Beauty

Punya Makeup Tak Terpakai? Jangan Dibuang, Lakukan Hal Ini!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       24/10/2019
  • Hayo ngaku, kamu pernah membeli produk makeup secara impulsif, kan? Hmm… relatable! Terus terang, ini bukanlah kebiasaan yang baik, karena 1) buang-buang uang, 2) produk yang dianggurkan hanya akan memenuhi laci makeup-mu, dan 3) it’s just wasteful. 

    Namun Cosmo mengerti, terkadang memang kita suka terdorong untuk membeli produk yang sedang populer atau mungkin, well, tidak ada alasan spesifik—kita hanya ingin memilikinya saja (daripada menyesal, rasanya lebih ‘aman’ jika dibeli, bukan?). Nah, berikut adalah empat hal yang bisa lakukan jika kamu punya produk kosmetik yang nganggur di rumah. Daripada produk tersebut tidak memenuhi kegunaannya, akan lebih baik jika dimanfaatkan untuk hal yang lain. Simak!




    1. Use it for art

    Produk makeup yang tidak cocok pada kulitmu atau sudah kedaluwarsa bisa dimanfaatkan untuk membuat karya seni. Mungkin hasilnya tidak akan seperti jika kamu menggunakan cat, pensil warna, atau alat seni lainnya, but it’s fun! Kegiatan ini dapat melepas imajinasi dan meredakan stres. 


    2. Donasikan ke perias jenazah

    Mungkin kamu sudah pernah mendengar cara ini karena sempat viral di Twitter, tapi kalau kamu ketinggalan berita, perias jenazah ternyata menerima donasi makeup—termasuk makeup yang sudah kedaluwarsa. Informasi ini mulai beredar setelah perias jenazah Gloria Elsa Hutasoit mengunggah post di Facebook, mengatakan: “Buat teman-teman yang memiliki makeup kadaluarsa. Jangan dibuang yah. Bisa diberikan kepada saya, buat makeup jenazah secara gratis.”



    Kamu bisa menghubungi Gloria melalui nomor yang tercantum pada foto di atas, atau menghubungi perias jenazah di areamu.




    3. Atau donasikan ke yayasan perempuan

    Selain perias jenazah, yayasan perempuan pun kerap membutuhkan donasi makeup tak terpakai. Produk kosmetik yang disumbangkan bisa digunakan untuk mempersiapkan perempuan-perempuan yang membutuhkan memasuki dunia kerja. Jika ada yayasan yang kamu percayai, coba hubungi yayasan tersebut untuk menanyakan kebutuhan produk makeup.


    4. Jual kembali

    Kalau produk makeup yang kamu punya masih disegel atau belum sering digunakan (hanya satu atau dua kali saja), kamu bisa menjual kembali produk tersebut. “Namun siapa yang akan membeli makeup bekas?”, eits, jangan salah! Cukup banyak orang bersedia untuk membeli produk kosmetik preloved karena harganya lebih terjangkau. Kamu bisa menggunakan situs e-commerce untuk menjual kembali makeup yang tak terpakai.

    Nah, namun perlu diingat bahwa Cosmo tidak menyarankan untuk menjual produk yang sudah kedaluwarsa—kamu ingin menjadi penjual yang terpercaya, kan? Selain itu, orang akan lebih tertarik produk yang lebih baru, jadi sebaiknya jangan menunggu terlalu lama untuk menjual kembali produk yang kamu miliki.


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: dolgachov©123RF.com )