Beauty

Cara Alami Melembabkan Kulit Wajah

  by: Kissy Aprilia       10/10/2019
  • Ketika membeli sebuah produk skincare, kamu pasti sering menemukan khasiat formula yang berfungsi untuk meningkatkan lapisan kelembapan atau menghindari kerusakan pada lapisan kelembapan a.k.a moisture barrier. Akan tetapi, sudahkah kamu mengetahui apa sebenarnya moisture barrier?


    Kulit terdiri dari tiga lapisan utama yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis. Moisture barrier ini terdapat dalam lapisan epidermis yang kita kenal sebagai lapisan terluar kulit. Lalu, epidermis memiliki lapisan startum corenum yang terdiri dari sel-sel kulit mati aktif dan terhubung dengan kelenjar minyak. 



    Jadi, apa pengaruhnya dengan kelembapan kulit? Put it simply. Lapisan moisture barrier bekerja menjaga kadar minyak, air, dan elektrolit di dalam kulit, agar tidak mengalami dehidrasi.


    Bagaimana Menilai Moisture Barrier?

    Kamu dapat menilai kekuatan lapisan perlindungan kelembapan dari tampilan kulit. Jika terlihat dan terasa kasar, kusam, bersisik, meradang, merah, atau gatal, berarti moisture barrier kulitmu sedang mengalami kerusakan. 

    Hal ini dapat disebabkan oleh berapa faktor, seperti kurang mengonsumsi air mineral atau terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan kafein. Selain itu, hal ini juga dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekitar, atau mungkin kamu masih malas menggunakan produk pelembap.




    Bisakah Kita Mengembalikan Kelembapan Secara Alami?

    Thankfully, banyak sekali produk skincare yang menawarkan formulasi untuk memperbaiki moisture barrier. Perawatan ini dapat memberikan manfaat yang signifikan, asalkan kamu menggunakannya dengan teratur. Pilih produk yang mengandung hyaluronic acid dan lactic acid, karena keduanya mampu mengikat air hingga 1000 kali lebih kuat. 

    Jika berbicara tentang cara mengembalikan kelembapan secara alami, kamu juga wajib melakukan perawatan dari dalam, dan cara termudah yang bisa kamu terapkan adalah mengonsumsi banyak air mineral, serta vitamin C dan E. Namun, ketahuilah bahwa moisture barrier bisa saja sulit diperbaiki jika kerusakannya sudah tergolong parah atau memang mengalami penyakit kulit. So, girls.. Tidak ada salahnya untuk mengunjungi ahli dermatologi untuk konsultasi yang lebih tepat. 


    (Kissy Aprilia, Eve Lina on Unsplash)