Lifestyle

12 Desainer Berkolaborasi di The Colours of Indonesia

  by: Alvin Yoga       25/10/2018
  • Masuki tahun ketiganya, Senayan City kembali bekerja sama dengan sederet desainer terkenal untuk gelar pameran instalasi desain interior bertema kultur Indonesia.


    Berusaha untuk tetap konsisten, ID12, sebutan untuk sebuah perkumpulan dua belas desainer interior Indonesia, kembali merebakkan karya inspiratifnya lewat gelaran pameran bertajuk The Colours of Indonesia III: Maison12. Pameran instalasi desain interior tersebut diadakan di Atrium Senayan City pada 14 hingga 23 September lalu. Selama sepuluh hari berturut-turut, ID12 mengulang kesuksesan tahun-tahun sebelumnya melalui kontribusi karya kolaboratif pameran dwi-tahunan The Colours of Indonesia.




    Kedua belas orang desainer, yakni Agam Riadi, Anita Boentarman, Ary Juwono, Eko Priharseno, Joke Roos, Prasetio Budhi, Reza Wahyudi, Roland Adam, Sammy Hendramianto S., Shirley Gouw, Vivianne Faye serta Yuni Jie, menampilkan dengan mewah desain mereka tanpa kehilangan identitas dan gaya personal masing-masing. “Inspirasi utama Masion12 adalah menginfusi unsur-unsur Indonesia, tidak hanya pada pattern, tapi juga motif, aura dan detail, pada show unit satu kamar, dua kamar, tiga kamar, dan marketing gallery hunian vertikal apartemen,” ujar Ary Juwono.




    Desain yang ditampilkan merupakan perwujudan dari tiga wilayah di Indonesia, yaitu Indonesia bagian Barat, Tengah dan Timur, terdiri dari The Spirit of Sumba, The Mystical Papua, The Voyage of Borneo, serta The Soul of Java. Yang berbeda dari pameran kali ini, tersedia area “melting pot”, tempat bertemu para vendor yang telah menjadi pendukung utama karya para desainer, dengan relasi dan para kliennya. Area ini terletak sekitar 15 meter dari pusat pameran utama dan dibangun dalam bentuk sebuah kedai kopi pop-up bernama Cafe12. Tak cuma menyediakan minuman dan camilan, kedai tersebut juga memajang buku-buku dan berbagai suvenir produk olahan.

    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. The Colours of Indonesia)