Better You

Olahraga yang Tepat untuk Tubuh Kamu!

  by: Yemima Hutapea       27/10/2018
  • Ternyata olahraga yang kita lakukan harus disesuaikan dengan bentuk tubuh kita lho, girls! Bentuk tubuh yang berbeda mempengaruhi jenis olahraga yang harus kamu lakukan. Ada tiga jenis bentuk tubuh. Berikut Cosmo rangkum tiga tipe tubuh serta olahraga yang tepat untuk tubuh kamu!


    1. Endomorf



    Endomorf adalah istilah yang diberikan kepada wanita atau pria yang memiliki bentuk tubuh besar khususnya di bagian paha, pinggang, dan perut. Selain itu, jenis tubuh endomorf juga tidak memiliki otot.

    Biasanya, tipe wanita atau pria yang memiliki bentuk tubuh endomorf ini memiliki kerangka tulang yang besar. Bukan itu saja, mereka juga memiliki wajah yang bulat. Orang yang memiliki tipe tubuh endormorf biasanya mudah sekali bertambah berat badan dan juga memiliki metabolisme tubuh yang cenderung lebih lambat dalam memproses makanan dibandingkan dengan tipe tubuh lainnya.

    Tapi, bukan berarti orang yang memiliki jenis tubuh endomorf tidak bisa memiliki tubuh ramping lho, girls. Dengan olahraga yang tepat, tubuh ideal pun bisa didapatkan! Cosmo sarankan untuk melakukan jenis olahraga yang ringan.

    Kamu yang memiliki jenis tubuh endomorf cocok melakukan aktivitas fisik dengan durasi yang agak lama namun tidak terlalu berlebihan. Contoh olahraga yang bisa dilakukan antara lain adalah berenang, berjalan kaki, bersepeda, latihan cardio atau kelas senam.

    Perlu diingat, selama berolahraga, jangan lupa meminum air putih secukupnya. Selain berolahraga, aktivitas fisik sehari-hari seperti membersihkan rumah, menyapu, dan berkebun juga bisa membantu kamu dengan jenis tubuh endomorf untuk mengurangi berat badan!


    2. Ektomorf


    Ektomorph adalah istilah yang digunakan untuk pria atau wanita yang memiliki bentuk tubuh tinggi, leher ramping dan panjang, serta pergelangan kaki dan tangan yang kecil. Mereka yang memiliki jenis tubuh ektomorph sulit untuk mengembangkan otot-otot yang kuat.

    Orang yang memiliki jenis tubuh ektomorf memiliki tampilan yang lebih kurus dan bentuk yang lurus. Hampir kebanyakan orang yang memiliki jenis tubuh ektomorph memiliki bentuk tubuh yang terlihat seperti penggaris, dengan pinggang, pinggul, dan pundak yang kecil. Seperti yang kita ketahui, latihan kardio itu diperuntukkan untuk mereka yang memiliki bobot lemak yang banyak, jadi olahraga kardio tidak dianjurkan untuk kamu yang memiliki jenis tubuh ektomorph, girls!

    Untuk kamu yang memiliki jenis tubuh ektomorph lebih disarankan untuk melakukan olahraga yang melatih otot tubuhmu. Antara lain seperti, angkat beban. Lakukan latihan ini dengan pengulangan ringan sehingga tidak membuat tubuhmu bekerja terlalu keras, girls. Pengulangan ini juga akan membantu tubuhmu membangun otot sekaligus menjaga bentuk tubuh tetap ramping.



    Sementara itu, latihan beban juga akan melatih otot untuk bekerja sehingga dapat dibangun dengan cepat. Jenis olahraga lain yang cocok untuk dilakukan oleh kamu dengan jenis tubuh ektomorph adalah joging, lompat tali, basket, tenis, olahraga dengan raket, ski, dan bulu tangkis. Ingat ya, jangan lakukan latihan kardio karena latihan ini hanya untuk mereka dengan tipe tubuh endomorf!


    3.Mesomorf 

    Jenis tubuh yang ketiga adalah mesomorf. Mesomorf adalah bentuk tubuh yang memiliki tulang besar, bahu lebar, pinggang sempit dan berotot. Tipe tubuh seperti ini biasanya digambarkan sebagai bentuk tubuh yang atletis dan memiliki bentuk tubuh yang ideal.

    Orang dengan tipe tubuh mesomorf biasanya memiliki bentuk tubuh seperti jam pasir dan juga memiliki otot tubuh yang besar, girls. Hampir sebagian besar orang dengan tipe tubuh mesomorf memiliki pundak atau bahu yang lebar dan pinggang yang sempit.

    Walaupun demikian, metabolisme orang dengan tipe tubuh mesomorf cenderung cepat dan lebih mudah memproses makanan sehingga lebih juga untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan tipe orang dengan jenis tubuh endormorf.

    Untuk kamu yang memiliki jenis tubuh mesomorf, Cosmo sarankan untuk memilih jenis olahraga yang memerlukan keseimbangan, kekuatan dan ketangkasan. Contoh olahraga yang bisa kamu lakukan antara lain adalah berjalan, lari jarak pendek, muay thai, tenis, surfing, latihan kardio 30 sampai 40 menit setiap tiga sampai lima kali seminggu untuk menghilangkan lemak tubuh dan juga pilates atau yoga untuk mempertahankan bentuk tubuh.

    Karena ciri-ciri orang yang memiliki jenis tubuh mesomorf adalah atletis, latihan untuk tipe tubuh mesomorf sebenarnya tidaklah terbatas. Selain atletis, mereka juga cenderung memiliki bahu yang sangat lebar seperti seseorang yang telah banyak melakukan latihan sebelumnya. Bahkan tipe mesomorf juga memiliki pinggang kecil yang melengkapi penampilannya sehingga terlihat semakin atletis. Jadi, beruntunglah kamu jika memiliki tipe tubuh ini, girls!

    Namun ingat ya, perhatikan juga apa yang kamu konsumsi! Kadang, karena jenis tubuh seperti ini tidak mudah gemuk, konsumsi makanan jadi terlalu berlebihan. Artinya coba untuk lakukan konsumsi makanan yang secukupnya sehingga lemak yang tersimpan dalam tubuh juga tidaklah banyak! Latihan lain yang bisa dilakukan oleh kamu dengan tipe tubuh ini adalah cross fit atau boot camp karena kamu memiliki pertahanan tubuh yang kuat.


    Ok, girls! Kira-kira dari antara tiga tipe tubuh dan jenis-jenis olahraga yang cocok dengan tipe tersebut, tipe manakah kamu? Let’s live a better and healthier lifestyle, girls!


    Dok. Image: Marion Michele/www.unsplash.com