Beauty

Wajib Tahu! Mitos Seputar Perawatan Rambut

  by: Kissy Aprilia       15/10/2019
  • Pernah mendengar saran untuk memotong rambut agar lebih cepat panjang? Atau kamu takut mencabut uban karena dapat membuatnya muncul lebih banyak? Cosmo akan mengupas sejumlah mitos mengenai perawatan rambut yang paling sering diperbicangkan. Simak!


    Mitos: Rutin memotong rambut agar cepat panjang.



    Fakta: Memotong rambut bukanlah cara untuk mempercepat pertumbuhan. Logikanya, rambut tumbuh dari bagian akar (atas), bukan dari bagian batang (bawah). Jadi jika ingin rambutmu lebih cepat panjang, fokuskan perawatan pada kulit kepala yang berfungsi memicu produksi pertumbuhannya. 


    Mitos: Air dingin membuat rambut berkilau.

    Fakta: Nope. That’s not true. Batang rambut tidak memiliki sel hidup, yang artinya tidak akan terpengaruh oleh suhu dingin atau panas. Namun, air dingin dapat menutup kutikula batang rambut, sehingga membuatnya lebih halus dan merefleksikan kilau cahaya lebih tegas. 


    Mitos: Semakin banyak conditioner = rambut semakin halus.

    Fakta: Jangan lakukan teori ini jika kamu tidak ingin rambut menjadi lepek. Sebenarnya, kamu hanya perlu mengaplikasikan conditioner hanya pada bagian batang hingga ke ujung rambut. Sebaiknya kamu juga menggunakan conditioner secukupnya saja, karena jika terlalu banyak akan membuat rambut menjadi ‘berat’ dan inilah yang membuatnya terkesan lepek. 


    Mitos: Mencabut uban dapat membuatnya tumbuh lebih banyak.

    Fakta: Tidak ada penelitian yang menemukan pengaruh mencabut uban dengan pertumbuhannya. Terlalu sering mencabuti helaian rambut (termasuk uban) justru membuat akarnya menjadi lemah dan berisiko menghentikan pertumbuhan. Jadi, itulah alasan mengapa kamu tidak disarankan untuk mencabuti uban. 


    Mitos: Sering menggunakan topi membuat rambut tipis.



    Fakta: Apakah kamu salah satu yang memercayai mitos ini? Forget about it and wear your favorite hat! Aksesori ini akan melindungi rambut dari paparan langsung sinar matahari yang menjadi faktor kerusakan rambut, seperti kering, kusam, atau rontok. 


    Mitos: Menyisir rambut saat basah membuat lebih cepat panjang.

    Fakta: Kekuatan rambut mengalami penurunan ketika berada dalam kondisi basah. Artinya, jika kamu menyisir rambut tepat setelah keramas, maka kemungkinan untuk patah atau rontok juga lebih besar. Sebaiknya keringkan terlebih dulu, aplikasikan serum atau vitamin, dan barulah menyisir rambut. Cosmo juga memiliki trik menyisir untuk menghindari kerontokan, yaitu merapikan bagian bawah terlebih dulu, lalu melanjutkan dari bagian atas. 


    Mitos: Keramas setiap hari menyebabkan kulit kepala berminyak.

    Fakta: Produksi minyak pada kulit kepala dipengaruhi oleh faktori genetik dan hormon. Jadi, keramas setiap hari atau seminggu sekali, sebenarnya tidak akan menambah tampilanmu menjadi lepek. Tapi jika merasa rambutmu sudah kotor atau baru saja melakukan aktivitas yang menimbulkan keringat, Cosmo menyarankanmu untuk segera keramas. 


    Mitos: Produk sampo dapat menebalkan rambut

    Fakta: Sebagian besar orang beranggapan bahwa rambut yang indah merupakan hasil dari perawatan eksternal. Spesial rambut asal Ohio, Amerika Serikat, Melissa Piliang, MD, mengungkapkan bahwa apa yang kamu konsumsi lebih memberikan efek kepada rambut. Jika menginginkan rambut yang lebih tebal, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung zinc, za besi, dan vitamin D.


    (Kissy Aprilia, images: Unsplash)