Lifestyle

Cara Mengatur Keuangan untuk Persiapan Liburan

  by: Kezia Calesta       30/10/2018
  • Girls, apakah kamu sudah siap untuk berlibur lagi? We know you’re ready! Kamu tidak perlu mengkhawatirkan pengeluaran yang berlebihan, karena Cosmo akan memberikan tips untuk mengatur keuangan untuk kebutuhan liburan agar kamu tetap bisa enjoy tanpa melewati budget.


    1. Sisihkan gaji setiap bulan

    First things first – bila ingin berlibur, kamu wajib menabung terlebih dulu. Meskipun kamu belum membuat rencana liburan, tidak ada salahnya kamu menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung, kan? Ingat, langsung pisahkan tabungan liburan dari rekeningmu agar kamu tidak tergoda untuk menghabiskannya sekarang juga! Dengan begitu, saat kamu ingin booking tiket pesawat, kamu sudah memiliki budget untuk langsung membelinya. Atau, jika kamu sudah punya rencana liburan, kamu juga bisa memanfaatkan program cicilan 0% yang ditawarkan oleh kartu kredit yang kamu miliki untuk pembelian tiket pesawat atau booking hotel.




    2. Rajin hunting tiket pesawat & promo spesial

    Ingin mendapat tiket pesawat murah? Kunci dari Cosmo adalah mencari tanggal low-season yang tidak mendekati musim liburan. Manfaatkan juga promosi tiket pesawat yang sering muncul di situs online atau travel fair, dan jangan lupa untuk membandingkan harga dengan situs atau vendor lainnya. Jika alasanmu adalah “duh, tapi saya kan harus bekerja”, cek dulu jatah cutimu dari kantor. Bila kamu masih memiliki jatah cuti yang cukup banyak, it’s time to make use of it - tentukan saja tanggal yang aman di mana liburan tidak akan bentrok dengan deadline


    3. Cari penginapan terpercaya via aplikasi online

    Untuk membuat biaya liburan semakin terjangkau, carilah akomodasi murah dan terpercaya lewat aplikasi online seperti Airbnb, Booking.com atau ZEN Rooms. Bila kamu memiliki extra budget untuk menginap di hotel, cek dulu situs hotel tersebut karena mereka sering memberikan promosi lewat website booking!


    4. Bikin itinerary secara detil

    Plan your vacation, girls. Spontaneous trip memang terdengar seru dan fearless, namun itu berarti kamu juga akan mengeluarkan biaya lebih banyak akibat tidak melakukan riset sebelumnya. Buatlah itinerary perjalanan secara detil dan tentukan budget agar pengeluaranmu sesuai, dan carilah tempat-tempat unik yang wajib kamu kunjungi di sana.


    5. Cari tempat wisata yang harganya terjangkau

    Apalah arti liburan bila kamu tidak menyisihkan waktu untuk sightseeing? Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburanmu di tempat-tempat cantik yang Instagrammable. Lakukan dulu riset tentang tempat hits yang sedang trending di kota tersebut, kemudian cek harga tiket masuknya untuk dicatat di daftar pengeluaranmu. Psst, tiket atraksi seringkali dijual lebih murah online, dan ada berbagai promosi yang disediakan khusus untuk turis!


    6. Cari jasa transport murah yang sesuai

    Jangan meremehkan urusan transport saat traveling ke luar negeri, girls. Tarif taksi seringkali memakan biaya yang sangat mahal, maka ada baiknya kamu mencari alternatif lain yang tidak membuat kantung bolong. Bila kamu tidak ingin naik transportasi umum setiap hari, kamu juga bisa mencari jasa sewa mobil yang menyediakan driver lokal terpercaya. Meskipun ongkosnya tidak semurah transportasi umum, kamu akan menghemat waktu dan tenaga karena kamu jadi tidak perlu repot mencari transport setiap kali ingin berpindah dari satu tempat ke lainnya.




    7. Manfaatkan promo kartu kredit yang pas

    Good news for holiday seekers! Ada kartu kredit yang pas dengan kebutuhanmu sebagai seorang milenial yang gemar traveling. Kartu kredit UOB YOLO menawarkan beragam fitur yang ideal untuk traveling dan aktivitasmu sehari-hari:


    Cicilan 0% Hotel & Travel

    Fitur yang satu ini cocok banget untuk kamu yang sedang merencanakan liburan. Kamu bisa memanfaatkan cicilan 0% hingga 6 bulan untuk booking tiket pesawat atau kamar hotel baik secara online maupun di travel agent mana saja. Caranya setelah transaksi dengan YOLO Card mu langsung telepon ke UOB 14008 untuk mengubah menjadi cicilan.


    Free Grab Rides

    Biaya transportasi menuju dan dari airport-mu bisa lebih irit. Semakin sering kamu menggunakan YOLO Card, semakin banyak voucher Grab yang bisa kamu peroleh. Karena setiap melakukan 5 kali pembelanjaan ritel per bulan dengan nilai minimal Rp100.000 per transaksi, kamu akan mendapatkan e-voucher Grab senilai Rp20ribu. And yes, hadiah e-voucher Grab ini berlaku kelipatan dan tanpa batasan.


    Gratis Iuran Tahunan

    Pastikan kamu menggunakan YOLO Card dimanapun dan kapanpun, termasuk untuk persiapan dan saat traveling. Karena, iuran tahunan YOLO Card akan Gratis jika setiap bulan kamu aktif menggunakan YOLO Card. 


    Daily Deals

    Temukan juga penawaran menarik setiap hari untuk makan, minum, nonton, belanja online, travel, dan banyak lagi dengan menggunakan YOLO Card. Ditambah lagi, jika kamu sering traveling ke Singapura, kamu bisa lebih berhemat dengan menikmati berbagai promo UOB Regional Privilege yang berlaku di Negara Singa tersebut. Mulai dari promo di hotel, restoran, café, mall sampai tempat atraksi seru! Untuk informasi tentang keseruan produk dan penawaran UOB YOLO Card lainnya, kunjungi website www.uob.co.id/YOLO dan follow akun Instagram @uobcards.id!


    (Image: doc. Designed by Freepik)