Beauty

Manfaat Shea Butter dan Rekomendasi Produk Favorit Cosmo

  by: Yovita Pratiwi       11/10/2019
  • Shea butter adalah lemak yang diekstraksi dari kacang pohon shea. Tumbuhan ini dapat ditemukan di Afrika bagian barat, dan sampai saat ini kebanyakan produk berbasis shea masih berasal dari wilayah tersebut. 


    Shea butter telah digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat kosmetik selama berabad-abad. Kandungan vitamin yang tinggi dan asam lemaknya membuatnya memiliki khasiat melembutkan, menenangkan, dan menutrisi kulit. Penasaran? Simak alasan mengapa kamu harus menambahkan shea butter ke dalam rezim perawatan kulitmu dibawah ini!




    1. Aman untuk Semua Jenis Kulit


    Secara teknis, shea butter merupakan hasil dari pohon kacang. Namun tak seperti pohon kacang lainnya, shea memiliki kandungan protein yang rendah hingga tak akan memicu alergi. Selain itu, shea butter tak mengandung bahan kimia yang akan membuat kulit jadi kering dan menyumbat pori. 


    2. Melembapkan Kulit


    Shea butter biasanya digunakan karena efek melembapkannya. Hal ini dikarenakan shea mengandung asam lemak, linoleic, oleic, stearic, dan palmitic acids.


    Saat kamu mengaplikasikan shea secara topikal, minyak-minyak ini akan menyerap ke dalam kulit. Mereka berfungsi untuk mengembalikan lemak dan kelembapan yang hilang. Kulit jadi terlindung dari lingkungan sekitar dan tetap lembap. 


    3. Anti-inflamasi


    Unsur-unsur anti-inflamasi dapat ditemukan di dalam shea butter. Saat diaplikasikan ke kulit, shea akan memicu cytokines dan sel-sel inflamasi lainnya untuk memperlambat produksi mereka. Hal ini dapat mengurangi resiko iritasi yang disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti cuaca kering, juga kondisi kulit seperti eczema


    4. Antioksidan


    Shea butter memiliki kadar vitamin A dan E yang cukup tinggi, yang berarti dapat mendorong aktivitas antioksidan. Antioksidan merupakan agen anti-penuaan yang penting karena dapat melindungi sel kulit dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan kulit kusam.


    5. Mendorong Produksi Kolagen


    Karena mengandung triterpenes, komponen ini mampu mencegah penghancuran kolagen. Hasilnya, garis halus berkurang dan kulit jadi lebih kencang. 


    6. Mampu Tambahkan Perlindungan Kulit dari Matahari


    Meskipun tak dapat digunakan sendiri sebagai tabir surya, namun menggunakan shea butter pada kulit dapat berikan perlindungan dari matahari tambahan. Jadi oleskan setelah menggunakan tabir surya saat kamu akan menghabiskan waktu di luar ruangan. Shea butter diestimasi memiliki kandungan SPF 3 sampai 4.

     



    Convinced enough? Nah, berikut rekomendasi produk shea butter favorit Cosmo!


    1. L'Occitane Shea Organic Shea Butter 10ml, Rp185.000,-.




    2. Palmer’s Shea Butter Lotion, price by request.




    3. The Saem Perfumed Hand Shea Butter Garden Rose, Rp69.000,-.



    4. The Body Shop Shea Butter, Rp259.000,-.



    5. Nature Republic Real Nature Masker Wajah - Shea Butter, price by request.



    6. The Face Shop Shea Butter Real Nature Face Mask, Rp17.500,-.



    (Yovita Pratiwi. Image: Dok. L'Occitane, The Body Shop, The Face Shop, The Saem, Palmer's, Innisfree,