Beauty

4 Cara Membuat Warna Cat Rambut Awet & Tidak Mudah Luntur!

  by: Giovani Untari       16/10/2019
  • Kita semua tau apa saja konsekuensi di balik proses mewarnai rambut, terutama jika itu melibatkan proses bleaching di dalamnya. Rambut mungkin saja terasa kering dan frizzy serta berpotensi mengalami kerusakan, sehingga kamu pun telah bersiap dengan sederetan hair mask dan hair serum bahkan sebelum meninggalkan salon. Satu hal yang mungkin luput dari segala persiapan tersebut adalah.... sesuatu yang mungkin dapat mengontrol tingkat kepudaran warna rambut setelah proses mewarnai!





    Seorang colorist Rose Velasco dari Juro Salon Exclusif memberi tahu segala hal yang dapat mencegah warna rambut kamu memudar. Her tips have definitely been working so far, so keep scrolling if you want similar results!


    1. Choose a neutral-tone dye

    Seperti apa warna rambut kamu akan terlihat memudar setelah diwarnai juga tergantung warna dasar yang dipilih. Untuk pilihan warna rambut yang aman, kamu bisa memilih neutral- or cool-toned color seperti ash brown, karena warna ini alami dan tidak akan memberi hint rambut kusam dan biasanya warna tersebut justru terlihat semakin flattering saat luntur.


    2. Tone the color with your hair care

    Saat warna rambut kamu memudar, itu bisa saja berubah warna dari yang tak kamu bayangkan sebelumnya. Untuk memastikan bahwa warnanya tak akan berakhir kusam, gunakan produk perawatan rambut yang dapat menjaga warna rambut kamu. Jika rambut di-bleaching, kamu bisa pilih menggunakan shampoo ungu dan kondisioner yang dapat mempertahankan keindahan warnanya pada setiap pemakaian.





    3. Don't forget to treat your hair

    Warna rambut apapun akan terlihat lebih flattering sebenarnya saat rambut dalam kondisi smooth and shiny. Unfortunately, sejak melakukan bleaching rambut, kondisinya mungkin saja tidak akan terlihat sehat dari sebelumnya. Untuk mengatasi ini, kamu bisa meminimalisir penggunakan pelurus rambut dan ikatan rambut dua kali dalam seminggu untuk mengembalikan keindahan rambut. Perawatan di salon juga akan membantu merawat rambut berwarna kamu!



    4. Don't wash it too often

    Warna cat rambut kamu akan lebih cepat memudar setiap kali mencuci rambut, jadi batasi kontak dengan air agar membuat warna rambutmu bertahan lebih lama. Meski cuaca di negara kita tergolong humid, kamu bisa memilih opsi mencuci rambut dua hari sekali (terutama bila jenis rambutmu berminyak dan rentan berketombe). That said, jika kamu tidak memiliki masalah rambut apapun cukup mencuci rambut dua kali dalam seminggu sebagai opsi terbaik menjaga warna rambut kamu.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Unsplash.com, Tenor.com)