Lifestyle

Boo! Buku Novel Misteri Seram untuk Dibaca Saat Halloween

  by: Givania Diwiya Citta       24/10/2019
  • Vibe Halloween semakin menguat, girls! Untuk embrace momen Halloween yang datang sebentar lagi, Cosmo menuliskan daftar buku novel misteri seram sepanjang masa, mulai dari karya penulis horor kawakan Stephen King sampai novel dari Jepang yang dapat literary award di Japan Horror Novel Award. Berani baca?


    Pet Sematary – Stephen King




    Dirilis oleh penulis horor kawakan pada tahun 1983, Pet Sematary sampai sekarang masihlah menjadi karya menyeramkan teratas dalam sastra – bahkan diakui langsung oleh Stephen sendiri yang awalnya ketakutan untuk menerbitkannya. Cerita pun mengisahkan tentang dokter Louis Creed dan lingkungan tempat tinggalnya yang memiliki kuburan hewan, dan menguak misteri yang selama ini tersimpan dalam lingkungan tersebut, terutama tentang ladang kuburan dalam hutan tersebut. Meskipun horor, tapi genre fantasi juga mendominasi alur cerita novel berkat imajinasi ‘liar’ namun sangat bisa relatable dengan pemikiran manusia. What could be more scary than that? 


    One of Us Is Lying – Karen M. McManus


    Beralih ke latar yang lebih kontemporer, novel perdana Karen ini sukses mendapat label bestseller dari New York Times dan USA Today. Terutama berkat permainan karakter yang mengambil kompleksnya backstory dewasa muda, menjadi angin segar bagi literatur genre horor pada tahun 2017 saat dirilis. Novel misteri ini menceritakan secara multiperspektif tentang empat siswa yang diklaim sebagai tersangka kasus meninggalnya seorang siswa lain, yang seluruhnya berasal dari kelas hukuman. Seperti kombinasi The Breakfast Club dan Pretty Little Liars, novel ini terasa thrilling namun anehnya comforting, dan dikemas lengkap dengan twist.


    Broken Monsters – Lauren Beukes




    Novel kedua Lauren setelah The Shining Girls yang fenomenal juga tak kalah menyorot perhatian sastra horor. Bagaimana tidak, lewat novel ini, Lauren memanifestasikan bagaimana horor merupakan gagasan dari buah pikir yang tersembunyi dan tak terekspos. Cerita horor yang terasa nyata dalam kehidupan sehari-hari ini berawal dari pencarian fakta kasus penemuan mayat yang ditangani oleh Detektif Gabriella Versado. Tapi yang mengerikannya, mayat ini merupakan mayat setengah bocah dan setengah rusa. Seisi kota pun tampak menormalkan kejadian demi kejadian yang keresahannya telah terpupuk itu.


    Parasite Eve – Hideaki Sena


    Diterbitkan pertama kali di Jepang pada tahun 1995, novel ini lantas laris diadaptasi ke film, serial manga, sampai video games. Tak butuh waktu lama sampai novel ini menjadi standar intens baru dalam genre horor di Jepang serta dunia. Namun alih-alih berpusat pada cerita hantu, Hideaki justru menyalurkan horor lewat novel fiksi sains dari gagasan mitochondria. Meski begitu, cerita ini sama saja menyeramkannya dan sukses bikin Cosmo bergidik! Cerita bermula dari misteri istri Dr. Nagashima yang tiba-tiba kecelakaan mobil, sampai berbagai percobaan medis yang diupayakan untuk mereinkarnasi istrinya. Meski terasa disturbing, tapi kisah horor ini adiktif untuk dibaca sampai tamat. Boo!


    (Givania Diwiya / Image: Goodreads.com / Layout: S. Dewantara)