Celebrity

8 Fakta Unik Tentang Joaquin Phoenix, Bintang Film Joker

  by: Kezia Calesta       16/10/2019
  • Joaquin Phoenix bukanlah seorang aktor Hollywood biasa - pria yang namanya kembali melambung berkat film Joker ini dikenal sebagai aktor yang berkepribadian nyentrik. Bila kamu ingin tahu lebih banyak tentang Joaquin Phoenix, simak 8 fakta unik berikut.


    1. Masuk dunia akting sejak kecil

    Pada 1978, Joaquin yang masih berusia 4 tahun mengubah nama panggungnya menjadi Leaf karena tidak ada orang yang bisa mengeja nama “Joaquin” dengan benar, juga karena 4 saudaranya memiliki nama yang berhubungan dengan alam (River, Rain, Summer, Liberty). Setelah membintangi film pertamanya bersama Steve Martin untuk film Parenthood (1989), ia kembali mengubah namanya menjadi Joaquin di tahun 1991.





    2. Melewati pengalaman traumatis akibat meninggalnya sang kakak

    Tiga hari setelah ulang tahun Joaquin yang ke-19, kakaknya River Phoenix (yang merupakan seorang aktor juga) mengalami overdosis kokain dan heroin di sebuah nightclub di Los Angeles. Di malam tersebut, Joaquin dan adiknya berada di tempat kejadian dan ia sendiri yang menelepon 911. Setelah tragedi tersebut, Joaquin menghilang dari mata publik selama satu tahun.


    3. Pernah menolak peran untuk dua film Marvel

    Joker merupakan peran pertamanya di sebuah film superhero. Kabarnya, Joaquin sempat menolak peran untuk Doctor Strange (2016) dan kesempatan untuk menggantikan aktor Edward Norton sebagai Bruce Banner (Hulk) di film The Avengers (2012). Alasannya, ia tidak ingin menandatangani kontrak berkelanjutan yang diwajibkan oleh Marvel Studios.



    4. Menjalani gaya hidup vegan sejak usia 3 tahun

    Joaquin is a vegan, dan ia juga enggan menggunakan produk berbahan kulit. Namun, ia mengakui bahwa di film Walk the Line ia sempat mengenakan sepatu boots berbahan kulit. “Saya tidak mengenakan kulit dalam kehidupan sehari-hari, tapi saya terpaksa menurut jika film tersebut tidak memiliki budget lebih atau perannya mengharuskan saya untuk memakai bahan kulit yang vintage,” jelasnya.


    5. Joaquin memilih untuk tidak berfoto dengan penggemar

    Tidak seperti selebriti lainnya yang gemar selfie bersama fans, Phoenix lebih memilih untuk mengobrol dengan penggemarnya saja agar ia tidak merasa seperti “aktor terkenal”. So, what does he do when fans approach? Joaquin menceritakan pengalamannya di sebuah wawancara dengan Playboy. “Seorang wanita menghampiri saya di sebuah toko, dan ia bertanya jika ia bisa berfoto bersama. Saya menjawab, ‘Maaf saya tidak suka berfoto, namun terima kasih sudah menyapa. Saya di sini bersama dua teman, dan kamu masih memberanikan diri untuk menghampiri saya. That was really brave of you.’ Kami pun langsung mengobrol dengan santai, kemudian kembali melakukan aktivitas masing-masing.”




    6. Berteman baik dengan aktris Amy Adams

    Sejak bermain di film Her bersama, Amy dan Joaquin pun menjadi teman baik di kehidupan nyata. Amy mengungkap bahwa sutradara Spike Jonze mengharuskan mereka untuk menghabiskan waktu bersama dan berbincang dalam sebuah ruangan selama 1-2 jam setiap hari, dengan tujuan untuk membuat mereka mengenal satu sama lain secara lebih dekat. And no, they’re not dating - Joaquin sudah menjalin hubungan dengan aktris Rooney Mara sejak 2016.




    7. Masih gelisah sebelum akting

    Meskipun ia seorang aktor terkenal yang sangat berpengalaman, Phoenix mengaku di sebuah wawancara bersama Interview Magazine bahwa ia masih merasa mual beberapa hari sebelum syuting. “Mereka (kru film) sampai harus menempatkan bantalan kain di ketiak saya karena keringat saya terlalu berlebihan. Selama tiga minggu pertama syuting, saya tidak akan berhenti berkeringat. It’s pure anxiety, and I love it.”


    8. Tidak tertarik dengan ajang penghargaan film

    Meskipun telah mendapat tiga nominasi Oscar dan memenangkan satu penghargaan Golden Globe, Joaquin pernah mengaku pada tahun 2012 bahwa ia tidak peduli akan hal tersebut. “I think it’s total, utter b*llsh*t, dan saya tidak mau mengambil bagian darinya. I don’t believe in it… it’s totally subjective. Hal ini membuat orang-orang menjadi kompetitif dan beradu domba - ini hal terbodoh di seluruh dunia.” Namun setelah pengakuannya, ia sempat meminta maaf dan menyatakan bahwa ajang Oscar memang menyediakan platform yang penting untuk banyak pembuat film.




    So, apakah kamu pikir Joaquin akan memenangkan piala Oscar untuk Joker?


    (Kezia Calesta / Image: doc. outnow.ch / various)