makeup untuk membuat wajah terlihat lebih fresh. Bye bye, dark eye circles.


    4. Persiapkan topik obrolan.

    Jika kamu sangat khawatir akan kehabisan topik, kamu dapat melakukan sedikit “riset” tentangnya sebelum bertemu. Jika sudah saling follow di Instagram, kamu bisa menanyakan pengalaman di balik foto hiking-nya yang terlihat seru!




    5. Jangan lupa untuk bertanya balik.

    Girls, jangan hanya berdiam diri setelah menjawab pertanyaan dari si dia! Communication is a two-way street. Ingat untuk bertanya balik, atau lontarkan pertanyaan baru yang berhubungan dengan cerita si dia.


    6. Siapkan emergency exit.

    Jika kamu ternyata terjebak dengan seseorang yang sangat tidak cocok dengan kamu atau memiliki sifat yang buruk, kamu akan membutuhkan alasan yang jelas untuk meninggalkan kencan tersebut. Bila kamu tidak ingin keluar hingga tengah malam, jadwalkan kencan pada siang hari di mana kamu dapat menentukan jam di mana kamu harus berpisah. “Oh, sekarang sudah jam 4 sore – ada meeting kerja yang harus saya hadiri, nih. Sampai jumpa!” Aaaand… you’re out.


    Girls, jangan langsung menyerah jika kencan kamu bersama satu orang tidak berjalan dengan baik. Sooner or later, kamu bisa menemukan seseorang di luar sana yang cocok dengan kepribadian kamu! 


    (Image: outnow.ch / The Beautiful Fantastic)