Celebrity

Update: Mantan Personel f(x) Sulli Ditemukan Meninggal Dunia

  by: Shamira Priyanka Natanagara       15/10/2019
  • Idola K-pop dan aktris Korea Selatan Sulli ditemukan meninggal dunia di apartemennya pada sore ini, tanggal 14 Oktober. Menurut laporan dari SBS News, polisi setempat mengkonfirmasi bahwa manajer Sulli menemukan perempuan berusia 25 tahun ini di tempat tinggalnya di Sujeong-gu, Seongnam pada pukul 15:21 KST.

    Sampai saat ini, agensi Sulli, SM Entertainment, belum merilis pernyataan resmi mengenai laporan ini.

    Sulli adalah mantan personel girl group K-pop f(x) dan resmi meninggalkan grup tersebut pada tahun 2015 untuk menjadi aktris. Pada Juni 2019, Sulli merilis album single solo Goblin. Ia pun tampil di variety show Night of Hateful Comments sebagai salah satu pembawa acara. Acara ini membahas topik cyberbullying di mana para pembawa acara dan seleb yang diundang berbagi pengalaman mereka dengan komentar-komentar penuh kebencian dan negatif di Internet. Rest in peace, Sulli. 



    UPDATE (14/10, 18:05 WIB): Menurut laporan dari Koreaboo, penyebab meninggalnya Sulli adalah bunuh diri. Polisi setempat mengatakan bahwa ia menggantung diri dari lantai dua kediamannya. Aktris ini dikabarkan mengalami depresi berat, tapi sampai saat ini belum ada laporan resmi dari SM Entertainment.

    UPDATE (15/10, 10:44 WIB): Sekitar pukul 19:00 KST kemarin, SM Entertainment mengkonfirmasi bahwa Sulli telah meninggal dunia. Berikut pernyataannya:

    "Ini SM Entertainment. Kami mohon maaf untuk menyampaikan berita yang menyedihkan dan tidak menyenangkan. Sulli telah meninggalkan kita. Kami tidak percaya situasi saat ini dan kami dipenuhi dengan kesedihan. Demi keluarga yang berduka karena berita mendadak mengenai meninggalnya [Sulli], dengan sungguh-sungguh kami meminta untuk jangan menulis artikel spekulatif atau menyebarkan rumor. Kami menyatakan belasungkawa yang terdalam."

    Menurut laporan dari Soompi, polisi menemukan catatan yang ditulis oleh Sulli di lokasi kejadian. Catatan tersebut bukan sebuah surat bunuh diri, melainkan sebuah catatan yang mengungkapkan perasaannya. Untuk alasan privasi, konten catatan tersebut tidak akan dirilis ke publik.

    SM Entertainment menyampaikan bahwa upacara pemakaman Sulli akan diadakan secara privat atas permintaan keluarganya.

    Girls, kalau kamu depresi dan merasa ingin mengakhiri hidup, atau mengenal seseorang dengan tendensi tersebut, segera hubungi psikolog atau psikiater. Berikut adalah beberapa hotline yang Cosmo ketahui:



    - Halo Kementerian Kesehatan: 1500-567

    - International Wellbeing Center: 0812-905-29034 (SMS/WhatsApp)

    - E-counseling Yayasan Pulih: [email protected]

    - No. Telepon Pencegahan Bunuh Diri, Jakarta: 021-7256526, 021-7257826, 021-7221810



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Image: Dok. Instagram)