Lifestyle

Ternyata, Ini Waktu Terbaik Mengunggah Foto di Instagram!

  by: Giovani Untari       1/10/2019
  • Kita tahu bahwa self worth atas diri kita seharusnya memang tidak diukur berdasarkan berapa banyak jumlah likes yang diterima di Instagram. Tetapi ada kalanya kita merasa senang bukan jika caption lucu atau foto momen spesial milik kita mendapatkan perhatian yang seharusnya.

    Dengan algoritma Instagram yang tricky, rasanya tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui mengapa sejumlah foto bisa mendapat likes lebih dibandingkan yang lain, sehingga para pengguna pun sepakat mempertanyakan sebuah hal yang sama: “Kapan waktu terbaik untuk mengunggah foto demi mendapat engagement yang optimal?”





    Apakah saat pagi hari saat followers kamu sedang berada di perjalanan? Selama makan siang? Atau sebelum Anda mematikan smartphone untuk tidur? Setelah menganalis 12 juta foto Instagram, sebuah marketing platform Later.com (via Bustle) memutuskan bahwa waktu terbaik menggunggah konten di Instagram adalah di antara jam 9 – 11 pagi.


    Tentu saja, perlu dicatat bahwa ini tergantung pula di mana mayoritas pengikut kamu berasal, dan apakah zona waktu mereka sejalan dengan zona waktu Anda. Sebagai contoh, 9 pagi pada zona waktu EST sebenarnya merupakan jam 1 malam berdasarkan zona GMT, sedangkan 11:00 zona GMT adalah 4:00 PDT. Yeah, it's confusing.



    Menariknya, Forbes pun menemukan hal yang berlawanan dengan hal tersebut, di mana menurut mereka waktu terbaik mengunggah konten Instagram adalah jam 9 pagi – 6 malam, setiap hari mulai dari hari Selasa hingga Jumat. Mereka menyarankan bahwa banyak pengguna Instagram yang terlalu sibuk saat weekends untuk memeriksa feeds mereka, dan cenderung menyukai postingan kamu di siang hari ketimbang malam hari. 

    Ini juga bertolak belakang dengan apa yang @_jessdavies, seorang vlogger dan blogger yang memiliki followers sebanyak 148.000 di Instagram katakan pada Cosmpolitan UK. Di mana jika berhubungan dengan jadwal konten pribadinya, ia menemukan fakta bahwa mengunggah konten di jam 18.00 – 24.00 GMT adalah waktu yang terbaik baginya.





    “Saya selalu mencoba dan mengunggah mulai dari jam 6 malam, di mana ini merupakan level tertinggi dari engagement saya,” jelas Jess. “Pada waktu tersebut, saya tahu sejumlah followers saya sedang berada di perjalanan pulang ke rumah dari kantor mereka atau duduk di sofa sembari bermain media sosial mereka!”

    Blogger tersebut juga ternyata mempertimbangkan mengenai masalah zona waktu. “Dengan Instagram yang mampu menjangkau secara worldwide, banyak followers saya yang berasal dari Amerika, sehingga saya pun turut memikirkan hal tersebut saat menggunggah sesuatu.”

    “Meski, dengan algoritma terbaru dari Instagram, postingan kamu dapat muncul di Timeline hingga dua hari sejak menggunggah waktu penggunggahan tetapi terkadang hal ini tidak berpengaruh pada engagement dan zona waktu!”



    Yang terpenting, it’s all a bit of a minefield. Tetapi melihat kegembiraan dari Instagram seharusnya datang dari kamu bisa membagikan sejumlah foto yang kamu sukai ketimbang mendapatkan banyak likes, it’s all just fun and games, right?


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK/ Perubahan telah dilakukan editor/ Alih bahasa: Giovani Untari/ Image: Unsplash.com, Tenor.com).