Beauty

Rekomendasi Produk Centella Asiatica untuk 7 Tipe Kulit

  by: Shamira Priyanka Natanagara       10/10/2019
  • Kalau kamu seorang skincare enthusiast, tentu saja sudah pernah mendengar tentang 'cica' atau 'centella asiatica' (dalam bahasa Indonesia disebut daun pegagan). Bahan alami ini dapat ditemukan di berbagai produk perawatan kulit, terutama produk skincare asal Korea. Dan wajar saja centella asiatica digemari banyak orang, karena manfaatnya sungguh beragam, di antaranya bagus untkuk menjaga kelembapan kulit, mengatasi iritasi dan kemerahan pada kulit, serta menghilangkan luka bekas jerawat.

    Manfaatnya yang beragam membuat centella asiatica aman untuk semua jenis kulit. Namun jangan salah pilih, girls, pastikan kamu menggunakan produk centella asiatica yang telah diformulasikan sesuai dengan kulitmu. Berikut adalah tujuh produk centella asiatica untuk tujuh tipe kulit yang berbeda. Mari kita simak agar kamu tidak salah pilih!




    1. Kulit Normal

    Eits, siapa bilang kulit tipe normal tidak perlu dirawat? Agar kulit wajah tetap dalam kondisi prima, gunakan Laneige Cica Sleeping Mask sebelum tidur. Ketika kamu bangun pada pagi hari, kulitmu akan terasa lebih lembut, segar, dan kenyal. Dengan kandungan Forest Yeast yang diperoleh dari centella asiatica, masker ini berguna untuk meningkatkan kondisi lapisan kulit dan mengatasi iritasi kulit. 

    Where to buy? Althea Korea Indonesia 

    Harga: Rp361.000,-.


    2. Kulit Berminyak


    Ternyata produk makeup pun ada yang mengandung centella asiatica, lho! Meet Perfect Sebum Centella Mineral Powder dari COSRX. Bedak tabur ini memiliki kemasan kecil yang praktis untuk dibawa bepergian, jadi kamu bisa menyediakannya di dalam tas untuk touch-up pada siang hari. Menariknya lagi, formula bedak ini telah dirancang untuk mengontrol minyak berlebih, dan teksturnya yang ringan tidak akan membuat wajahmu tampak cakey. 

    Where to buy? Sociolla

    Harga: Rp120.000,-.


    3. Kulit Kering

    Setelah sibuk beraktivitas seharian, tentu saja kulitmu yang kering lebih mudah ‘haus’ dibanding jenis kulit lainnya. Oleh karena itu, Cosmo sarankan untu menggunakan Ice Bear Cica Mask dari SNP agar kulit lebih segar! Sheet mask ini mampu menenangkan kulit wajah, serta membuat lembut dan segar. Setiap lembar masker ini mengandung essence yang diperkaya dengan centella asiatica yang mampu menjaga kelembapan kulit, dan ada pula ekstrak bunga chamomile dan bunga lavender yang bagus untuk mengatasi iritasi pada kulit. 

    Where to buy? Sociolla 

    Harga: Rp28.500,-.


    4. Kulit Kombinasi


    Ketika sebagian area wajahmu berminyak dan sisanya kering, merawat kulit wajah bisa menjadi hal yang tricky. Pastinya kamu ingin menginginkan yang terbaik untuk kedua kondisi tersebut, kan? Nah, agar kulitmu yang berjenis kombinasi memiliki kelembapan yang pas, kamu bisa mencoba Fresh Cica Plus Clear Toner dari Nacific. Toner ini diklaim mampu menghidrasi sekaligus menyeimbangkan kadar minyak pada kulit wajah. Produk ini dilengkapi dengan bubuk halus yang berfungsi untuk menyerap minyak berlebih, dan juga mengandung centella asiatica yang ramah pada kulit. Selain itu, toner ini juga mengandung Asiaticoside untuk menyeimbangkan kelembapan kulit wajah.

    Where to buy? Althea Korea Indonesia 



    Harga: Rp217.000,-.


    5. Kulit Berjerawat


    Apakah kamu pernah mendengar kalimat “Jerawat itu diobati, bukan ditutupi”? No? Hanya Cosmo saja? Well, sebenarnya kalimat tersebut ada benarnya: sebaiknya jangan gunakan makeup tebal untuk menyamarkan jerawat yang meradang, hal ini dapat menyumbat pori-pori. 

    Namun bukan berarti tidak ada solusinya, girls. Kalau merasa jerawat yang merah meradang mengganggu penampilanmu, coba gunakan Cicapair Re-Cover dari Dr.Jart+. Produk ini bukan foundation atau concealer, melainkan sebuah krim perawatan yang mampu menyamarkan kemerahan pada wajah. Awalnya Cicapair Re-Cover berwarna hijau, dan secara perlahan akan berubah menjadi warna kulitmu saat dibaurkan. Diperkaya dengan kandungan centella asiatica yang bagus untuk mengatasi kemerahan kulit, produk ini mampu mengobati sekaligus menyamarkan kulit meradang. Multifungsi!

    Where to buy? Sephora Indonesia 

    Harga: Rp585.000,-.


    6. Kulit Sensitif

    Belum menemukan pembersih wajah yang cocok dengan kulitmu yang sensitif? Hmm… tampaknya kamu wajib mencoba Real Cica Micellar Cleansing Water dari Neogen Dermalogy. Jika kebanyakan produk micellar water membuat kulitmu terasa kesat, perih, atau gatal-gatal, micellar water yang satu ini justru melakukan yang sebaliknya. Produk ini dapat membersihkan makeup dan kotoran pada kulit wajah secara efektif, serta mengandung centella asiatica sehingga dapat melembapkan dan menenangkan kulit. No more dry, irritated skin!

    Where to buy? Sociolla 

    Harga: Rp368.500,-.


    7. Kulit Menua

    Centella 80 Eye Cream dari PureHeals cocok untuk kamu yang sudah memasuki usia akhir 20-an atau awal 30-an. Selain mengandung 80% ekstrak centella asiatica yang bagus untuk mengurangi lingkaran hitam dan mengencangkan kulit pada area bawah mata, krim mata ini cepat diserap oleh kulit sehingga nyaman untuk digunakan. Dan selain untuk area mata, produk ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi garis senyum, lho! 

    Where to buy? Sociolla 

    Harga: Rp398.000,-.


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: COSRX Indonesia, Dok. Instagram / Layout: S. Dewantara)