Beauty

Cara Alami Melembabkan Bibir

  by: Yovita Pratiwi       22/10/2019
  • Bibir kering terasa sangat tidak nyaman dan hampir tak mungkin untuk mengabaikannya. Apalagi jika sedang berada di tempat yang dingin dan udaranya kering. Bibir kita kekurangan kelenjar minyak untuk menjaga kelembapan kulit, sehingga menyebabkan bibir mudah kering dan pecah-pecah. Jika saat ini kamu sedang mengalami bibir kering, terkelupas, hingga terasa perih, berikut beberapa cara alami untuk menyembuhkannya dan menjaga bibir tetap lembap. Yuk, simak!


    1. Eksfoliasi




    Eksfoliasi alias mengelupaskan kulit mati pada bibir cukup mudah dilakukan. Cukup campurkan gula pasir dan madu, jadilah lip scrub!


    Madu adalah humektan, yang berarti akan mengunci kelembapan pada kulitmu. Aplikasikan sedikit madu dicampur dengan gula pasir untuk exfoliate, dan almond oil untuk melembapkan serta mengeliminasi kulit mati. Kamu bahkan dapat mengonsumsi scrub tersebut! 


    Berikut resepnya jika kamu mau mencoba di rumah. Pada dasarnya, buat ratio yang sama rata antara cairan dan gula pasir. Lalu, gunakan ujung jari untuk mengaduk dan mengaplikasikannya pada bibir. Bilas dengan air hangat, done!


        • 2 sdt gula pasir (kamu dapat menggunakan berbagai macam gula pasir: raw, gula merah, atau gula pasir biasa)

        • 1 sdt madu

        • 1 sdt almond oil


    Atau, cukup scrub bibirmu dengan menggunakan sikat gigi halus sebanyak dua kali sehari.


    2. Overnight Treatment


    Lanjutkan proses eksfoliasi dengan masker bibir yang simpel. Kamu dapat membuatnya sendiri. Madu akan membantu bibir mendapatkan kelembapan dan vitamin E akan menyembuhkan bagian-bagian kering. Aplikasikan campuran ini di malam hari, lalu bilas ketika kamu bangun di pagi hari. 


        • 1 sdt minyak vitamin E (sekitar 3 kapsul vitamin E)

        • 1 sdt madu



        

    Bahkan, kamu dapat menggunakan minyak kelapa di malam hari. Pagi harinya, bibir akan terasa lembut, kenyal, dan tak kering lagi!


    3. DIY Lip Balm


    Kamu dapat membuat lip balm sendiri. Caranya mudah, lho! Cukup gunakan petroleum jelly dan sertakan unsur-unsur yang kamu suka. Misalnya minyak kelapa atau shea butter, bisa juga vitamin E. Jangan lupa sertakan madu agar efektif melembapkan bibir. 


    4. Vitamin E to The Rescue


    Kamu dapat menyembuhkan bibir pecah-pecah dengan menggunakan vitamin E. Gunakan kapsul vitamin E dan aplikasikan pada bagian bibir yang pecah (juga bisa pada ujung bibir).


    5. Gunakan Masker Bibir


    Jika bibirmu sensitif, coba resep masker bibir alami yang mudah ditiru ini. Lactic acid yang terkandung dalam susu merupakan alternatif yang lebih lembut dibandingkan scrub. Rose oil juga merupakan anti-inflamasi yang dapat meredakan kulit iritasi. 


        • 2 sdm susu

        • 1 drop rose essential oil


    Campur susu dan essential oil dalam wadah kecil. Celupkan kapas lalu aplikasikan pada bibir. Biarkan selama lima menit. Sisa cairan dapat kamu simpan dalam lemari es hingga dua minggu. 


    (Yovita Pratiwi. Image: Dok. asierromero on Freepik)