Better You

7 Manfaat Kesehatan dari Buah Semangka

  by: Alexander Kusumapradja       23/10/2019
  • Ladies, dengan kandungan air hingga 92 persen, buah semangka adalah buah favorit untuk kita yang tinggal di daerah tropis. Tak hanya mencegah dehidrasi, tapi buah menyegarkan ini juga mengandung banyak nutrisi. Setiap gigitan dagingnya yang juicy mengandung kadar vitamin A, B6, dan C serta kandungan bermanfaat lain seperti likopen, antioksidan, dan asam amino. Seperti yang banyak orang tahu, makanan yang tinggi kandungan antioksidan dan asam amino membantu tubuh untuk bekerja dengan maksimal.

    Selain itu, buah semangka juga bebas lemak, rendah sodium, dan hanya mengandung 40 kalori per gelas. Sayangnya, belakangan ini semangka sempat mendapat reputasi buruk di antara penggiat diet keto karena dianggap mengandung kadar gula yang tinggi. Tapi betul tidak sih rasanya yang manis disebabkan kadar gula yang tinggi? Ternyata anggapan itu keliru karena semangka justru termasuk rendah kadar gulanya dibanding buah-buahan lain seperti mangga, pisang, dan apel. Selain dikonsumsi langsung, buah semangka juga kerap menjadi bahan produk kecantikan berkat kandungan bergizi di dalamnya, lho.




    Masih ragu mengonsumsi buah semangka? Berikut adalah 7 manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya.


    1. Mengandung likopen yang bisa melawan sel kanker.

    via GIPHY

    Warna pink kemerahan dari daging buah semangka yang menggoda berasal dari likopen yang merupakan antioksidan sekaligus nutrisi anti-kanker yang bisa dikonsumsi mentah dan berguna bagi tubuh. Selain pada semangka, likopen juga sebetulnya dapat ditemukan di buah-buahan berwarna kemerahan lainnya seperti tomat, anggur merah, dan alpukat, namun kandungan di semangka memang termasuk paling tinggi sekitar 15 sampai 20 miligram per dua gelas. Likopen telah dikaitkan dengan kesehatan jantung, tulang, hingga mencegah kanker prostat. Sebagai antioksidan, likopen juga berfungsi sebagai anti-peradangan dalam tubuh. Untuk mendapatkan asupan likopen yang maksimal, pilih buah semangka yang benar-benar telah matang. Semakin merah daging semangka, semakin tinggi konsentrasi likopen di dalamnya.


    2. Kaya akan vitamin C.

    Jangan pikir cuma jeruk atau stroberi yang kaya akan vitamin C. satu potong (wedge) buah semangka mengandung sekitar 23 miligram vitamin C yang artinya sekitar 30 persen dari rekomendasi asupan vitamin C yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Manfaat vitamin C sendiri adalah membentuk kolagen dalam tubuh yang membuat kulit tetap sehat dan mata tetap tajam.


    3. Cemilan sebelum olahraga yang pas.

    Selain menjadi sumber hidrasi, buah semangka juga rendah serat yang artinya tak akan membuat perutmu sakit sebelum olahraga. Semangka juga mengandung potassium yang bermanfaat untuk otot. Setiap potong semangka mengandung 320 miligram potassium atau sekitar 12 persen dari kebutuhan harian. Buah ini juga mengandung asam amino bernama L-citrulline yang menurut beberapa riset dapat meningkatkan kadar nitrit oksida dalam darah untuk meningkatkan hasil olahraga.




    4. Buah semangka juga bermanfaat bila dikonsumsi sehabis olahraga.

    via GIPHY

    Setelah olahraga, otot kita butuh asupan glikogen untuk pemulihan dan semangka bisa menjadi alternatif karbohidrat yang pas karena buah semangka mengandung karbo plus magnesium dan asam amino L-citrulline yang dapat membantu proses pemulihan sehabis olahraga.


    5. Baik untuk kesehatan jantung.

    Kembali lagi ke likopen, riset menunjukkan fitonutrien tersebut juga dapat menjaga arteri jantung tetap fleksibel, mengikis plak yang dapat menyumbat arteri, dan bahkan membantu menurukan tekanan darah. Mengingat penyakit jantung termasuk pembunuh nomor satu bagi wanita, makanan yang dapat merawat jantung selalu menjadi rekomendasi penting dalam menu kita.


    6. Mencegah dehidrasi.

    Ini mungkin manfaat paling obvious dari semangka. Minum air putih tentu adalah hal krusial, namun kalau kamu merasa belum cukup memenuhi kuota hidrasi harianmu (faktanya makanan juga berpengaruh memenuhi kadar air hingga 20 persen), menyantap buah semangka segar bisa menjadi cara jitu untuk kebiasaan hidrasi yang sehat.


    7. Alternatif pencuci mulut yang segar.

    Bagi yang merasa buah semangka mengandung banyak gula karena rasanya yang manis, ingat saja kalau kandungan gula di semangka justru termasuk rendah bila dibandingkan buah-buahan lain. Kita dapat menikmati dua gelas semangka untuk sekitar 90 kalori dan 20 gram gula alami. Bila kamu bosan menyantap semangka segar, kita juga berkreasi membuat cocktail, salad, es loli, hingga saus salsa!

    via GIPHY

    Risiko terlalu banyak mengonsumsi buah semangka:

    Jika dikonsumsi dalam jumlah yang masuk akal, buah semangka tak akan mengakibatkan efek samping yang serius. Namun terlalu banyak mengonsumsi likopen dan potassium dalam semangka ternyata punya efek kurang bagus juga untuk tubuh. Konsumsi lebih dari 30 miligram likopen setiap hari dapat mengakibatkan mual, diare, gangguan pencernaan, dan kembang menurut American Cancer Society.

    Terlalu banyak mengonsumsi semangka juga harus dihindari oleh mereka yang mengidap hyperkalemia alias kelebihan potassium di dalam darah. Penderita hyperkalemia disarankan tak mengonsumsi semangka lebih dari satu gelas per hari atau sekitar 140 miligram potassium. Hyperkalemia sendiri dapat menyebabkan detak jantung yang tak teratur dan masalah kardiovaskular lain serta kontrol otot yang melemah.

    Banyak juga yang salah kaprah menganggap mengonsumsi semangka dapat menjadi cara cepat diet karena kandungan air di dalamnya dapat membuat perut terasa kenyang. Walaupun mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur secara alami dapat mengurangi kalori dan membantu mengontrol berat badan, namun tidak disarankan hanya mengonsumsi semangka karena kamu mungkin akan turun berat badan, namun yang hilang kebanyakan adalah massa otot alih-alih lemak.

    Jadi apapun manfaatnya, yang namanya berlebihan memang cenderung tidak baik. So please be wise about it dan kombinasikan dengan makanan kaya manfaat lainnya untuk hasil yang maksimal.


    (Alexander Kusuma / Image: Team Easil on Unsplash)