Lifestyle

IdeaFest 2019 Menghadirkan Atmosfer Kreatif selama 4 Hari!

  by: Givania Diwiya Citta       8/10/2019
  • Mulai dari 3 sampai 6 Oktober 2019 berlokasi di Jakarta Convention Center, Jakarta, festival kreatif IdeaFest yang sudah memasuki tahun ke-7 ini sukses digelar secara meriah. Setelah resmi dibuka selepas press conference pada hari pertama, rangkaian program acara pun berangsur dihelat secara kohesif. Apa saja yang menjadi sorotan dalam IdeaFest 2019 kali ini? Simak pengamatan Cosmo berikut!


    Day 1





    Hari ini diisi oleh konten acara kreatif yang berfokus pada kuliner. It’s all about food, y’all! Dalam program acara IdeaFoodX yang terbagi-bagi dalam beberapa sesi hari itu, berbagai insight mendalam tentang bisnis kuliner serta industrinya dipaparkan oleh nama-nama besar pegelutnya. Di antaranya Steven Kim selaku Co-Founder dan CEO dari Qraved yang berbagi mengenai bagaimana mobile digital mengubah pemasaran bagi restoran-restoran di era hari ini. Ada pula sesi bahasan tentang bagaimana tren kuliner tercetak berkat peran kreatif restaurateur sampai food content creator, seperti yang dibagikan Ken dan Grat selaku food youtuber serta Michael Chrisyanto selaku Chief of Branding and Design dari Eatlah. Tak hanya itu, ada pula area Food and Beverage Bazaar yang diisi oleh hampir 40 tenant makanan dan minuman merek lokal yang bisa dieksplor hingga tiga hari ke depan. Yum!


    Day 2



    Sesi Conference jadi primadona hari ini! Karena mulai dari pagi hari pukul 10, sampai malam tiba pada pukul 7, berbagai bintang lintas industri mulai dari film, teknologi, sampai pemerintahan berbagi tentang ilmunya di sini. Di antaranya adalah Mira Lesmana dan Riri Riza yang berbagi tentang caranya menjadi independen dalam menciptakan karya yang orisinal, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga hadir berbagi tentang peran pemimpin muda dalam pemerintahan, sampai puncaknya ditutup oleh presentasi Zach King sang digital magician di YouTube yang membocorkan rahasianya dalam menggarap video-video kreatifnya. Bahkan ia langsung mempraktikan salah satu triknya di sesi ini, lho, we’re stunned!


    Day 3





    Program IdeaTalks digelar di hari ini sampai keesokan harinya. Namun yang perlu diketahui, ada 10 kelas dengan masing-masing tujuh topik yang bisa dihadiri setiap harinya! Yes, program ini memanglah diciptakan untuk mengakomodasi sharing session yang lebih mendalam agar peserta mendapat kesempatan untuk belajar dan bertanya secara langsung pada para speakers. Dalam format workshop, seminar, talkshow, ada 70 topik yang merentang mulai dari bisnis, desain, sampai film yang bisa digali. Di antaranya adalah seminar tentang produksi film dulu dan kini di Indonesia oleh aktris Dian Sastrowardoyo serta produser Shanty Harmayn, lalu bahasan tentang tantangan menciptakan rangkaian sinema Bumi Langit oleh Joko Anwar, sampai bagaimana cara membuat bisnis menjadi kuat lewat kacamata investor oleh Ashraf Sinclair.



    Selain itu, area IdeaXperience juga menawarkan keseruan yang memantik kreativitas pengunjung. Ada sederet instalasi kreatif yang menawarkan game sampai ekshibisi produk yang intriguing. Mulai dari instalasi Gundala yang seolah membawa kita ke alam semesta komiknya, permainan tasting sampai aksi panjat di instalasi Rumah Indofood, hingga berbagai karya produk hasil kreasi kolaborasi berbagai insan kreatif generasi muda yang bisa dieksplor di Blibli O2O Market. Tak ketinggalan meramaikan acara, ada pula program musik yang diisi oleh performa Maliq & D’Essential sampai The Groove setiap malamnya. Thriving!


    Day 4



    Tiba di penghujung rangkaian IdeaFest 2019, hari ini IdeaTalks masih menjadi sorotan utamanya. Masih ada puluhan kurasi topik yang disajikan, tentunya dengan para speakers yang ahli di bidangnya. Di antaranya adalah sesi yang dimoderatori Iwet Ramadhan dalam Podcasting 101 tentang cara ‘siaran’ dengan konten yang otentik, hingga Kennedy Ashinze yang memimpin panel dengan bahasan diversity, creativity, dan inclusivity yang dimiliki Jakarta. Nyatanya, tema besar #KebanggaanIndonesia yang diusung IdeaFest tahun ini memanglah diimplementasikan pada setiap program acara yang dihelatnya. Membuat setiap pengunjung serta peserta mampu tertular semangat yang sama, dan membekali ilmu-ilmu kreatif yang dibutuhkan para generasi muda hari ini untuk berkarya dalam bidangnya masing-masing. Kudos!


    (Givania Diwiya / Image: Dok. Instagram @ideafestid / Layout: S. Dewantara)