Lifestyle

Yang Harus Kamu Tahu Tentang Novel Terbaru The Hunger Games

  by: Alexander Kusumapradja       22/10/2019
  • Dear Cosmo babes, kalau kamu membuka artikel ini besar kemungkinan kamu memang penggemar The Hunger Games, serial fiksi bergenre dystopian yang ditulis oleh Suzanne Collins dan menjadi salah satu fenomena pop culture dekade ini. Trilogi original The Hunger Games bertahan di daftar bestseller New York Times untuk lebih dari 260 minggu dan penerbitnya, Scholastic mengungkapkan bahwa novel serial ini terjual lebih dari 100 juta kopi di seluruh dunia dalam versi cetak maupun digital.

    Kesuksesan serial ini juga melahirkan versi adaptasi film blockbuster yang terdiri dari empat film dan dibintangi oleh deretan pemain film terkenal seperti Jennifer Lawrence, Liam Hemsworth, Elizabeth Banks, dan Josh Hutcherson. Meraup total sekitar $2,97 miliar di seluruh dunia, adaptasi film The Hunger Games menjadi franchise film berpendapatan terbesar sepanjang masa di urutan ke-20 dan kini, nyaris empat tahun setelah perilisan film terakhir Hunger Games (The Hunger Games: Mockingjay – Part 2) tahun 2015 lalu, Suzanne Collins mengonfirmasi kabar tentang buku terbaru di serial ini.


    Berikut adalah beberapa detail tentang novel terbaru The Hunger Games yang perlu kamu tahu.


    1. Apa judul novel terbaru ini?




    Pada perhelatan New York Comic Con tanggal 4 Oktober lalu, Scholastic mengumumkan judul dan kover dari buku ini, yaitu The Ballad of Songbirds and Snakes. Kovernya menampilkan gambar burung mockingjay emas yang merupakan nama alias untuk tokoh utama Katniss Everdeen di trilogi sebelumnya dan merupakan simbol revolusi yang ia pimpin untuk menggulingkan pemerintahan tirani dan sistem Hunger Games yang brutal. “Kovernya menggambarkan dengan pas tentang konflik yang menjadi cerita inti novel ini,” tulis David Levithan, direktur dari Scholastic dalam press release resmi. “Sang mockingjay telah kembali, tapi dari sisi yang berbeda… dan dengan tepat menggambarkan cerita yang akan diangkat oleh Suzanne Collins.”


    2. Tentang apa ceritanya?


    Cerita dari novel ini sendiri adalah prekuel dari trilogi Hunger Games sebelumnya. Latar ceritanya mengambil masa 64 tahun sebelum Katniss mengajukan diri sebagai tribute untuk Hunger Games dan memicu revolusi besar di Panem. Yang menjadi fokus utama cerita adalah para peserta Hunger Games ke-10. Inti ceritanya berpusat pada sebuah masa rekonstruksi bernama “The Dark Days” yang terjadi setelah Pemberontakan Pertama, perang sipil yang terjadi antara Capitol dan Districts 75 tahun sebelum cerita trilogi The Hunger Games dimulai. Efek dari periode ini adalah District 13 mengkhianati distrik lainnya demi kemerdekaan mereka sendiri dan pasukan dari Capitol berhasil mengalahkan pemberontakan dan hasilnya Treaty of Treason yang melahirkan Hunger Games dimulai. Dalam press release yang diedarkan oleh Scholastic, sang penulis mengungkapkan keinginannya menulis The Ballad of Songbirds and Snakes untuk mengeksplorasi tentang sifat alami manusia dalam beradaptasi dan bertahan hidup.


    3. Apakah kita akan melihat kemunculan karakter di trilogi sebelumnya?


    Karena ceritanya sendiri adalah prekuel yang terjadi 64 tahun sebelum kisah trilogi The Hunger Games dimulai, rasanya mustahil kita akan menemukan soal karakter-karakter utama seperti Katniss atau Peeta Mellark dan karakter-karakter familiar lainnya. Namun, ketika desas-desus tentang buku baru ini dikonfirmasi pada bulan Juni lalu, para penggemar menerka-nerka tentang isi ceritanya, termasuk apakah novel ini akan mengangkat Mags, pemenang Hunger Games ke-11 dan salah satu pendukung Katniss di Catching Fire sebagai tokoh utama atau tidak. Tapi melihat konfirmasi latar yang terjadi sebelum masa Mags menjadi Tribute, teori itu terbantah namun tak menutup kemungkinan penggemar dapat mengetahui penampakan Mags versi muda dalam novel ini. Juru bicara Scholastic, Tracy van Straaten menolak memberikan komentar tentang karakter siapa saja yang akan tampil selain yang sudah dideskripsikan dalam press release.




    4. Kapan novel ini akan dirilis?


    The Ballad of Songbirds and Snakes akan dirilis pada tanggal 19 Mei 2020 dengan cetakan bahasa Inggris perdana sebanyak 2,5 juta kopi untuk pasar Amerika Serikat, Kanada, Inggris Raya, Australia, dan Selandia Baru. Namun, Scholastic sudah mengonfirmasi telah menjual lisensi terjemahan ke 28 wilayah dunia lainnya. Dan kemungkinan termasuk Indonesia mengingat serial ini juga punya banyak penggemar di Indonesia. Termasuk kamu, ya kan?


    5. Apakah novel ini juga akan diangkat menjadi film?


    Lionsgate Entertainment selaku rumah produksi yang merilis empat film Hunger Games sebelumnya telah menunjukkan ketertarikan mereka untuk memproduksi film adaptasi dari novel terbaru ini. “Sebagai rumah dari serial film Hunger Games, kami tak sabar menunggu buku terbaru ini dirilis dan kami telah berkomunikasi dengan Suzanne dalam masa penulisan novel ini dan kami menunggu untuk bisa melanjutkan kerjasama dengannya untuk versi film buku ini,” ungkap kepala dari Lionsgate Joe Drake pada pers baru-baru ini yang sekaligus menjadi kode kalau memang ada niat untuk mengadaptasi buku ini ke layar lebar.


    So girls, kita tunggu bareng-bareng ya perilisan novel maupun film dari serial Hunger Games terbaru ini. May the odds be in your favor!


    (Alexander Kusuma / Image: Outnow.ch & Scholastic)