Love & Sex

Ups, Ini 9 Ciri-ciri Gebetanmu Belum Melupakan Mantannya!

  by: Alvin Yoga       22/10/2019
  • Move on memang membutuhkan waktu. Menurut Holly Riordan, pengarang buku Badass Broken Girls sekaligus penulis di website Thought Catalog, ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan bahwa seorang pria belum bisa berpaling dari sang mantan. Nah, kalau pria incaranmu melakukan beberapa hal di bawah ini, well girls, untuk apa buang-buang waktu, sepertinya si dia masih belum mampu melupakan mantannya! Ugh.


    1. Ia masih sering berkirim pesan dengan sang mantan (dan tak membiarkanmu membaca isi pesannya).

    Kapan pun nama sang mantan muncul di notifikasi layar handphone, si dia langsung mengambil ponselnya dan menyimpannya di saku celananya. Atau, kalau pun si dia membuka isi pesannya, si dia melakukannya sambil menjauh darimu. Kesannya, si dia tak ingin kamu tahu apa yang sedang mereka bicarakan — yang bisa saja isi pesannya adalah kalimat "I miss you" dari si dia pada mantannya, atau justru ajakan dari si dia untuk kembali pada sang mantan.




    2. Si dia membicarakan mantannya setiap kali kalian bertemu.

    Meski yang si dia katakan merupakan hal negatif yang dilakukan mantannya, tetap saja berarti si dia masih memikirkan sang mantan, kan? Si dia mungkin mengeluh karena mantannya tak pernah memperlakukan si dia dengan baik ketika mereka masih menjalin hubungan. Si dia mungkin membandingkan kalian berdua dan bertingkah layaknya si dia lebih bahagia sekarang ketika mantannya sudah tak ada di sisinya. Tapi begini kenyataannya: Kalau nama mantannya terus menerus keluar dari mulutnya setiap kali kalian mengobrol, ini berarti si dia masih sering memikirkan mantannya. She's stuck in his head. Full stop.


    3. Ia memberikan seribu satu alasan untuk tidak mengesahkan hubungan kalian.

    Mungkin saat ini si dia belum siap untuk membangun sebuah hubungan baru karena si dia masih patah hati dan sedang berusaha keras untuk move on. Atau...mungkin si dia tak mau mengesahkan hubungan kalian kalau-kalau mantannya ingin kembali dengan si dia. Dengan kata lain, si dia berusaha untuk membuat dirinya terlihat single and available untuk sang mantan.


    4. Ia masih aktif di media sosial sang mantan.

    Kamu harus berhati-hati kalau si dia masih saling berkirim pesan lewat snapchat dengan mantannya, atau kalau si dia masih menekan tombol like di setiap unggahan sang mantan di Facebook, atau kalau si dia masih memberi komentar di setiap unggahan foto Instagram sang mantan. Dan jangan terkecoh dengan alasan, "Aku cuma ingin tetap berteman dengan si dia, enggak salah kan?". Ada perbedaan besar antara "masih ingin berteman dengan sang mantan" dengan "bersikap flirty terhadap sang mantan".


    5. Ia masih belum menghapus foto-foto sang mantan.

    Si dia masih belum rela untuk menghapus foto-foto sang mantan dari galeri foto ponsel atau dari akun media sosialnya. Begitu juga dengan hadiah-hadiah kecil yang diberikan sang mantan padanya. Terbukti, si dia masih memakai gelang atau jam tangan yang diberikan sang mantan padanya. Atau si dia masih menaruh hadiah ulang tahun yang diberikan sang mantan di atas meja kecil di kamarnya? Ini berarti si dia menolak untuk menghapus sang mantan dari memorinya.




    6. Ia masih dekat dengan anggota keluarga sang mantan (dan bahkan teman-teman dekatnya).

    Dan ketika si dia pergi dengan teman-teman sang mantan, hal yang selalu si dia tanyakan adalah, "Bagaimana kabarnya (sang mantan)?". Si dia ingin tahu apa yang mantannya lakukan di tempat kerja (atau kuliah). Si dia ingin tahu apakah sang mantan berkencan dengan orang lain dan apakah mereka akan menjalani hubungan serius. Atau dengan kata lain, si dia ingin tahu setiap gerak-gerik serta detail-detail terkecil dari hidup sang mantan.


    7. Ia jadi lebih semangat ketika melihat sang mantan.

    Si dia jadi sangat bersemangat ketika melihat sang mantan. Semisal kalian berdua sedang kencan, dan mantannya terlihat berada tak jauh dari tempat kalian, si dia jadi terlihat lebih bersemangat, dan hal tersebut terlihat jelas di wajahnya. Dan ketika si dia tahu bahwa kamu berencana untuk datang ke sebuah acara di mana mantannya juga hadir di sana, si dia akan berusaha lebih keras agar penampilannya terlihat lebih baik — lebih dari biasanya. Seakan-akan si dia ingin memastikan bahwa kini si dia terlihat sangaaat keren.


    8. Ia keliru memanggilmu dengan nama mantannya.

    Cukup sudah. Tak perlu dijelaskan, kan?


    9. Ia lebih memprioritaskan mantannya dibanding kamu.

    Kalau si dia membatalkan rencananya denganmu karena si dia ingin melihat mantannya, ini adalah peringatan besar bagimu. Kalau si dia lebih memilih untuk menjawab pesan dari mantannya lebih dahulu dibanding menjawab pesanmu, ini juga peringatan khusus bagimu. Kalau si dia masih memperlakukan mantannya sebagai prioritas meskipun si dia tahu bahwa mantannya seharusnya sudah menjadi bagian dari masa lalunya, ini berarti bendera merah untukmu. Percayalah, kamu sebaiknya tak memberikan hatimu pada seseorang yang bahkan tak menaruh perhatianbesar  padamu. Jangan sakiti dirimu lebih jauh karena cintamu bertepuk sebelah tangan, cukup sampai di sini, ladies


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. lightfieldstudios©123RF.com)