Better You

3 Cara untuk Menemukan Tujuan Hidup!

  by: Yemima Hutapea       30/10/2018
  • Girls, kita semua pasti diciptakan dengan tujuan hidup masing-masing. Tujuan hidup biasanya tidak jauh berbeda dengan kesenangan kita atau yang biasa disebut dengan passion dan talenta. Kali ini Cosmo ingin membantu kamu untuk menemukan tujuan hidupmu yang selama ini kamu cari-cari dengan memberikan tiga panduan ini!

    1. Apa yang paling membebani pikiranmu?

     
    Bagi sebagian orang, mereka merasa tersentuh saat melihat anak-anak kecil di jalanan. Namun, ada juga yang tidak terganggu oleh hal-hal itu melainkan terganggu dengan keadaan ekonomi di Indonesia yang tidak stabil. Biasanya hal yang menjadi perhatian utama atau concern kita berhubungan dengan tujuan hidup kita di dunia ini. Semisal: Kamu terganggu dengan pendidikan di negaramu yang masih belum merata, mungkin saja kamu terpanggil untuk membuka sekolah-sekolah di pedalaman atau mungkin mengajar ke pelosok daerah! Coba pikirkan apa yang selama ini ada di benakmu dan mengganggu pikiranmu, karena apa yang kita pikirkan itu biasanya menunjukan concern atau kepedulian kita terhadap hal tersebut. Bisa saja hal itu sesederhana mendengarkan orang yang sedang mengalami masalah atau mengunjungi orang-orang sakit. Ingat, kita semua pasti memiliki tujuan hidup dan tujuan hidup dari seseorang tidaklah lebih besar atau lebih kecil dari orang lain. We're given different callings and when we fulfill them, our purpose is fulfilled!

    2. Apa yang senang kamu lakukan?


    Tujuan hidup kita tidaklah jauh dari passion. Bila kamu menyukai anak-anak dan pendidikan, mungkin saja kamu terpanggil untuk menjadi seorang guru. Bisa juga tidak. Karena pendidikan adalah bidang yang luas, mungkin kamu terpanggil menjadi business woman yang membiayai pembangunan sekolah-sekolah di pedalaman atau sebagai arsitek yang membuat bangunan sekolah secara gratis. Intinya, tujuan hidup kita bisa dihubungkan dengan bidang yang kita minati. Seperti contoh di atas, bila kamu sudah menemukan hal yang kamu senangi, akan lebih mudah untuk mendapatkan tujuan hidupmu yang sesungguhnya. Jadi, jika kamu tersentuh dengan anak-anak jalanan, belum tentu kamu harus membangun sebuah yayasan atau panti asuhan, bisa saja kamu terpanggil untuk membuat pusat pelatihan anak! Explore yourself more!





    3. Apa talenta yang kamu miliki?


    Kamu merasa terpanggil sebagai penyanyi namun kamu sendiri tidak bisa membaca not musik dengan benar? Mungkin saja kamu selama ini salah. Cosmo tidak bermaksud untuk mengecilkan hati kamu, tetapi pada umumnya tujuan hidup yang diberikan kepada kita sesuai dengan talenta. Bila kamu memiliki talenta dalam menulis dan kamu terpanggil untuk menolong orang-orang yang susah, mungkin tujuan hidupmu adalah untuk mengangkat cerita ke dalam sebuah tulisan agar bisa menginspirasi masyarakat luas dan menolong mereka yang kesusahan dari hasil jerih payah tulisanmu. Yang pasti, Tuhan telah memberikan sebuah talenta. Ada yang diberikan talenta untuk menulis, berorganisasi, bernyanyi, menari, membuat usaha, menggambar, menolong orang yang kesusahan dan masih banyak lagi. Jangan pernah membanding-bandingkan talenta yang kamu miliki dengan orang lain! Dengan demikian, kamu bisa fokus dalam memenuhi tujuan hidupmu.


    Okay, girls! Kira-kira itu dia tiga panduan dari Cosmo yang bisa kamu tanyakan pada dirimu masing-masing untuk menolongmu menemukan tujuan hidup. Bisa bayangkan bila masing-masing kita memenuhi tujuan hidup kita dan tidak sibuk mengurusi kehidupan orang lain yang bukan bagian kita? This world will definitely become a better place!


    Dok. Image: Lauren Fleischmann/www.unsplash.com