Love & Sex

6 Ciri-ciri Kamu Siap Pacaran Lagi Setelah Putus

  by: Alvin Yoga       2/10/2019
  • Okay, for real. Bagaimana seseorang bisa tahu kalau ia sudah siap untuk pacaran lagi setelah putus?

    Sulit untuk benar-benar mengetahui kapan kamu siap untuk punya pasangan baru, pun tak ada ukuran waktu yang pasti untuk hal ini. Namun kalau kamu penasaran, sebenarnya ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan bahwa kamu sudah move on, dan siap untuk bertemu dengan orang baru.

    Di bawah ini terdapat enam tanda yang berhasil Cosmo kumpulkan dari beberapa ahli relationship. Kalau kamu tidak bisa menjawab tiga dari tanda ini dengan jawaban "ya", berarti kamu masih butuh waktu untuk sendiri dan sebaiknya fokus saja dulu untuk menyembuhkan hatimu yang terluka. Tapi jika kamu bisa dengan percaya diri berkata "done and done" untuk setidaknya empat tanda di bawah ini, then congrats! Saatnya kembali "memancing" pria-pria di luar sana.






    1. Gagasan untuk memiliki seseorang di sampingmu tak membuatmu takut
    To be clear, bukan berarti kamu LANGSUNG mencari seseorang (sebagai "pelampiasan") hanya karena kamu butuh sosok seorang pria untuk menggantikan kehadiran sang mantan (trust us, ini bukanlah cara terbaik untuk move on dari seseorang). Gagasan di sini maksudnya adalah kamu kembali ke fase awal percintaan, di mana kamu kembali deg-degan ketika melihat seorang pria eksmud yang lewat, tak lagi mengunggah tweet dengan tagar #datingistrash, serta rela membuang waktu demi stalking incaran di media sosial. Kalau kamu sudah berada di fase ini, berarti kamu siap punya plus one lagi.

    2. Kamu merasa bahagia saat mengetahui ada seseorang yang mengincarmu
    "Kebanyakan perempuan yang baru saja putus tidak menyadari (dan kurang peduli) ketika ada pria lain yang mengincar mereka," ujar dating dan relationship expert Lesley Edwards. Ingatkah kamu momen-momen ketika kamu berkata "No" ketika temanmu ingin mengenalkanmu dengan seorang pria? Kalau sekarang kamu bisa berkata "Well, lumayan juga" atau "Wah, boleh tuh!", ini berarti kamu sudah melewati fase-fase "kritis", dan siap untuk memulai hubungan baru.

    3. Kamu gugup ketika bertemu seorang pria
    Bukan gugup seperti kamu ingin kabur dari atas panggung. Gugup dalam hal ini seperti...campuran antara rasa senang dan deg-degan. Terutama ketika kamu berusaha untuk tampil flirty di depan si dia. Kalimat-kalimat seperti "Hmm... kira-kira apa ya reaksinya?" pun muncul di kepalamu, menggantikan kalimat "(Mantan) sedang apa, ya?" Kalau hal ini terjadi padamu, berarti kamu siap punya pasangan baru.

    4. Kamu tak lagi mengingat momen-momen bersama sang mantan
    "Alih-alih memikirkan masa lalumu dengan sang mantan, kamu mulai berpikir soal masa depan," ujar Lesley. Ini berarti kamu tak lagi menyanyikan lagu-lagu Adele sendirian di dalam kamar, move on dari Thank You, Next Ariana Grande (karena kamu tak mau lagi menghabiskan waktu untuk memikirkan mantan), dan lebih sering mendengarkan lagu-lagu Beyonce seperti Single Ladies (Put A Ring On It). Kamu juga sadar bahwa hidupmu lebih baik tanpa sang matan, dan mulai memikirkan masa depan yang lebih cerah dengan memikirkan pria baru yang sesuai kriteriamu.

    5. Pergi (literally) sendirian ternyata bukan suatu hal yang buruk buatmu
    Normal-normal saja kalau kamu merasa kesepian setelah kamu putus—di saat-saat seperti ini kamu sebaiknya menghabiskan waktu dengan sahabat terbaikmu dan meluapkan isi hatimu pada mereka. Tapi kalau kamu mulai merasa bahwa kamu bisa mandiri dan tak masalah untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai sendirian—sebut saja menonton film sendirian di bioskop, atau window shopping di mal—tanpa merasa kesepian atau "mati gaya", berarti kamu sudah move on dari sang mantan.

    6. Kamu lebih banyak berkata "ya" dibanding "tidak"
    Tak cuma berkata "Oke, boleh" ketika temanmu berusaha untuk mengenalkanmu pada seorang pria, tapi kamu juga lebih sering berkata "ya" untuk hal-hal lain secara umum. Alih-alih the girls "menarikmu" keluar kamar, justru kamu yang mengajak mereka untuk hangout di akhir pekan. Well well well, cheers ladies. You deserve a toast because you, my friend, are ready to start dating again. Congrats!

    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Goran Bogicevic©123RF.com)