Better You

10 Quotes Inspiratif Tentang Kesehatan Mental dari Selebriti

  by: Shamira Priyanka Natanagara       10/10/2019
  • Jika kamu hidup dengan masalah kesehatan mental, mudah untuk merasa sendirian. Terkadang, tampaknya tidak ada orang yang tahu apa yang kamu alami, dan bantuan—atau bahkan hanya orang yang peduli padamu—mustahil untuk ditemukan.

    Ironisnya, of course, banyak dari kita hidup dengan—atau pernah merasakan—gangguan mental seperti gangguan kecemasan (anxiety disorder) dan depresi. Dan bukan hanya orang 'normal' saja, beberapa public figure yang populer pun pernah mengalaminya. 

    Dalam buku terbaru It's Not OK to Feel Blue (and other lies), aktivis Scarlett Curtis telah mengumpulkan koleksi esai oleh selebriti, juru kampanye, penulis kelas dunia, musisi, dan ahli dalam berbagai bidang, banyak dari mereka pernah menghadapi atau sedang berjuang melawan gangguan kesehatan mental. Berikut adalah beberapa hal yang telah mereka pelajari dari pengalaman tersebut, dengan harapan dapat membantu orang-orang sepertimu yang sedang berjuang.




    1. Scarlett Curtis - Aktivis Wanita

    "Depresi memberitahu kamu bahwa kamu sendirian dan kamu akan selalu sendirian. [Depresi] meyakinkan kamu bahwa pikiranmu adalah sebuah penjara dan membuatmu percaya bahwa untuk membawa seseorang ke dalam hidupmu berarti kamu harus mengunci mereka bersamamu, jadi sepertinya lebih mudah untuk menyingkirkan semua orang dari hidupmu. Feminisme membuat saya merasa seakan-akan saya adalah bagian dari sesuatu, sebuah bagian kecil dari sesuatu yang besar dan bersejarah. Feminisme memberi saya teman dan musuh dan pengertian lebih baik mengenai tempat saya di dunia ini yang pernah saya mimpikan. Feminism is my self-help."



    2. Fearne Cotton - Presenter Televisi dan Radio

    "Akan ada orang-orang baik di sekitarmu, jiwa baik yang ingin membantu. Bahkan ketika tampaknya mustahil untuk membuka mulut kita untuk mengeluarkan kesedihan dan keputusasaan—rasanya beban tidak bisa diatasi—kita harus."


    3. Dawn O'Porter - Penulis dan Presenter Televisi

    "Kita mengabaikan hal-hal yang menurut kita memalukan, memutuskan bahwa kita tidak ingin memberi perhatian yang hal-hal tersebut pastinya butuhkan. Namun kita tidak bisa menghapus pikiran kita layaknya sebuah dokumen Word. Kita butuh lebih sering membahasnya, lebih sering mendengar, berbagi, dan lebih memahami."



    4. Ella Purnell - Aktris

    "Saya menjadi frustrasi, tapi saya harus mengganggu pola pikir. Saya ingat untuk ramah pada diri sendiri. Saya menunda rencana dengan teman-teman, karena sekarang saya lebih butuh diri saya sendiri daripada mereka butuh saya. Saya merasa bersalah, tapi saya harus merawat diri sendiri, dan teman-teman saya akan mengerti."


    5. Naomi Campbell - Model

    "Seperti kebanyakan orang, I'm a work in progress tapi saya akan mengatakan ini: luangkan waktu untuk mengatur ulang diri, gunakan setiap hari, cari bantuan, dan jangan malu dengan ceritamu, it will inspire others."





    6. Emilia Clarke - Aktris

    "Saya adalah salah satu dari 50 juta orang di dunia ini yang sekarang hidup dengan kerusakan pada otak. Dan kalau mereka bisa melakukannya, well kalau begitu saya rasa sang Mother of Dragons lebih baik maju dan melakukannya juga."


    7. Reggie Yates - Aktor dan Presenter Televisi

    "'Man armour' yang saya kenakan hari ini penuh dengan retakan, penyok, dan lubang, tapi saya mengenali setiap luka dan perkelahian secara intim. Saya masih memiliki ketakutan, but they will never again define me, karena tidak ada orang yang benar-benar fearless dan kegagalan tak terhindarkan. Jadi ini untuk yang tak terkalahkan, berbelulang, dan pemegang sabuk yang bengkak."



    8. Miranda Hart - Aktris dan Komedian

    "Kondisi yang kamu miliki sekarang bukanlah dirimu yang sesungguhnya. [Kondisimu] akan hilang, tapi untuk sekarang itu adalah kekuatan super milikmu. Itu adalah agen perubahan milikmu. It was mine."


    9. Davina McCall - Presenter Televisi

    "Let people in. Hal tersebut seram dan terkadang dapat terjadi kesalahan, tapi ketika kamu berhasil berkomunikasi dengan orang, it's magic. Biarkan orang pergi (orang-orang yang toxic). Mereka tidak perlu tahu—tinggalkan saja dengan halus."


    10. Emma Thompson - Aktris

    "Liihat sebanyak mungkin dari teman-teman yang menyukaimu, mendukungmu, dan membuatmu tertawa. Lihat sesedikit mungkin dari teman-teman yang menghakimimu, membandingkanmu dengan orang lain, dan membuatmu lelah (dan jangan berpura-pura kamu tidak tahu siapa mereka).


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Ed. / Images: Dok. Instagram)