Lifestyle

Super K-Pop Festival 2019 Diselenggarakan dengan Meriah!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       12/10/2019
  • Pada tanggal 28 dan 29 September lalu, acara konser Super K-Pop Festival Indonesia 2019 (SKF) digelar di ICE BSD, Tangerang. Acara ini menghadirkan 11 artis K-pop ternama yang menghibur penggemar K-pop Indonesia dengan penampilan mereka. Cosmo berkesempatan untuk menghadiri acara ini, dan melihat para idola menari dan menyanyi secara langsung benar-benar seperti sebuah mimpi—it was a dream come true! Penasaran dengan keseruan SKF? Simak terus artikel ini!


    Day 1





    Pada hari pertama, ICE BSD dipenuhi penggemar K-pop yang tidak sabar menanti penampilan artis favorit mereka sejak pagi hari. Ada banyak penggemar yang membagikan banner dan photocard sebagai bentuk dukungan, serta ada pula yang sibuk dengan ponsel mereka untuk mengunggah live update situasi SKF di media sosial.




    SKF 2019 dibuka dengan penampilan NU’EST yang gagah. Boy group yang beranggotakan lima orang ini menghibur para hadirin dengan tiga lagu, salah satunya “Love Paint”. Selanjutnya adalah penampilan dari girl group APink. Grup yang beranggotakan enam perempuan ini pun membawakan tiga buah lagu, yaitu lagu terbaru mereka “%% (Eung Eung)”, “I’m So Sick”, dan “Alright”. Karena suatu kendala, NU’EST dan APink tidak dapat menampilkan setlist mereka secara lengkap. Namun vokalis APink Namjoo mengatakan, “Kami ada rencana mau ke Indonesia lagi, semoga kita bisa bertemu, ya!” Yay!




    Selain kedua grup tersebut, ada pula penyanyi solo Ha Sungwoon. Alumni grup Wanna One ini sukses menghibur fans dengan lima lagu, di antaranya “BLUE”, “Bluemaze”, dan “Bird”. Ini adalah kali kedua Sungwoon mengunjungi Indonesia, sebelumnya ia sempat mengadakan jumpa fans di Jakarta pada bulan Juni lalu.



    Pertunjukan berlanjut dengan penampilan dari personel grup legendaris Girls’ Generation, Tiffany Young. Tiffany yang sekarang sedang merintis karier solo di Amerika Serikat membawakan lagu “I Just Wanna Dance”, serta beberapa lagu berbahasa Inggris, yaitu “Over My Skin”, “Lips On Lips”, dan lagu terbarunya “Magnetic Moon”. Ia pun menampilkan lagu Rihanna “Don’t Stop the Music” dan “In My Blood” karya Shawn Mendes. Tiffany sungguh terharu akan antusiasme para fans dan berterima kasih atas cinta yang diberikan pada malam itu. We love you, Tiffany!

    Next, penampilan dari Red Velvet yang sudah ditunggu-tunggu! Girl group yang memiliki lima personel ini membawakan empat title track, “Zimzalabim”, “Power Up”, “Red Flavor”, dan rilisan terbaru mereka “Umpah Umpah”. Selain lagu-lagu tersebut, mereka pun menghibur para ReVeluv (panggilan untuk penggemar Red Velvet) dengan dua lagu B-side, yaitu “Ladies Night” dan “With You”. 



    Para E.L.F (sebutan untuk penggemar Super Junior) langsung menyiapkan lightstick mereka seusai Red Velvet tampil. Well, mereka benar-benar tidak sabar untuk menyaksikan penampilan Kyuhyun, personel paling muda Super Junior yang juga memiliki karier solo. Dan wajar saja mereka penuh semangat, karena ini adalah pertama kalinya Kyuhyun tampil di Indonesia setelah melaksanakan wajib militer. Ia membawakan sejumlah lagu ballad, di antaranya “Flying” dan “A Million Pieces”. Namun bukan hanya penampilannya saja yang spesial, karena ternyata Kyuhyun mengecat rambut menjadi pink khusus untuk E.L.F Indonesia! “Bertemu lagi, ya! Aku cinta kamu,” katanya. So sweet!




    Acara ditutup dengan penampilan dari Super Junior D&E yang tidak kalah menarik. Sub-unit Super Junior yang beranggotakan Donghae dan Eunhyuk ini tampil super enerjik, membawakan lima lagu upbeat, salah satunya lagu debut mereka “Oppa, Oppa”. Kedua idola K-pop senior ini juga mengungkapkan bahwa Super Junior akan segera comeback dan kembali mengadakan konser di Indonesia. Hmm… we can’t wait!




    Day 2



    Hari kedua SKF 2019 berlangsung dengan lancar⁠⁠⁠, dan setiap penampil dapat membawakan semua lagu yang telah direncanakan.

    Pertama, para penonton dihibur oleh penampilan girl group fromis_9 yang beranggotakan sembilan perempuan cantik dan berbakat. Fromis_9 membawakan lima buah lagu, yakni “FUN!”, “Love Rumpumpum”, “DKDK”, “Glass Shoes”, dan “Love Bomb”. Ini adalah kali pertama grup naungan Off The Record Entertainment ini mengunjungi Indonesia, dan mereka pun cukup terharu dengan antusiasme para penonton, terutama ketika para fans menyanyikan lagu ulang tahun untuk salah satu personel mereka, Hayoung. Aww! 




    Next, it’s The Boyz! Grup rookie yang debut pada tahun 2017 ini sukses menghebohkan panggung SKF. Wajar saja, kedua belas anggota boy group ini menampilkan koreografi yang rumit, serta masing-masing anggota karismatik dan penuh pesona. The Boyz menampilkan enam lagu, di antaranya “D.D.D”, “Text Me Back”, “Giddy Up”, dan “No Air”. Kata sang vokalis utama Kevin, “Kalian semua gemas!”. 



    Setelah The Boyz, suasana dimeriahkan oleh MOMOLAND yang menampilkan “BBOOM BBOOM”, lagu favorit para penggemar K-pop. Wajah grup ini, Nancy, mengatakan, “Ini adalah pertama kalinya kami tampil di Indonesia, and so far it’s awesome.” MOMOLAND juga menampilkan “BAAM”, "Freeze", "Wonderful Love", dan “I’m So Hot” yang tidak kalah asyik!



    Suasana kemudian langsung berubah menjadi haru ketika Lee Hi mengambil panggung. Penyanyi solo ini membuka penampilannya dengan lagu “Breathe” yang ditulis oleh mendiang Kim Jonghyun (SHINee). Para fans pun menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Lee Hi, dan penyanyi kelahiran tahun 1996 ini mengambil banner dari salah satu penonton. Selain “Breathe”, Lee Hi juga membawakan “Rose”, “1.2.3.4”, dan lagu terbarunya “No One”. 

    Red Velvet, Kyuhyun, dan Super Junior D&E kembali tampil di hari kedua dengan setlist yang sama. Pada penampilan Kyuhyun dan Super Junior D&E, para E.L.F kembali menyalakan lightstick mereka, membuat 'lautan biru' untuk para idola.



    Jika kamu tidak sempat menghadiri SKF Indonesia tahun ini, mari berharap acara ini akan kembali diselenggarakan tahun depan!


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. SKF Indonesia / Layout: S. Dewantara)