Better You

8 Tips dan Trik yang Membuat Diet Terasa Mudah

  by: Kissy Aprilia       9/10/2019
  • Apakah, selama ini kamu selalu beranggapan bahwa diet merupakan kegiatan yang menyiksa diri atau kamu akan kehilangan semua makanan lezat? Menahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan berpotensi membuat badanmu naik memang sulit, apalagi jika kamu hobi kulineran. Tapi sebenarnya, diet bisa dilakukan dengan mudah dan menyenangkan lho. Simak tips dan trik agar dietmu terasa mudah!


    1. Perhatikan Porsi Makan

    Dietmu akan berkerja dengan baik jika energi yang kamu konsumsi lebih sedikit dibandingkan dengan energi yang kamu keluarkan. So keep your portions smaller, ya! 




    2. Makanlah Secara Perlahan

    Biasakan  makan secara perlahan-lahan. Hal ini ternyata cukup efektif untuk membantu mengurangi berat badanmu. Menurut penelitian, otak kita memerlukan waktu untuk menyadari bahwa tubuh sudah tidak lapar. Apabila kamu makan terlalu cepat, kemungkinan otak tidak akan bisa mencatat banyaknya makanan yang telah kamu konsumsi. Jadi, jangan makan terlalu cepat ya!


    3. Konsumsi Protein

    Setiap menu makanan yang kamu konsumsi harus mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein dibutuhkan tubuh tidak hanya untuk dibuahnya menjadi energi tapi juga membantu metabolisme dan menjaga setiap fungsi organ tubuh.


    4. Olahraga Secara Teratur

    Tak harus olahraga yang berat, kamu juga bisa lakukan olahraga yang ringan, kok. Intinya, selalu imbangi diet kamu dengan olahraga. Pasalnya, olahraga tak hanya mampu membantu mengencangkan kembali otot-otot dan mamadatkan massa tulang saja, tapi juga membuat badan kamu lebih segar dan fit. 




    5. Kurangi Makanan dan Minuman Manis

    Makanan yang mengandung gula yang tinggi biasanya juga mengandung kalori yang tinggi. Hal ini membuat kadar gula yang tidak terpakai oleh sel tubuh akan tertimbun dalam bentuk lemak. Maka dari itu, mengurangi konsumsi gula dapat membantu tubuh menggunakan cadangan lemak sebagai energi. Inilah sebabnya kamu perlu mengurangi makanan dan minuman manis. 


    6. Tingkatkan Konsumsi Makanan Kaya Serat

    Makanan berserat seperti havermut, paprika, beras cokelat, dan kacang-kacangan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Dengan begitu, kamu akan merasa kenyang dengan cepat dan lebih lama, dan keinginan untuk mengemil akan tertahan! Selain itu, makanan tinggi serat (khususnya, chia seeds) juga melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi.


    7. Tukar Camilan dengan Makanan Sehat.

    Apa sih, hal terburuk yang akan terjadi jika kamu menukar satu bungkus keripik kentang dengan camilan yang lebih sehat? Tidak ada! Justru dengan menyantap camilan seperti apel atau roti gandum dengan selai kacang, your body will thank you. Kamu tidak hanya mengisi perut dengan santapan bernutrisi, tetapi juga mengurangi konsumsi MSG yang berbahaya untuk kesehatan!


    8. Jangan Biarkan Tubuh Dehidrasi

    Ternyata memiliki kebiasaan meminum banyak air putih dapat menurunkan body mass index, riset telah membuktikan bahwa meminum lebih banyak air putih (2-3 liter dalam sehari) bisa menurunkan berat badan, karena pencernaan menjadi semakin lancar dan kamu juga akan lebih sering berjalan ke kamar mandi untuk membuang air kecil! But seriously, konsumsi air putih yang cukup harus dijadikan prioritas jika kamu ingin tubuh dan kulit yang sehat, ya!