Lifestyle

Bikin Merinding! Ini 5 Hotel Terseram di Asia

  by: Alexander Kusumapradja       24/10/2019
  • Di benua Asia yang masih kuat dengan unsur takhayul, gedung-gedung tua atau ruangan tak berpenghuni identik dengan cerita horror. Terutama bila bangunan tersebut berdiri di atas bekas kuburan atau sisa-sisa sejarah. Tak terkecuali gedung-gedung hotel yang seakan punya cerita seram masing-masing di berbagai kota di Asia.

    Kita pasti sering mendengar cerita misteri yang berlatar hotel. Ketukan misterius di pintu atau lemari, suara orang menangis, penampakan, atau sesederhana perasaan diawasi oleh sesuatu... Pokoknya semua skenario yang mungkin kamu lihat di film horror. Kalau belum mengalami sendiri, kita mungkin bersikap percaya tak percaya, tapi mungkin ada baiknya kamu mengetahui dulu reputasi sebuah hotel sebelum memutuskan menginap. Kamu pasti tidak mau kan berbagi kamar dengan “mereka”?



    Berikut adalah beberapa urban legend paling terkenal tentang hotel angker di Asia. Berani membuktikan cerita di bawah ini?


    1. Grand Hyatt Taipei, Taiwan

    Sebelum direnovasi beberapa tahun lalu, rumor mengatakan kalau dua lukisan kaligrafi Cina yang tergantu di area lobi hotel ini bukan cuma untuk penghias ruangan saja tapi juga sebagai semacam segel/jimat untuk menghalau arwah penasaran. Hotel ini dirumorkan berdiri di atas bekas penjara zaman Perang Dunia II dan kabarnya para penghuni lama masih menghantui gedung ini. Suara misterius atau toilet yang berbunyi sendiri hanya contoh kecil dari cerita-cerita yang konon dialami oleh para tamu.

    Konon katanya: Periksa lukisan yang tergantung di kamarmu. Kalau tidak ada semacam jimat, kamu boleh bernapas lega karena artinya kamar kamu aman. Tapi kalau kamu menemukan sebuah jimat tergantung, kamu mungkin harus mempertimbangkan untuk pindah kamar. Atau hotel.


    2. International Garden Hotel Narita, Japan

    Masih ingat hantu bocah lelaki pucat dengan suara teriakan kucing dari film horror Jepang terkenal, Ju-On? Well, memang bukan hantu anak itu sih yang terlihat di hotel ini, tapi arwah anak lelaki lainnya kabarnya sering terlihat di hotel ini membangunkan para tamu di malam hari dan mengajakmu bermain bersamanya. Cerita tentang hantu bocah laki-laki ini telah menjadi rahasia mulut ke mulut di antara para awak kabin yang sering menginap di hotel ini.

    Konon katanya: Kalau kamu menginap sendirian tapi kamu mendapat kamar dengan dua kasur, sebaiknya jangan biarkan satu kasurnya seperti tidak digunakan kecuali kamu tak keberatan ditemani tidur oleh mereka yang tak kasat mata. Letakkan barang-barangmu di atas kasur tersebut seolah-olah kasur itu memang terpakai.


    3. First World Hotel, Genting Highlands, Malaysia

    Tercatat sebagai hotel terbesar keempat di dunia yang menampung 6.118 kamar, taman bermain indoor dan outdoor, pusat perbelanjaan, dan bahkan hutan tropis di gerbang utamanya, hotel ini sayangnya juga memiliki reputasi sebagai hotel paling angker di Malaysia terkait kasus-kasus kematian yang berhubungan dengan perjudian di sekitarnya. Bahkan rumornya, seluruh lantai 21 gedung ini menjadi pusat cerita hantu dan lift tak berhenti di lantai tersebut.



    Konon katanya: Ketuk pintu dulu sebelum kamu masuk ke kamar untuk pertama kalinya sebagai pengumuman bahwa kamu datang. Terkadang, para arwah bahkan tak menyadari kalau mereka sebetulnya sudah meninggal dan akan marah bila orang asing (tamu) masuk ke wilayah mereka tanpa memberi salam atau tanda sebelumnya.


    4. Baiyoke Sky Hotel, Bangkok, Thailand

    Dikenal sebagai hotel tertinggi di Asia Tenggara dengan 88 lantai, Baiyoke memiliki reputasi khusus di halaman review Tripadvisor dari para tamu yang menceritakan pengalaman seram yang mereka alami saat menginap di hotel ini seperti suara langkah kaki, kartu kunci yang pindah secara misterius, atau suhu ruangan yang tiba-tiba dingin. Cerita hantu di hotel ini bermula dari urban legend tentang tiga orang pekerja yang mengalami kecelakaan tragis ketika gondola yang mereka naiki kabelnya putus dan melempar mereka dari ketinggian 67 lantai.

    Konon katanya: Kalau kamu melihat kitab suci terbuka di kamarmu, sebaiknya dibiarkan saja dan jangan ditutup. Karena konon kitab suci tersebut memang sengaja dibuka sebagai perlindungan dari ulah iseng mereka.


    5. Hotel Majapahit, Surabaya, Indonesia

    Indonesia jelas punya banyak cerita horror yang terjadi di hotel. Salah satunya adalah hotel di Surabaya yang sebelumnya dikenal dengan nama Hotel Yamato di masa penjajahan Jepang ini. Hotel bersejarah ini adalah saksi mata bisu dari kejadian historis yang mengantarkan Indonesia meraih kemerdekaan dan perang penuh darah yang menyertainya. Pecinta sejarah dan arsitektur lampau pasti akan suka menginap di hotel ini, tapi kalau kamu termasuk penakut, jangan kaget bila kamu mendengar cerita tentang penampakan misterius seperti noni Belanda dalam gaun tempoe doeloe hingga suara tangisan di malam hari.

    Konon katanya: Ketika kamu masuk ke kamar hotel untuk pertama kalinya, nyalakan televisi, buka gorden lebar-lebar sebagai tanda kehadiranmu. Ini aturan untuk di mana saja, tapi bersikap sopan terhadap siapa saja, termasuk mereka yang tak terlihat, agar kamu tidak diganggu.


    (Alex K. / Image: Daniel Gregoire on Unsplash)