Lifestyle

Daftar Film Terbaru Bulan Oktober 2019 yang Wajib Ditonton

  by: Alvin Yoga       3/10/2019
  • Musim gugur akhirnya tiba, menandakan film-film bertemakan thriller, misteri dan horor siap muncul di pasar layar lebar. Di Oktober 2019 ini, ada film horor terbaru dari Joko Anwar, Perempuan Tanah Jahanam, yang bisa kamu saksikan di bioskop. Selain itu juga ada film horor komedi animasi berjudul The Addams Family, serta film thriller hitam-putih The Lighthouse yang diperankan oleh Willem Dafoe serta Robert Pattinson. Ingin tahu daftar lengkap film terbaru yang harus kamu tonton di bulan Oktober 2019 ini? Simak!


    1. Joker



    Diangkat dari komik ternama DC Comics, film ini menceritakan asal mula perjalanan Arthur Fleck, serta alasan dibalik keputusannya menjadi Joker. Sakit mental, gagal menjadi stand-up comedian, serta ditolak oleh masyarakat karena miskin dan aneh, ia kemudian memilih untuk menjadi kriminal. Film ini berhasil menuai pujian dari para kritikus film berkat penampilan yang memukau dari Joaquin Phoenix. 

    "I used to think my life was a tragedy, but now I realize it's a comedy" - Arthur Fleck, Joker.


    2. Bebas

    Film yang disutradarai oleh Riri Riza dan diproduseri oleh Mira Lesmana ini merupakan remake dari film asal Korea Selatan, Sunny, yang sempat rilis pada tahun 2011 silam. Judul filmnya sendiri dibuat berbeda, dan diilhami dari lagu berjudul sama oleh Iwa K - yang menurut Mira Lesmana mewakili gambaran yang sama dengan film ini. Berlatar tahun 90an, film ini menceritakan kehidupan lima perempuan dan satu pria yang menjadi teman baik selama di SMA. Sayang, sebuah peristiwa kemudian memisahkan mereka, membuat masing-masing sibuk dengan kehidupannya sendiri-sendiri. Dua puluh tiga tahun kemudian, keenam sahabat tersebut kembali berkumpul bersama, setelah mengetahui bahwa salah satu dari mereka sakit keras.

    Dalam penggarapan film ini, kabarnya Mira Lesmana ditawarkan langsung oleh pihak CJ Entertainment dari Korea Selatan. Mira menuturkan, CJ Entertainment membebaskan dirinya untuk melakukan penyesuaian agar film tersebut sesuai dengan gaya hidup masyarakat Indonesia. Psst, CJ Entertainment juga dikabarkan mengeluarkan dana sebesar $1 juta (Rp14 miliar) sebagai biaya produksi film ini. Menampilkan sederet aktris dan aktor papan atas Indonesia mulai dari Marsha Timothy, Susan Bachtiar, Indy Barends, Sheryl Sheinafia, Baim Wong, serta Baskara Mahendra, film ini bisa menjadi tontonan yang menghibur bersama sahabat-sahabat terbaik.


    3. The Addams Family

    Bercerita mengenai kehidupan keluarga Addams yang mulai rumit setelah mereka pindah ke New Jersey. Mereka kini harus menghadapi seorang pembawa acara televisi, Margaux Needler, yang serakah, arogan dan licik, yang berusaha untuk mencari tahu rahasia keluarga mereka. Di sisi lain, keluarga Addams juga berusaha untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, sambil mempersiapkan sebuah perayaan spesial untuk keluarga besar mereka. Diisi oleh sederet bintang papan atas: Charlize Theron, Oscar Isaac, Chloe Grace Moretz, serta Finn Wolfhard, film ini horor komedi ini akan mengocok perutmu!


    4. Perempuan Tanah Jahanam

    Sutradara terkenal Joko Anwar kembali merilis sebuah film horor baru dengan Tara Basro, Christine Hakim, Marissa Anita, Asmara Abigail, serta Ario Bayu di jajaran pemainnya. Kisahnya sendiri berfokus pada dua perempuan, yaitu Maya dan Dini. Setelah selamat dari sebuah upaya pembunuhan di kota, Maya, seorang perempuan yang sering mengalami nasib buruk, akhirnya mendapat sebuah kabar baik bahwa ia mewarisi sebuah rumah di desa keluarganya.

    Bahagia mendengar kabar tersebut, Maya kemudian memutuskan untuk kembali ke desa kelahirannya bersama dengan sahabatnya semasa di kota, Dini. Sayang, Maya tidak menyadari akan malapetaka yang sedang menghantuinya. Truth is, masyarakat desa tersebut sedang berusaha untuk menemukan dan membunuh Maya demi menghilangkan kutukan yang telah melanda desa tersebut selama bertahun-tahun. Sedikit demi sedikit, Maya mulai menyadari situasi buruk yang sedang ia hadapi, dan bertekad untuk mengungkap kenyataan rumit tentang masa lalunya serta berjuang demi nyawanya.


    5. Terminator: Dark Fate

    28 tahun setelah Terminator 2: Judgement Day dirilis, James Cameron akhirnya kembali tampil di franchise Terminator dengan menghadirkan sekuel keenam. Menurut kabar yang tersiar, film-film dari Terminator lainnya yaitu Terminator 3: Rise of the Machines, Terminator Salvation dan Terminator Genisys kini dianggap sebagai alternate timelines karena dibuat tanpa kehadiran Cameron. Ini berarti Terminator: Dark Fate merupakan sekuel langsung dari Terminator 2: Judgement Day yang dirilis pada 1991 silam. Linda Hamilton, Arnold Schwarzenegger, dan Edward Furlong kembali hadir memerankan karakter mereka sebagai Sarah Connor, T-800 "Terminator", dan John Connor, 28 tahun setelah film kedua Terminator dirilis.



    Ceritanya sendiri berpusat pada 27 tahun setelah peristiwa Terminator 2: Judgment Day, di mana sebuah Terminator modifikasi terbaru, Rev-9, dikirim dari masa depan oleh Skynet untuk melenyapkan Dani Ramos, seorang manusia-hybrid-cyborg, dan teman-temannya. Sarah Connor datang untuk membantu kelompok Dani Ramos, namun kali ini, ia tak sendirian. Bekerja sama dengan musuh terbesarnya, sang Terminator pertama T-800, mereka berjuang melawan Rev-9 demi memperjuangkan masa depan manusia.

    Beberapa pemain baru seperti Mackenzie Davis, Natalia Reyes, Gabriel Luna dan Diego Boneta muncul memerankan karakter baru di sekuel ini.


    6. Susi Susanti: Love All

    Untuk kamu para penggemar bulu tangkis, kamu wajib menonton film yang mengisahkan perjalanan hidup atlet bulu tangkis, Susi Susanti, ini. Ceritanya akan berpusat pada masa kecil Susi Susanti hingga ia tumbuh besar menjadi seorang atlet nasional bulu tangkis putri Indonesia. Tak hanya itu, film ini juga akan menceritakan perjuangan Susi Susanti ketika ia berusaha meraih medali emas di Olimpiade Musim Panas 1992 Barcelona. Film ini dibintangi oleh Laura Basuki sebagai Susi Susanti, Dion Wiyoko sebagai Alan Budikusuma, serta sederet bintang ternama seperti Lukman Sardi, Chew Kin Wah, serta Kelly Tandiono.


    7. Maleficent: Mistress of Evil

    Lima tahun setelah sang Ratu Moors, Maleficent, kembali mendapatkan sayapnya dan menjadi godmother untuk Aurora, ia mendapat kabar bahwa Aurora menerima lamaran pernikahan Pangeran Philip. Protektif terhadap manusia yang ia anggap sebagai anaknya sendiri, ia kemudian meragukan keputusan Aurora tersebut.

    Tanpa mereka ketahui, ibu Pangeran Philip, Ratu Ingrith, ternyata memiliki rencana buruk. Sadar bahwa Aurora adalah kunci dari awal rencana jahatnya, Ratu Ingrith kemudian berniat untuk menggunakan pernikahan anaknya tersebut demi memisahkan dunia manusia dan peri untuk selamanya.

    Berada di dua kubu yang berbeda pada perang tersebut, Maleficent dan Aurora mulai mempertanyakan apakah mereka benar-benar sebuah keluarga sejati, dan apakah manusia dan peri bisa hidup berdampingan selamanya.

    Angelina Jolie, Elle Fanning, Sam Riley, Imelda Staunton, Juno Temple, dan Lesley Manville kembali memerankan tokoh Maleficent, Aurora, Diaval, serta ketiga fairy godmother Knotgrass, Thistlewit, dan Flittle. Harris Dickinson menggantikan Brenton Thwaites sebagai Pangeran Philip, sedangkan Chiwetel Ejiofor, Ed Skrein, dan Michelle Pfeiffer hadir memerankan tokoh baru.


    8. The Lighthouse

    Berhasil menuai pujian pada Cannes Film Festival, film thriller dengan format hitam-putih ini menceritakan kisah dua penjaga mercusuar di sebuah pulau terpencil di New England pada tahun 1890. Jauh dari peradaban, perlahan kedua penjaga mercusuar tersebut mulai kehilangan kewarasan, dan masing-masing mulai menaruh rasa curiga satu sama lain. Akting yang memukau dari Willem Dafoe dan Robert Pattinson pada film ini berhasil mendapat respon positif dari para kritikus film.


    Jadi, film apa saja yang akan kamu tonton pada bulan ini, dear?

    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Outnow.ch)